Pedoman Penulis

Petunjuk untuk Penulis
Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) adalah jurnal yang ditujukan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan artikel orisinal manajemen pelayanan kesehatan yang membantu manajer pelayanan kesehatan, peneliti, dan praktisi menjadi lebih efektif.

Jurnal ini ditujukan sebagai media komunikasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan ilmu manajemen pelayanan kesehatan, termasuk para manajer, pengambil kebijakan manajerial di organisasi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan, pusat pelayanan kesehatan masyarakat, BKKBN, industri farmasi, dan asuransi kesehatan, serta peneliti di lembaga pendidikan.

Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) merupakan media penelitian, inovasi, ide dan hipotesis baru terkait manajemen rumah sakit, manajemen pelayanan kesehatan, asuransi kesehatan, dan isu-isu yang relevan dengan manajemen pelayanan kesehatan. Juga menerima review artikel, pelajaran dari lapangan (lesson learned), kebijakan dan praktik (policy and practice), dan resensi buku. Pernyataan dan opini yang dikemukakan dalam artikel-artikel ini merupakan tanggung jawab penulis dan tidak perlu menjadi tanggung jawab Redaksi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, atau Universitas Gadjah Mada.

Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) diterbitkan setiap triwulan (pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember) oleh Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) dalam menerima artikel akan menyaring keaslian, relevansi penelitian dan praktisi manajemen pelayanan kesehatan. Setelah penyaringan awal, artikel akan dikirim ke reviewer untuk meninjau isi artikel. Editor akan memutuskan penerimaan artikel dengan mempertimbangkan rekomendasi dari reviewer yang ditunjuk. Editor berhak mengubah artikel jika dianggap perlu, misalnya dengan memperpendek isi artikel atau menghilangkan gambar dan tabel.

 

Pengajuan manuskrip
Pengajuan ke Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan harus melalui sistem pengiriman online .
Persyaratan dasar untuk artikel yang dikirimkan ke Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) adalah:

  1. a) karya asli;
  2. b) belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain dan jika diterima tidak akan diterbitkan di tempat lain;
  3. c) harus sudah mendapat persetujuan dari Komite Etik;
  4. d) harus memperoleh informed consent yang ditandatangani dari subyek untuk artikel yang melibatkan subyek manusia.


Hak Asasi Manusia dan Hewan

Jika pekerjaan melibatkan penggunaan subjek manusia, penulis harus memastikan bahwa pekerjaan yang dijelaskan telah dilakukan sesuai dengan Kode Etik Asosiasi Medis Dunia (Deklarasi Helsinki) untuk eksperimen yang melibatkan manusia; Persyaratan Seragam untuk naskah yang diserahkan ke jurnal. Penulis harus menyertakan pernyataan dalam naskah bahwa persetujuan diperoleh untuk eksperimen dengan subyek manusia. Hak privasi subjek manusia harus selalu diperhatikan.

Semua eksperimen hewan harus mematuhi pedoman ARRIVE dan harus dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Hewan (Prosedur Ilmiah) Inggris Raya, 1986 dan pedoman terkait, Arahan UE 2010/63/EU untuk eksperimen hewan, atau panduan National Institutes of Health untuk perawatan dan penggunaan hewan laboratorium (Publikasi NIH No. 8023, revisi 1978) dan penulis harus dengan jelas menunjukkan dalam naskah bahwa pedoman tersebut telah diikuti.

Informed consent

Studi pada pasien atau sukarelawan memerlukan persetujuan komite etik dan informed consent, yang harus didokumentasikan dalam makalah. Persetujuan yang tepat, izin dan rilis harus diperoleh di mana penulis ingin memasukkan rincian kasus atau informasi pribadi lainnya atau gambar pasien dan individu lain. Persetujuan tertulis harus disimpan oleh penulis dan salinan persetujuan atau bukti bahwa persetujuan tersebut telah diperoleh harus diberikan kepada Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) berdasarkan permintaan. Kecuali jika Anda memiliki izin tertulis dari pasien (atau, jika berlaku, keluarga terdekat), detail pribadi pasien mana pun yang disertakan dalam bagian mana pun dari artikel dan dalam materi tambahan (termasuk semua ilustrasi dan video) harus dihapus sebelum diserahkan .

