Medical Biotechnology : Its Impact on Society's



Teuku Jacob Teuku Jacob(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Karangan ini memberi pandangan bioanthropologis tentang dampak sosial bioteknologi medis. Dimulai dengan definisi bioteknologi dalam arti luas dan sempit, lalu diteruskan dengan tinjauan tentangcara, balk yang modern maupun yang tradisional, kemudian diakhiri dengan uraian tentang dampak biososial, ekologis, evolusioner, demografis, ekonornis, politis, militer, hukum, sosiokultural dan agama, yangdapat men imbulkan perubahan-perubahan mendasar4alam masyarakat dunia.
Di antara cara-cara bioteknologi yang disinggung adalah eufenetika, eugenetika, transplantasi dan substitusi organ, genoteknologi dan teknologi reproduksi. Ke dalam yang terakhir termasuk peijodohan terpimpin, pengendalian pembuahan, pembuahan anumerta, dan in vitro, fusi embryo dan pencangkokan nukleus, hybridisasi sel dan klonasi. Di antara cara-cara tradisional dikemukakan system Itasca, pengebirian, pengguguran, infantisida, perjodohan terpimpin dan manipulasi lingkungan.
Diingatkan tentang dampak negatif yang merugikan manusia dan ekos-ystemnya, karena alchimya aspekteknologis kehidupan tidal( dapat di pisah kan dari aspek-aspek politis,sosial dan ethis.

Key Words: biotechnology - euphenics - eugenics - reproductive technology -- guided mating





Article Metrics

Abstract views : 1041 | views : 925




Copyright (c) 2015 Teuku Jacob Teuku Jacob

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.