Author Guidelines

Author Guidelines

  1. Penulis yang akan submit naskah ke situs Media Informasi harus melakukan registrasi online secara mandiri pada menu ”daftar” atau ”register”. Jika mengalami kesulitan dapat menghubungi sekretariat redaksi di email: mediainfoUGM@gmail.com
  2. Setelah terdaftar, lakukan submit naskah hingga berhasil (dengan status penyerahan aktif atau active submissions).

Naskah yang dikirimkan ke redaksi harus memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

  1. Naskah harus sesuai ruang lingkup jurnal kami. (Focus & Scope)
  2. Naskah yang dikirim merupakan naskah asli dan khusus untuk diterbitkan Media Informasi.
  3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai kaidah-kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  4. Panjang Naskah 3000-5000 kata.
  5. Naskah dikirim dalam format Ms.Word dengan ketentuan sebagai berikut:Kertas A4 (21 cm x 21,7 cm) dengan margin halaman; Kiri (3 cm), atas (2 cm), Kanan (2 cm), dan bawah (2 cm);
  6. Naskah dapat berupa ide/konsep pemikiran, best practice, atau hasil penelitian.
  7. Struktur naskah berupa ide/konsep pemikiran dan best practice, terdiri atas: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
  8. Struktur naskah berupa hasil penelitian, terdiri atas: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka
  9. Tulisan dapat disertai gambar, foto, tabel, grafik, atau keterangan lain sebagai pendukung tulisan
  10. Format penulisan daftar pustaka mengacu pada The American Psychological Association (APA) edisi ke-6. Penulisan sitasi dan daftar pustaka disarankan menggunakan Aplikasi Manajemen Sitasi (Mendeley, Zotero, Endnote dll).
  11. Silakan mengikuti petunjuk penulis lebih detail berikut ini:

JUDUL (Judul: 14pt Bold, Sentence case; huruf kapital hanya paling depan kalimat dan dicetak tebal; 1 spasi).

Nama Penulis (12pt bold; 1 spasi).

Afiliasi Penulis (11 pt; 1 spasi), berisi nama institusi/organisasi/tempat kerja/karya penulis/tempat belajar.

Korespondensi (11 pt; 1 spasi), berisi alamat email, nomer handphone aktif penulis pertama atau penulis korespondensi. 

ABSTRAK (Times New Roman 10; dan dicetak tebal) beserta isinya (Times New Roman 10; 1 spasi). Abstrak naskah ditulis dalam bahasa Indonesia.

Ketik abstrak bahasa Indonesia di sini. Isi asbtrak ditulis dengan font Times New Roman 10 (1 spasi). Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa Indonesia 150-200 kata

Kata kunci (Times New Roman 10 dan bold) beserta isinya (Times New Roman 10), kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris; dengan jumlah 3-5 kata kunci.

PENDAHULUAN (Times New Roman 12 dan bold) dan isinya (Times New Roman 11; 1.15 spasi). Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan novelty atau kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Beberapa poin yang dapat dimasukkan dalam Pendahuluan: 1) Ada masalah apa dalam topik anda?, 2) Apakah ada observasi awal?, 3) Mengapa riset anda penting?, 3) Mengapa riset anda urgent dilakukan?, 4) Sudah sejauh mana diskusi/pembahasan dalam topik anda?, 5) Di tahun terakhir, ada isu penting apa dalam topik anda?, 6) Ada data apa dalam topik anda?, dan 7) Ada kebijakan apa dalam topik anda?

Bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Pendahuluan diakhiri dengan pernyataan originalitas dan kebaruan ilmiah artikel tersebut. Pernyataan kebaruan dari topik yang dibahas ditunjukkan dengan tinjauan Pustaka yang memuat uraian sistematis tentang informasi hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.

METODE ( Jika berupa hasil penelitian)

Penjelasan kepada pembaca, metode yang digunakan dalam penelitian ini, sumber data, proses pengambilan data, dan cara analisis yang dilakukan.

PEMBAHASAN (Times New Roman 12 dan bold) beserta isinya (Times New Roman 12; 1.5 spasi). Pembahasan adalah hasil interpretasi analisis data  dan akan lebih komprehensif jika dikaitkan dengan teori/konsep ilmiah relevan atau artikel yang terbit sebelumnya yang saudara sampaikan pada bagian pendahuluan. Hasil dan pembahasan harus menjawab rumusan permasalahan dan memberikan dampak pengetahuan baru.

Instrumen pendukung bagian pembahasan dapat ditampilkan tabel dan gambar dengan ketentuan sebagai berikut: judul tabel (Times New Roman 11) dan isi tabel (Times New Roman 10; 1 spasi);  Judul tabel ditulis di atas tabel dan disusun secara berurutan dalam satu naskah, misalnya Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dst; apabila tabel dikutip/diambil dari sumber lain, harus dicantumkan sumbernya; Jumlah tabel dan gambar maksimal 6 (6 tabel atau 6 gambar, 3 tabel 3 gambar), setiap tabel dan gambar harus dilengkapi dengan keterangan.

KESIMPULAN (Times New Roman 12 dan bold) dan isinya (Times New Roman 11; 1.15 spasi).

Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

UCAPAN TERIMA KASIH -opsional (Times New Roman 12 dan bold) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi 

REFERENSI (Times New Roman 12 dan bold) dan sumber bacaan (Times New Roman 11; 1.15 spasi). Sumber kutipan dan daftar pustaka harus sama. Format penulisan daftar pustaka mengacu pada The American Psychological Association (APA) edisi ke-6. Penulisan sitasi dan daftar pustaka disarankan menggunakan Mendeley.

Ketentuan penulisan naskah di atas tercantum dalam Template Naskah Jurnal Media Informasi sebagai berikut: 

Template: unduh