Surat Pengantar/ Cover Letter
Dalam surat pengantar, penulis harus menyarankan nama dan alamat (termasuk e-mail) dari setidaknya tiga ahli di bidangnya untuk evaluasi artikel. Namun pilihan reviewer akan tetap berada di dewan redaksi.


Bahasa
Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management) akan menerbitkan artikel dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Type Scripts
Artikel diketik dengan rapi (Times New Roman, 12), spasi ganda pada format A4 dengan margin 2,5 cm. Penerimaan kertas akan diakui. Penulis akan diberitahu tentang komentar reviewer.

Jenis artikel
Lima jenis artikel yang dapat diajukan: Artikel asli, review artikel, pelajaran dari lapangan (lesson learned), kebijakan dan praktik (policy and practice), dan resensi buku.

  1. Artikel penelitian asli
  1. Riset Kuantitatif maksimal 3500 kata dan Riset Kualitatif maksimal 5000 kata (tidak termasuk abstrak, tabel, gambar dan referensi).
  2. Artikel disertai dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam bentuk terstruktur (pengantar, metode, hasil, kesimpulan atau latar belakang, metode, hasil, kesimpulan) dalam satu paragraf, dan disertai kata kunci. Kata kunci disarankan mengacu pada Medical Subject Heading (MeSH).
  3. Abstrak tidak boleh lebih dari 300 kata.
  4. Artikel yang menggunakan referensi tidak lebih dari 35, diutamakan artikel penelitian yang diterbitkan dalam jurnal.
  1. Mengulas artikel
  1. Termasuk tinjauan sistematis pada manajemen pelayanan kesehatan.
  2. Satu paragraf dengan maksimal 200 kata untuk abstrak;
  3. Maksimal 6.500 kata dari pendahuluan sampai kesimpulan;
  4. Maksimal 100 referensi, 10 gambar dan 10 tabel
  1. Pelajaran dari lapangan (Lesson Learned)
  1. Naskah harus antara 1.000 dan 1.300 kata tidak termasuk abstrak
  2. Naskah dapat memiliki hingga 5 referensi, 1 gambar atau tabel
  3. Naskah harus menyertakan abstrak pendek
  1. Kebijakan dan praktik (Policy and Practice)
  1. Penilaian analitis, analisis kebijakan kritis, debat atau makalah yang menghasilkan hipotesis tentang manajemen layanan kesehatan
  2. Maksimal 3000 kata dan 50 referensi
  1. Resensi buku
  2. Review buku-buku terbitan dua tahun terakhir yang relevan dengan ruang lingkup manajemen pelayanan kesehatan
  3. Menggunakan 400-850 kata, tanpa referensi.

Bukti dan Cetak Ulang
Bukti naskah akan dikirimkan kepada penulis untuk disetujui sebelum dipublikasikan. Bukti halaman dianggap sebagai versi final naskah. Dengan pengecualian kesalahan ketik atau kesalahan penulisan kecil, tidak ada perubahan yang akan dilakukan pada naskah pada tahap pembuktian. Koreksi harus dikembalikan ke Editor dalam waktu satu minggu.

Hak Cipta
Penulis memegang hak cipta tanpa batasan.
Penulis mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.

Format
Format TypeScript harus sebagai berikut:

  1. Judul dan penulis:

Judul harus menggambarkan apa yang dilaporkan dalam naskah, tidak mengandung singkatan atau nomor numerik. Judul tidak melebihi 14 kata yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Halaman Judul harus mencantumkan nama lengkap dan afiliasi penulis. Nama penulis yang sesuai harus ditunjukkan dengan alamat pos, telepon, faks dan informasi e-mail. Penulis harus sesuai dengan ketentuan International Committee of Medical Journal Editors ( http://www.icmje.org/ ). Urutan penulis didasarkan pada kontribusi mereka dalam proses penulisan.

