Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca di Sekolah Baru Tanpa Perpustakaan: Studi Kasus SMA PGRI Malangbong

  • Septevan Nanda Yudisman Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang , Indonesia
  • jalinur Universitas Indonesia, Depok, Indonesia
  • Danang Prambudi P ro gram Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Terbuka , Tangerang Selatan, Indonesia
Kata Kunci: Minat Baca, Literasi Siswa, Peran Guru, Sekolah tanpa Perpustakaan

Abstrak

Studi ini menjelaskan bagaimana guru dapat membantu meningkatkan minat baca siswa di SMA PGRI Malangbong yang merupakan sekolah baru, tidak memiliki perpustakaan. Pertanyaan penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi guru dalam berperan sebagai promotor literasi di tengah keterbatasan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi, wawancara mendalam, kuesioner, dan studi dokumentasi. Tantangan dan strategi literasi diidentifikasi melalui analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiadaan perpustakaan menghambat akses siswa terhadap bahan bacaan. Untuk bertindak sebagai koordinator yang efektif untuk tujuan ini, para guru mengadopsi cara yang luar biasa dalam mengatur buku-buku yang mencakup membaca buku dari rumah, waktu membaca bersama, permainan literasi, tugas resensi buku, dan lain-lain. Meskipun fasilitas yang terbatas dianggap sebagai hambatan, strategi ini meningkatkan motivasi siswa. Selain itu, faktor-faktor seperti rendahnya budaya membaca dalam keluarga dan media digital yang tidak bersahabat juga mempengaruhi minat baca siswa. Singkatnya, guru adalah pengganti perpustakaan dan promotor literasi. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan secara terpisah hal ini membutuhkan investasi waktu untuk pelatihan, investasi bahan bacaan, dan investasi kemitraan dengan masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, studi ini memberikan rekomendasi strategis untuk mengembangkan kebijakan literasi yang berkelanjutan bagi sekolah-sekolah dengan fasilitas yang rendah.

Diterbitkan
2025-05-19
Bagaimana cara mengutip
Nanda Yudisman, S., jalinur, & Prambudi, D. (2025). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca di Sekolah Baru Tanpa Perpustakaan: Studi Kasus SMA PGRI Malangbong. Media Informasi, 34(1), 53-60. https://doi.org/10.22146/mi.v34i1.20015
Bagian
Articles