Meningkatkan Pola Berpikir Anak di Perpustakaan Menggunakan Storytelling Games

  • Angelia Selma Ananda Unit Pelaksa Terpadu Perpustakaan Universitas Cenderawasih, Jayapura

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan terhadap perkembangan pola berpikir anak dengan menggunakan storytelling games untuk mengeksplorasi penggunaan pembelajaran yang didesain game yang mudah dan simple sehingga benda-benda disekitar yang efektif dalam mengembangkan pemikiran kritis di kelompok anak-anak. Peran perpustakaan sangat dibutuhkan karena perpustakaan merupakan lembaga yang dekat dengan masyarakat, sehingga mampu membantu guru dan orang tua dalam melatih pola berpikir anak menjadi pola berpikir yang kritis menggunakan storytelling games. Penelitian ini berfokus pada peran perpustakan terhadap pola berpikir anak dengan menggunakan storytelling games. Storytelling games dapat menjadi salah satu alat untuk meningkatkan pola berpikir anak yang bisa digunakan oleh perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode studi literatur. Sumber dan proses pengumpulan data dalam metode studi literatur dilakukan dengan mengakses informasi dari perpustakaan, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Analisis data dilakukan melalui rangkuman dari sumber-sumber yang telah ditemukan. Proses analisis melibatkan reduksi data, penyajian data, reduksi data kembali, dan penarikan kesimpulan dari informasi yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan memiliki peran meningkatkan pola berpikir anak melalui storytelling game, seperti menambah keceriaan, meningkatkan imajinasi dan semangat. Metode yang digunakan dalam story telling beruba metode narrating dimana hal ini membutuhkan peran perpustakaan untuk meningkatkan semangat anak dan mengatur emosi anak.

Diterbitkan
2023-11-29
Bagaimana cara mengutip
Ananda, A. S. (2023). Meningkatkan Pola Berpikir Anak di Perpustakaan Menggunakan Storytelling Games . Media Informasi, 32(2), 171-180. https://doi.org/10.22146/mi.v32i2.6342
Bagian
Articles