FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG BERTALIAN DENGAN PERBEDAAN ANTARA PRESTASI DAN KEMAMPUAN DARI PARA PELAJAR SMP DI YOGYAKARTA
Yapsir Gandhi Wirawan(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah pembangunan tidak dapat lepas dari masalah pendidikan.
Adalah suatu kenyataan bahwa antara kemajuan suatu Negara
dan taraf pendidikannya selalu terdapat hubungan timbal balik yang sangat
erat(2). Pembangunan membutuhkan lebih banyak tenaga yang
berprestasi sesuai dengan potensinya masing-masing. Dalam
dunia pendidikan, yang dimaksud dengan prestasi ialah prestasi bela-
jar, yakni hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya sebagai-
mana dinyatakan dengan nilai-nilai rapornya, sedang kemampuan atau poten-
si ialah kemampuan potensil yang sebenarnya sebagaimana dinyatakan dengan
nilai tes intelligensi (12).
Adalah suatu kenyataan bahwa antara kemajuan suatu Negara
dan taraf pendidikannya selalu terdapat hubungan timbal balik yang sangat
erat(2). Pembangunan membutuhkan lebih banyak tenaga yang
berprestasi sesuai dengan potensinya masing-masing. Dalam
dunia pendidikan, yang dimaksud dengan prestasi ialah prestasi bela-
jar, yakni hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya sebagai-
mana dinyatakan dengan nilai-nilai rapornya, sedang kemampuan atau poten-
si ialah kemampuan potensil yang sebenarnya sebagaimana dinyatakan dengan
nilai tes intelligensi (12).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.10537
Article Metrics
Abstract views : 1650 | views : 2020Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Psikologi
Recent Issues
Vol 51 Issue 1 (2024) Page 1-119 | Vol 50 Issue 3 (2023) Page 219-332 | Vol 50 Issue 2 (2023) Page 125-218 | Vol 50 Issue 1 (2023) Page 1-124 |
Published by Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada, Indonesia Building D-6th, Floor No. D-606. Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55281 Email: jurnalpsikologi@ugm.ac.id Phone/whatsApp: +6281125210175 |