Alternatif Perbaikan Cara Giliran Air dengan Memperhitungkan Waktu Tempuh Aliran Air di Saluran

https://doi.org/10.22146/agritech.19217

Muhjidin Mawardi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian untuk mengetahui faktor kehilangan waktu (time loss) dalam pembagian air irigasi dengan cara giliran telah dilakukan di Daerah Irigasi (DI) Cikeusik, Cirebon Jawa Barat. Penelitian dilakukan selama musim kemarau 1988 dan 1989, dengan cara melakukan pengukuran dan pengamatan lapangan terhadap waktu tempuh aliran air di saluran pada berbagai debit air. Debit air di saluran diukur pada berbagai titik pengamatan dari hulu sampai ke hilir dengan interval waktu dan jarak tartentu untuk mengetahui sebaran debit terhadap waktu dan jarak,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kehilangan waktu dalam pembagian air cara giliran belum dipertimbangkan. Padahal laktor kehilangan waktu ini ikut menentukan tercapainya keadilan dalam pembagian air ingasi cara giliran (retasi). Selanjutnya dengan angka kehilangan waktu yang telah dikelahui ini digunakan untuk perbaikan rencana giliran pembagian air di DI yang bersangkutan serta dilakukan analisis untuk melihat keunggulan cara yang baru dibandingkan dengan cara yang lama dalam hal keadilannya.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/agritech.19217

Article Metrics

Abstract views : 163 | views : 130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Agritech

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

agriTECH has been Indexed by:


agriTECH (print ISSN 0216-0455; online ISSN 2527-3825) is published by Faculty of Agricultural Technology, Universitas Gadjah Mada in colaboration with Indonesian Association of Food Technologies.


website statisticsView My Stats