Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa

Difa Ardiyanti

Abstract


Efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir berperan penting dalam pembentukan perilaku pengambilan keputusan karir siswa. Untuk mendapatkan gambaran akurat tentang efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa diperlukan alat ukur yang berkualitas. Sayangnya, baru ada satu instrumen efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dan belum pengembangan terkininya. Instrumen itu pun dikembangkan menggunakan pendekatan teori tes klasik, suatu pendekatan yang telah dikritik, terutama dalam memperlakukan data. Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa menggunakan model Rasch, suatu pendekatan yang diyakini memiliki keunggulan dibandingkan teori tes klasik. Subjek penelitian adalah 144 siswa kelas XI SMA di Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis menggunakan software Winsteps, diketahui ada 20 aitem yang fit (dari 36 aitem) dengan koefisien reliabilitas Alpha 0,91. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa skala efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir ini terbukti memiliki properti psikometris yang baik sehingga dapat digunakan untuk asesmen maupun penelitian.


Keywords


efikasi diri; pengambilan keputusan karir; pengembangan alat ukur; model rasch

References


Alagumalai, S., Curtis, D.D., & Hungi, N. (2005). Applied Rasch Measurement: book of exemplars. Dordrecth: Springer.

Argyropoulou, E.P., Sidiropoulou-Dimakakou, D., & Besevegis, E.G. (2007). Generalized self-efficacy, coping, career indecision, and vocational choice of senior high school students in greece: implication for career guidance practitioners. Journal of Career Development, 33(4), 316-337.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action : A Social Cognitive Theory. New Jersey : Prentice-Hall.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy : The Exercise of Control. New York : Freeman.

Betz, N.E., Klein, K., & Taylor, K.M. (1996). Evaluation of a short form of the career decision making self-efficacy scale. Journal of Career Assessment, 4, 47-57.

Betz, N.E. & Luzzo, D. (1996). Career assessment and the career decision self-efficacy scale. Journal of Career Assessment, 4, 313-328.

Bond, T.G., & Fox, C. (2007). Applying the rasch model. Fundamental measurement in the human sciences. New Jersey : Lawrence Erlbaum.

Boone, W. J., Staver, J.R. and Yale, M.S. (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Dordrecht: Springer.

Creed, P., Patton, W., & Prideaux, L. A. (2006). Causal relationship between career indecision and career decision making self-efficacy. Journal of Career Development, 33(1), 47-65.

Flores, L. Y., Ojeda, L., Huang, Y., Gee, D., & Lee, S. (2006). The relation of acculturation, problem-solving appraisal, and career decision-making self-efficacy to mexican american high school students’ educational goals. Journal of Counseling Psychology, 53(2), 260-266.

Germeijs, V., & Verschueren, K. (2006). High school student’s career decision-making process : development and validation of the study choice task inventory. Journal of Career Assessment, 14, 449-471.

Hirschi, A., & Lage, D. (2007). The relation of Secondary students career choice readiness to a six-phase model of career decision-making. Journal of Career Development, 34(2), 164-191.

Makransky, G. Rogers, M. E., & Creed, P. E. (2015). Analysis of the construct validity and measurement invariance of the career decision self-efficacy scale: a rasch model approach. Journal of Career Assessment, 23(4), 645-660. http://dx.doi.org/10.1177/1069072714553555

Mari, L., Carbone, P., & Petri, D. (2012). Measurement fundamentals: A pragmatic view. IEEE Transactions on Instrumentation and Measurement, 61(8), 2107-2114.

Nam, S. K., Yang, E., Lee, S. M., Lee, S. H., & Seol, H. (2010). A psychometric evaluation of the career decision self-efficacy scale with korean students: a rasch model approach. Journal of Career Development, 38(2), 147-166. http://dx.doi.org/10.1177/0894845310371374.

Pappas, T. S., Kounenou, K. (2011). Career decision making of Greek post secondary vocational students: the impact of parents and career decision making self-efficacy. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 3410– 3414.

Sawitri, D. R. (2009). Pengaruh status identitas dan efikasi diri keputusan karir terhadap keraguan mengambil keputusan karir pada siswa SMA kelas 12. (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok.

Stone, A. L. (2006). An Examination of Career Decision-Making in the Context of Female Offenders. Tesis. Virginia Commenwealth University, Virginia.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Tim Komunikata Publishing House.

Taylor, K. M., & Betz, N. E. (1983) Applications of self-efficacy theory to the understanding and treatment of career indecision. Journal of Vocational Behavior, 22(1), 63-81.

Wibisono, S. (2016). Aplikasi model rasch untuk validasi instrumen pengukuran fundamentalisme agama bagi responden muslim. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 5(1), 1-30.

Yulianto, U. (2012). Pengaruh konseling karir secara kelompok terhadap efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa SMA. (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/jpsi.17801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.