  1. Abstrak:

Semua artikel harus dilengkapi dengan Abstrak antara 200-300 kata dan ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang meliputi pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan secara ringkas dalam satu paragraf. Abstrak disertai dengan 3-5 kata kunci. Kata kunci disarankan untuk mengikuti MESH. Nomenklatur standar harus digunakan dan singkatan harus dihindari.

  1. Pendahuluan:
  • Penulis harus menyajikan beberapa artikel penelitian sebelumnya yang relevan dengan tema penelitian.
  • Penulis harus menunjukkan apa yang kurang pada penelitian sebelumnya sehingga penelitian ini menjadi penting.
  • Pendahuluan harus menjelaskan konsep-konsep yang terkandung dalam kata kunci.
  • Referensi pendahuluan setidaknya 10 jurnal, lebih baik yang berasal dari jurnal internasional yang relevan.
  • Jumlah kata pendahuluan 400-750 kata.
  1. Metode:
  • Metode harus cukup lengkap untuk memungkinkan replikasi penelitian.
  • Jangan lupa sebutkan siapa respondennya, jumlah dan kriteria pemilihannya. Demikian juga untuk spesifikasi kualitatif harus dijelaskan.
  • Jangan lupa untuk memasukkan lokasi dan waktu pengambilan data.
  • Jangan lupa untuk memasukkan definisi operasional, jika perlu dalam bentuk tabel.
  • Metodenya berkisar antara 250-750 kata, di luar tabel definisi operasional jika ada.
  • Jika penelitian yang dilakukan melibatkan penggunaan subjek manusia, harus dinyatakan apakah telah diperoleh izin dari Komite Etik Penelitian.
  • Editor dapat meminta salinan dokumen izin atau formulir persetujuan untuk verifikasi
  1. Hasil:
  • Hasil diurutkan berdasarkan tujuan atau hipotesis penelitian. Hasil tidak boleh menampilkan data yang sama dalam dua bentuk: tabel/gambar/grafik dan narasi. Rata-rata data harus disertai dengan simpangan baku.
  • Jumlah tabel dan gambar yang dicantumkan dalam naskah maksimal 5, berikan alasan penting jika lebih dari itu.
  • Tabel dan gambar ditempatkan segera setelah disebutkan dalam naskah.
  • Kami lebih memilih interpretasi tabel daripada menunjukkan signifikansi statistik, misalnya tidak menyebutkan OR = 2, tetapi dijelaskan sebagai berikut "Ibu yang bekerja dua kali lebih mungkin untuk menyusui daripada ibu yang tidak bekerja"
  • Jika kualitatif, semua kutipan wawancara ditulis dalam bahasa Indonesia yang benar, tidak boleh menyebutkan bahasa daerah apa adanya. Bahasa daerah hanya digunakan jika tidak mencerminkan bahasa Indonesia.
  • Diskusi, spekulasi, dan interpretasi data yang terperinci tidak boleh dimasukkan dalam Hasil tetapi harus dimasukkan ke dalam bagian Diskusi.
  • Hasil berkisar dari 500-1000 kata.
  1. Pembahasan:
  • Pembahasan harus menafsirkan temuan dalam pandangan hasil yang diperoleh dengan latar belakang pengetahuan yang ada.
  • Pembahasan harus menyoroti apa yang baru dalam makalah. Setiap asumsi yang menjadi dasar kesimpulan harus dinyatakan dengan jelas.
  • Diskusikan temuan penting yang dapat digunakan untuk mengusulkan rekomendasi atau yang berimplikasi pada program kesehatan masyarakat yang nyata.
  • Diskusikan referensi yang relevan dengan implikasi program.
  • Membahas keterbatasan dalam penelitian yang dianggap penting dalam menarik kesimpulan.
  • Pembahasan cukup terdiri dari 2-3 paragraf sesuai dengan poin-poin penting yang ingin ditekankan, termasuk yang ingin dijadikan implikasi program.
  • Panjang diskusi 500 – 750 kata.
  • Kami ingatkan agar pembahasan tidak mengulang hasil, apalagi menyebutkan angka statistik.
  1. Kesimpulan:

Kesimpulan terdiri dari 1-2 paragraf, berisi poin-poin penting yang akan ditonjolkan dan poin-poin penting yang ditonjolkan sebagai implikasi program. Jumlah kata penutup berkisar antara 100-250 kata.

