KEMISKINAN DAN PEMERATAAN DI DAERAH PROYEK IRIGASI SEMARANG BARAT ( POVERTY AND EQUITY IN THE WEST SEMARANG IRRIGATION PROJECT AREA )

https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16905

Roso Witjaksono(1*)

(1) Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek rehabilitasi jaringan pengairan terutama dimaksudkan untuk memperbaiki keadaan sosial ekonomi masyarakat petani yang sebagian besar termasuk dalam lapisan bawah masyarakat. Dampak proyek ini dapat antara lain dilihat pada indikator tingkat kemiskinan dan pemerataan pendapatan petani di daerah proyek.
Patokan yang digunakan untuk menentukan tingkat kemiskinan suatu masyarakat adalah garis kemiskinan yang dicetuskan oleh Sajogyo (1982), yang mendasarkan perhitungannya pada besarnya pengeluaran rumah tangga petani dalam bentuk setara beras.
Pemerataan pendapatan petani ditentukan dengan cara pengukuran terhadap standar deviasi (S), koefisien variasi (Kv) dan Gini Ratio (GR), yang semuanya mendasarkan pada perhitungan besarnya pengeluaran rumah tangga petani sampel. Penggunaan tiga cara pengukuran tersebut secara bersama-sama akan dapat memberikan gambaran keadaan pemerataan yang lebih riil daripada hanya menggunakan salah satu cara pengukuran.
Hasil analisis menunjukkan bahwa 63,4% anggota masyarakat petani di daerah proyek berada di atas garis kemiskinan. Di antara Lima kriteria daerah proyek (daerah Rehabilitasi Irigasi, daerah Banjir, daerah Tebu, daerah Tembakau dan daerah Tambak) ternyata keadaan pemerataan terbaik dijumpai di daerah Tebu dan keadaan pemerataan terburuk dijumpai di daerah Rehabilitasi Irigasi

Keywords


kemiskinan dna pemerataan daerah proyek irigasi, Semarang Barat

Full Text:

PDF


References

Emil Salim., "Kebijaksanaan Pemerataan Mengatasi Kemiskinan", dalam Selo Soemardjan, Alfian & Mely G. Tan (eds), Kemiskinan Struktural,, 1984

IrIan Soejono., Metodologi Penelitian Distribusi Pendapatan di Pedesaan, 1978

Kirdi Dipoyudo., "Pemerataan Kesejahteraan Tujuan Pembangunan, 1982

Mubyarto, Sayogyo, S. Tjondronegoro,, Poverty, Equity, and Rural Development, 1982

Sayogyo., Menelaah Garis Kemiskinan, 1982



DOI: https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16905

Article Metrics

Abstract views : 1875 | views : 1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Agro Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AGRO EKONOMI ISSN 0215-8787 (print) , ISSN 2541-1616 (online)  indexed by :

sinta worldcat 

 

View My Stats