JENIS KODE DAN FUNGSI KODE DALAM WACANA KHOTBAH JUMAT: STUDI KASUS EMPAT MASJID DI YOGYAKARTA

https://doi.org/10.22146/jh.636

Amir Ma'ruf(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Istilah wacana yang bagi ilmuwan sosial lainnya sering disebut diskursus (Oetomo, 1993: 3) muncul di Indonesia dari istilah Inggris discourse sekitar tahun 1970-an (Djajasudarma, 1994 :1) . Istilah wacana dipahami sebagai suatu unit bahasa yang lebih Iuas daripada kalimat yang membawa amanat yang lengkap . Lengkap dalam arti selesai dan bermakna (Ma'ruf, 1999:23) . Khotbah Jumat dikatakan sebagai wacana karena khothah Jumat merupakan tuturan khatib yang disampaikan sebelum salat Jumat di masjid atau suatu tempat yang digunakan sebagai masjid untuk mengajak jamaahnya agar senantiasa bertakwa kepada Allah swt. Dalam penyampaian khotbah Jumat itu digunakan kode-kode . Kode (code) yang berarti tanda (Echols, J.M. et al. 1995: 122) bukanlah tanda atau isyarat gerak-gerik sekitar kepala, anggota tubuh, serta isyarat benda lainnya yang digunakan untuk berkomunikasi, tetapi merupakan tanda (kata-kata, tulisan) yang disepakati untuk maksud-maksud tertentu (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1996:510). Dalam hal ini Pateda (1987 : 83-84) menyebutkan bahwa seseorang yang melakukan pembicaraan sebenamya mengirimkan kode-kode kepada lawan bicaranya . Kode itu secara Humankra No. 11 Mei- Agustus 1999 alamiah dihasilkan oleh alat bicara manusia . Kode-kode itu hares dimengerti oleh kedua belah pihak. Karena setiap kali terjadi perubahan bunyi, terjadi perubahan makna . Menurut Wardhough (1988 : 86) kode mengacu kepada bahasa atau varianlragam suatu bahasa . Dengan demikian, disimpulkam bahwa kode itu tidak lain merupakan bahasa dan variasinya. Dalam tulisan ini dibicarakan jenis dan fungsi kode dalam wacana khothah Jumat.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jh.636

Article Metrics

Abstract views : 2380 | views : 11603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Amir Ma'ruf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.