  1. Ucapan terima kasih:

Ucapan Terima Kasih harus disajikan di akhir teks dan sebelum referensi. Bantuan teknis, dukungan keuangan, dan saran mungkin diperlukan.

  1. Tabel:
  • Tabel harus dibuat seminimal mungkin dan dirancang mengikuti gaya APA.
  • Setiap tabel harus diberi nomor berurutan dalam angka Arab dan dilengkapi dengan judul dan legenda.
  • Tabel harus cukup jelas tanpa mengacu pada teks.
  • Tabel ditempatkan segera setelah disebutkan dalam naskah.
  • Tabel ditulis dengan font Times New Roman ukuran 10 pt. dan diberi spasi satu spasi di bawah judul tabel.
  • Judul tabel ditulis dengan 10pt. huruf tebal, dengan huruf kapital di awal kata dan diletakkan di atas tabel dengan format
  1. Gambar:
  • Gambar harus diberi nomor berurutan dengan angka Arab dan mengikuti gaya APA.
  • Grafik harus disiapkan menggunakan aplikasi yang mampu menghasilkan GIF, TIFF, JPEG atau Powerpoint resolusi tinggi sebelum ditempelkan di file manuskrip Microsoft Word.
  • Gambar harus dibangun sedemikian rupa sehingga dapat dipahami tanpa membaca teks.
  • Simbol yang sesuai harus digunakan pada grafik dan dijelaskan dalam legenda. Grafik tidak boleh menduplikasi hasil yang disajikan dalam tabel.
  • Deskripsi gambar ditempatkan di bawah gambar dan diberi spasi satu spasi dari gambar.
  • Penulisan caption menggunakan 10pt, bold, huruf besar di awal kata dan ditempatkan seperti pada contoh. Jarak antara gambar dengan paragraf adalah dua spasi tunggal.
  1. Referensi:
  • Referensi ditulis dengan font Times New Roman ukuran 11pt, spasi tunggal, jarak antar referensi setelah kembali/masuk.
  • Referensi umumnya memiliki dua penekanan. Penekanan pertama, referensi yang menunjukkan penelitian sebelumnya yang menjadi alasan mengapa penelitian ini diperlukan, kurang lebih 10-15 referensi. Penekanan kedua, pada referensi yang relevan dengan pokok permasalahan dalam pembahasan, kurang lebih 10-15 referensi. Kami mengharapkan penulis juga mengacu pada 1-3 referensi yang digunakan dalam metode atau pengumpulan data, jika ada strategi analisis tertentu.
  • Referensi harus berupa jurnal terbaru dalam 10-15 tahun terakhir. Meskipun diperbolehkan, namun kutipan dalam buku teks, peraturan, atau tesis harus diminimalkan.
  • Referensi harus diberi nomor secara berurutan sesuai urutan pertama kali disebutkan dalam teks. Identifikasi referensi dengan nomor Arab sebagai superskrip dalam urutan kemunculannya. Nomor harus digunakan bahkan jika penulisnya disebutkan dalam teks. Nomor asli yang ditetapkan untuk referensi digunakan kembali setiap kali referensi dikutip dalam teks, terlepas dari posisi aslinya dalam teks. Misalnya :
    .......... telah dilaporkan1 .................... menurut Sadjito2 ........... ......... Winstein & Swartz3 dilakukan .................. oleh Avon et al.4 ..........
  • Penulis bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan referensi mereka.
  • Disarankan untuk menggunakan alat pengelola referensi (Zotero atau Mendeley), dimana kemunculan sumber referensi dilakukan secara berurutan dengan menggunakan angka-angka sesuai dengan kemunculannya sebagai kutipan dalam teks.
  • Referensi harus dicantumkan secara numerik (gaya Vancouver) di akhir teks dan dalam urutan yang sama dengan yang dikutip dalam teks. Untuk referensi kutipan dengan enam atau kurang penulis, semua penulis harus dicantumkan, ketika tujuh atau lebih penulis hanya tiga penulis pertama yang harus dicantumkan diikuti et al. Nama jurnal disingkat menurut Index Medicus dan Index of Indonesia Learned Periodicals (PDIN 1974). Referensi ke artikel jurnal, buku, bab dalam buku, tesis, dll harus mengikuti tercantum seperti yang diberikan dalam Referensi Contoh.

