MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI RSUD DRS. H. AMRI TAMBUNAN

  • Adellia Shaffenia Sinar Nst Program Pascarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM
  • Hari Kusnanto Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
  • Darwito Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada
Keywords: management, regulation, waste

Abstract

Latar belakang: Meningkatnya jumlah rumah sakit menyebabkan jumlah timbulan limbah medis yang dihasilkan juga ikut meningkat. Limbah rumah sakit berpotensi mencemari lingkungan dan dapat menyebabkan kecelakaan kerja serta penularan penyakit jika limbah medis rumah sakit tidak di kelola dengan baik. Pengelolaan limbah di rumah sakit adalah tanggung jawab pihak rumah sakit dan seluruh tenaga kesehatannya oleh karena itu pengelolaan limbah harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan peran manajemen rumah sakit juga sangat penting dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran manajemen dan kebijakan dalam pengelolaan limbah B3 di RSUD Drs. H. Amri Tambunan.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi sistematis dan wawancara mendalam.

Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku tetapi belum optimal. Pada tahap perencanaan dan pengawasan sudah berjalan dengan baik tetapi tahap pengorganisasian dan pelaksanaan belum terlaksana dengan baik. Petugas tidak menggunakan APD yang lengkap, masih belum adanya pembagian tugas yang jelas, dan petugas belum mendapatkan pelatihan dalam pengelolaan limbah B3.

Kesimpulan dan saran: Diharapkan rumah sakit melakukan pelatihan khusus tentang pengelolaan limbah B3 bagi petugas agar dapat melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

 

 

 

 

 

 

Kata kunci: Manajemen, Peraturan, Limbah B3

Published
2022-12-29
How to Cite
Nst, A. S. S., Hari Kusnanto, & Darwito. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI RSUD DRS. H. AMRI TAMBUNAN . Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 25(4). https://doi.org/10.22146/jmpk.v25i4.6289
Section
Articles