Keragaman Pangan Lokal di Pulau Lombok untuk Menunjang Pengembangan Pariwisata

https://doi.org/10.22146/agritech.12866

Zainuri Zainuri(1*), Abbas Zaini(2), Wiharyani Werdiningsih(3), Taslim Sjah(4)

(1) Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram, Jl. Pendidikan 62 Mataram, Lombok 83125
(2) Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram, Jl. Pendidikan 62 Mataram, Lombok 83125
(3) Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram, Jl. Pendidikan 62 Mataram, Lombok 83125
(4) Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, Jl. Pendidikan 62 Mataram, Lombok 83125
(*) Corresponding Author

Abstract


Lombok Island is potential in providing agricultural raw materials that can be developed into local food products that in turn support the development of tourism in this island. This study aimed at identifying kinds of local food products available in Lombok Island, and their quantity. To achieve these purposes, research was designed in descriptive method such that the study revealed the picture of the situation of local food in Lombok Island. Data analyses were follow-on, and revealed that there are several local foods made of/from agricultural raw materials. They have various production values, and there ais adjustment of production (supply) to demand that exists. Some major local food products include ’Bulayak’ satay and kerupuk kulit (animal skin crackers). There are also products that are typical to Lombok Island, i.e. Bulayak satay, Taliwang chicken, Tanjung satay (of fish)(from North Lombok), Opak-opak (sort of cracker), pelecing kangkung (traditional Lombok salad), and jajan bantal (made of mix glutinised rice and bananas) (from East Lombok).

ABSTRAK

Potensi hasil pertanian sangat besar untuk dikembangkan menjadi produk pangan lokal yang dapat mendukung pengembangan pariwisata daerah, dan saat ini telah ada beberapa produk pangan lokal direalisasikan di berbagai wilayah di Pulau Lombok. Tujuan dari tulisan ini antara lain untuk: (1) mengidentifikasi keragaman pangan lokal yang ada di Pulau Lombok, dan (2) mengetahui jumlah ketersediaan pangan lokal di Pulau Lombok.Untuk mencapai tujuan penulisan ini telah dilakukan penelitian yang dirancang untuk mendeskripsikan kondisi yang ada, dengan melakukan survei ke lokasi-lokasi yang dapat memberikan data yang dibutuhkan.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa di Pulau Lombok terdapat beberapa produk pangan lokal dengan nilai produksi (omzet penjualan) yang bervariasi dari yang besar hingga yang kecil. Besar-kecilnya produksi produk pangan lokal ini terjadi karena produsen menyesuaikan diri dengan permintaan yang ada. Beberapa produk yang menonjol (dihitung dari nilai produksinya) di seluruh Pulau Lombok adalah sate bulayak dan kerupuk kulit. Produk-produk pangan lokal yang dinilai mempunyai kekhasan Pulau Lombok adalah sate bulayak, ayam Taliwang, sate Tanjung (Lombok Utara), opak-opak, pelecing kangkung, dan jajan bantal (Lombok Timur).


Keywords


Agroindustry; demand; local food; Lombok Island; supply; tourism

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/agritech.12866

Article Metrics

Abstract views : 4406 | views : 3522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Zainuri Zainuri, Abbas Zaini, Wiharyani Werdiningsih, Taslim Sjah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

agriTECH has been Indexed by:


agriTECH (print ISSN 0216-0455; online ISSN 2527-3825) is published by Faculty of Agricultural Technology, Universitas Gadjah Mada in colaboration with Indonesian Association of Food Technologies.


website statisticsView My Stats