Contoh Referensi
Jurnal Ilmiah Artikel jurnal
standar Lundmark, Linda. Restrukturisasi ekonomi menjadi pariwisata di pegunungan Swedia. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata Skandinavia. 2005; 5 (1): 23–45.
Organisasi sebagai penulis
Kelompok Penelitian Program Pencegahan Diabetes. Hipertensi, insulin, dan proinsulin pada peserta dengan toleransi glukosa terganggu. Hipertensi. 2002;40(5):679-86.
Tidak ada penulis yang diberikan
TB resistensi obat di antara orang asing yang lahir di Kanada. Can Commun Dis Rep. 2005 15 Februari;31(4):46-52.
Solusi jantung abad ke-21 mungkin memiliki sengatan di ekor. BMJ. 2002;325(7537)::184.
Penulis tidak dalam bahasa Inggris
Calera Rubio AA, Roel Valdes JM, Casal Lareo A, Gadea Merino R, Rodrigo Cencillo F. Riesgo quimico laboral: elementos para un diagnostiko en Espana [Risiko kimia pekerjaan: elemen untuk diagnostik di Spanyol]. Pdt Esp Salud Publica. 2005 Mar-Apr;79(2):283-95.
Volume dengan suplemen
Geraud G, Spierings EL, Keywood C. Tolerabilitas dan keamanan frovatriptan dengan penggunaan jangka pendek dan panjang untuk pengobatan migrain dan dibandingkan dengan sumatriptan. Sakit kepala. 2002;42 Suppl 2:S 93-9.
Makalah dengan suplemen
Crawford M, Mullan J, Vanderveen T. Technology dan pemberian obat yang aman. J Infus Nurs. 2005 Mar-Apr;28(2 Suppl):37-41.
Draghici S, Khatri P, Shah A, Tainsky MA. Menilai bias fungsional microarray komersial menggunakan database bandingkan. Bioteknik. 2003 Maret; Suppl :55-61.
Volume dengan bagian
Ozben T, Nacitarhan S, Tuncer N. Plasma dan asam sialat urin pada diabetes mellitus yang tidak tergantung insulin. Ann Clin Biochem 1995;32(Pt 3):303-6.
Makalah dengan bagian
Ahrar K, Madoff DC, Gupta S, dkk. Pengembangan model hewan besar untuk tumor paru-paru. J Vasc Interv Radiol. 2002;13(9 Pt 1):923-8.
Makalah tanpa volume
Banit DM, Kaufer H, Hartford JM. Analisis bagian beku intraoperatif dalam artroplasti sendi total revisi. Klinik Ortop. 2002;(401):230-8.
Tidak ada edisi atau volume
Keppel K, Pamuk E, Lynch J, dkk. Masalah metodologis dalam mengukur kesenjangan kesehatan. Stat Kesehatan Vital 2. 2005; (141):1-16.
Pagination dalam angka romawi
Fisher GA, Sikic BI. Resistensi obat dalam onkologi klinis dan hematologi. Pengantar. Klinik Hematol Oncol North Am 1995;9(2 ) :xi -xii.
Ketik artikel sesuai kebutuhan
Enzensberger W, Fischer PA. Metronom pada penyakit Parkinson [surat]. Lancet 1996;347:1337 .
Artikel berisi pencabutan
Garey CE, Schwarzman AL, Risc ML, Seyfried TN. Cacat gen ceruloplasmin yang terkait dengan epilepsi pada tikus EL [pencabutan Garey CE, Schwarzman AL, Rise ML, Seyfried TN. Dalam: Nat Genet 1994;6:426 -31]. Nat Genet 1995;11:104 .
Artikel ditarik
Liou GI, Wang M, Matragoon S. Ekspresi gen IRBP dewasa sebelum waktunya selama perkembangan tikus [ditarik dalam: Invest Ophthalmol Vis Sci 1994;35:3127]. Investasikan Oftalmol Vis Sci 1994;35:1083 -8.
Artikel berisi komentar
Piccoli A, Bossatti A. Terapi steroid awal pada neuropati IgA: masih menjadi pertanyaan terbuka [komentar]. Nefron 1989;51:289 -91. Komentar pada: Nephron 1988;48:12 -7.
