Peran Perpustakaan dalam Membantu Riset tentang Studi Islam di Indonesia

  • Sutiyah Nova Irawati Islamic Early Childhood Education, Private Islamic University YPBWI, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Fitriyanti Elementary Education, State University of Surabaya, Indonesia
  • Prasetyo Adi Nugroho Library of Airlangga University Campus B (60286), Surabaya, Indonesia
Kata Kunci: Indonesia, Islam, Pendidikan tinggi, Perpustakaan, Riset

Abstrak

Pendidikan Islam di Indonesia memiliki sejarah yang panjang, dengan kontribusi signifikan dari para ulama terdahulu. Pustakawan memiliki peran untuk membantu akademisi dalam memajukan studi Islam. Studi ini bertujuan untuk mengobservasi perpustakaan beserta pustakawannya dalam membantu studi Islam pada lingkungan akademis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metadata dari Scopus. Ada sekitar 133 dokumen yang ditemukan. Kemudian dokumen dilakukan sortir untuk menghapus dokumen-dokuemn yang tidak memakai bahasa Inggris dan dokumen berbentuk tinjauan. Studi ini menemukan bahwa sampel tersisa sekitar 91 dokumen dari tahun 2008-2024. Sampel data dianalisis dengan metode bibliometrik dan SLR. Hasil menunjukkan bahwa kata yang paling banyak digunakan pada kata kunci paper-paper terdahulu yakni Muhammadiyah dan Syatibi. Kedua kata tersebut terhubung dengan kata mayor, Indonesian dan Islam. Penelitian tentang studi Islam melibatkan atau berhubungan dengan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia selain NU.

Diterbitkan
2025-05-19
Bagaimana cara mengutip
Nova Irawati, S., Fitriyanti, N., & Nugroho, P. A. (2025). Peran Perpustakaan dalam Membantu Riset tentang Studi Islam di Indonesia. Media Informasi, 34(1), 40-52. https://doi.org/10.22146/mi.v34i1.18359
Bagian
Articles