Rancang Bangun Alat Ukur Curah Hujan Elektronik

https://doi.org/10.22146/agritech.19225

Winarto Winarto(1*), R. Handoyo(2), Bambang Hari Priyambodo(3)

(1) Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehidupan dan perencanaan dalam bidang pertanian sangat tergantung pada keadaan cuaca terutama suhu, penyinaran matahari, dan ketersediaan air. Oleh karena letak geografis Indonesia pada ekuator. maka ketersediaan sinar matahari dan terjaganya kestabilan suhu dapat terpenuhi sepanjang tahun dalam jumlah yang cukup, tetapi tidak demikian halnya dengan air, karena air pada umumnya dipenuhi dari curah hujan pada musim hujan dan saluran irigasi pada musim kemarau.
Agar pemanfaatan air hujan dapat lebih elektif, diperlukan pengukuran yang tebih elektif pula. Untuk keperluan tersebut telah dibuat alat ukur curah hujan erektronik dengan menggunakan sistem konstruksi cantilever sebagai detektor, dan sistem umpan batik pada alat perekamnya (recorder), serta dengan harga yang relatif lebih murah. komponen-komponen penyusunnya mudah diperoleh di pasaran. dan kemampuan yang cukup memadai. Prototipe alat ukur curah hujan hasil rancang bangun mempunyai kepekaan 0.51329 mm panjang/(mm curah hujan), ketidaktelitian 2,57493 mm-curah hujan, dan besar ketidaktepatan 2,59153 mm-curah hujan pada tingkat kepercayaan 95%

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/agritech.19225

Article Metrics

Abstract views : 470 | views : 278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Agritech

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

agriTECH has been Indexed by:


agriTECH (print ISSN 0216-0455; online ISSN 2527-3825) is published by Faculty of Agricultural Technology, Universitas Gadjah Mada in colaboration with Indonesian Association of Food Technologies.


website statisticsView My Stats