Artikel dalam komentar
Kobayashi Y, Fujii K, Hiki Y, Tateno S, Kurokawa A, Kamiyama M. Terapi steroid pada nefropati IgA: studi retrospektif pada kasus proteinurik berat [lihat komentar]. Nefron 1988;48:12 -7. Komentar dalam: Nephron 1989;51:289 -91.
Artikel dengan diterbitkan erretur
Hamlin JA, Kahn AM. Herniografi pada pasien bergejala setelah perbaikan hernia inguinalis [diterbitkan erratum di: West J Med 1995; 162:278]. West J Med 1995;162:28 -31.
Buku dan Monograf Lainnya Penulis
pribadi
MacDonald, RG Biochemistry. New York, NY: McGraw Hill. 2007
James, C., Cameron, PD, Smith, YN, Hawthorne, H., & Cushing, S., M. Teori sosiologis orang dan tempat. New York, NY: Oxford University Press. 2005.
Editor sebagai penulis
Barone MA, ed. Buku pegangan Harriet Lane: manual untuk petugas rumah pediatrik. edisi ke-14 St Louis: Buku Tahun Mosby; 1996.
Organisasi sebagai penulis
American Psychological Association. Manual publikasi American Psychological Association (edisi ke-6). Washington DC. 2009.
Bab dalam buku
Ansel HC. Pengukuran farmasi. edisi ke-13 Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2010. Bab 3: Pengukuran farmasi; hal.35-47
Prosiding konferensi
Bruhat M, Silva Carvalho JL, Campo R, dkk, eds. Prosiding Kongres ke-10 Masyarakat Eropa untuk Endoskopi Ginekologi; 2001 22-24 November; Lisboa, Portugal. Bologna (Italia): Editor Monduzzi, Divisi Prosiding Internasional; 2001.
Luca J, Tarricone P. Apakah kecerdasan emosional mempengaruhi kerja tim yang sukses? Dalam: Kennedy G, Keppell M, McNaught C, dkk, eds. Pertemuan di Cossroads: Prosiding Konferensi Tahunan ke-18 Masyarakat Australasia untuk Komputer dalam Pembelajaran di Pendidikan Tinggi, 2001 9-12 Des; Melbourne: Unit Multimedia Biomedis, Universitas Melbourne; 2001.p.367-76.
Makalah konferensi
Armstrong, DB, Fogarty, GJ, & Dingsdag, D. Timbangan mengukur karakteristik sistem informasi bisnis kecil. Di WG. Tan (Ed.), Proceedings of Research, Relevance and Rigour: Dewasa: 18th Australasian Conference on Information Systems. Toowoomba, Australia: Universitas Queensland Selatan, 2007. 163-171.
Laporan ilmiah atau teknis
DSE. Tahap pertumbuhan dan interval kebakaran yang dapat ditoleransi untuk set data vegetasi asli Victoria. Manajemen kebakaran dan adaptif, Departemen Keberlanjutan dan Lingkungan Negara Bagian Victoria, Melbourne; 2010, Laporan no. 84
Smith P, Golladay K. Pembayaran untuk peralatan medis tahan lama yang ditagih selama perawatan fasilitas perawatan terampil. Laporan akhir. Dallas: Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Kantor Evaluasi dan Inspeksi; 1994 Oktober Laporan No. HHSIGOEI69200860.
Disertasi
Kaplan SJ. Perawatan kesehatan rumah pasca-rumah sakit: akses dan pemanfaatan lansia [disertasi]. St. Louis: Universitas Washington; 1995.
Knig ht, KA Epidemi media: Struktur virus dalam literatur dan media baru [Disertasi doktoral]. Diperoleh dari Database Bibliografi Internasional MLA, 2011
Paten
Carozzi N, Hargiss T,Koziel MG,Duck NB, Carr B, penemu. Athenix Corporation, penerima tugas. AXMI-008, gen delta endotoksin dan metode penggunaannya. Paten AS 7.351.881 B2, 2008 Apr 1.
Bahan Publikasi Lainnya
Artikel surat kabar
Harris G. FDA memerintahkan penarikan kembali pompa intravena. New York Times (Final Washington). 2005 22 Juni;Sekte. J:12 (kol. 1).
Carey B. Psikiater merevisi buku masalah manusia. New York Times [koran di Internet]. 17 Des 2008 [dikutip 19 Des 2008 ];Kesehatan :[sekitar 3 p.]. Tersedia dari: http://www.nytimes.com/2008/12/18/health/18psych.html?_r=1&em
Materi audiovisual
Carlson J. Depression [kaset video]. VandenBos GR, produser. Washington: Asosiasi Psikologi Amerika; 2005.
Bahan Hukum
Preventif Kesehatan Amandemen 1993, Pub L No. 103-183, 107 Stat 2226 (14 Des 1993).
Peta
survei geologi Inggris. Chester dan Wales Utara. Seri Landranger, 2006.
Dictionary or EncyclopediaJejunum. Dalam kamus Merriam-Webster. edisi ke-11. Springfield, 2003: 671
Materi klasik
Austen, J. Kebanggaan dan prasangka. New York, NY: Barnes & Noble Vlassic, 2003
Dalam pers
Linz, SJ, & Sturm, BA Memfasilitasi integrasi sosial orang-orang dengan penyakit mental parah yang dilayani oleh Accertive Community Treatment. Arsip keperawatan jiwa. Dalam pers artikel
Electronic Material
Journal di internet
Larsen, James E. dan Blair, John P. Pentingnya kinerja polisi sebagai penentu kepuasan polisi. American Journal of Economics and Business Administration [serial online] 2009;1 (1): 1-10. [dikutip 29 Sept 2010 ]tersedia dari: URL: http://www.scipub.org/fulltext/ajeba/ajeba111-10.pdf
Sengupta D, Chattopadhyay MK. Metabolisme pada bakteri pada suhu rendah: laporan terbaru. J Biosci [jurnal di Internet]. 2013 Juni [dikutip 23 Agustus 2013];38(2):409-12. Tersedia dari: http://www.ias.ac.in/jbiosci/jun2013/409.pdf
Monograf dalam format elektronik
CDI, ilustrasi dermatologi klinis [CD-ROM]. Reeves JR, Maibach H. CMEA Multimedia Group, produser. edisi ke-2 Versi 2.0. San Diego: CMEA; 1995.
Program komputer
Esolang, AN Obsecure Reference Generator [perangkat lunak komputer]. Washington, DC: E&K Press; 2014

 

Daftar Periksa Persiapan Pengajuan

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diminta untuk memeriksa kepatuhan kiriman mereka dengan semua item berikut, dan kiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Kiriman belum pernah diterbitkan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor).
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks diberi spasi ganda; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis , yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.
  7. Semua Penulis setuju untuk mengirimkan naskah ke Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Indonesia), dan tidak akan mengirimkan di jurnal lain
  8. Tidak ada biaya pemrosesan artikel.
  9. Penulis tidak diperbolehkan mengirimkan naskah yang sama di jurnal lain (membuat pengajuan ganda/berganda). Penulis tidak diperbolehkan untuk menarik kembali naskah yang telah dikirimkan, selama naskah masih dalam proses peer-review. Jika Penulis melanggar aturan ini, penulis akan masuk daftar hitam untuk publikasi di jurnal ini.