Peran Perpustakaan dalam Membantu Riset tentang Studi Islam di Indonesia
Abstrak
Pendidikan Islam di Indonesia memiliki sejarah yang panjang, dengan kontribusi signifikan dari para ulama terdahulu. Pustakawan memiliki peran untuk membantu akademisi dalam memajukan studi Islam. Studi ini bertujuan untuk mengobservasi perpustakaan beserta pustakawannya dalam membantu studi Islam pada lingkungan akademis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metadata dari Scopus. Ada sekitar 133 dokumen yang ditemukan. Kemudian dokumen dilakukan sortir untuk menghapus dokumen-dokuemn yang tidak memakai bahasa Inggris dan dokumen berbentuk tinjauan. Studi ini menemukan bahwa sampel tersisa sekitar 91 dokumen dari tahun 2008-2024. Sampel data dianalisis dengan metode bibliometrik dan SLR. Hasil menunjukkan bahwa kata yang paling banyak digunakan pada kata kunci paper-paper terdahulu yakni Muhammadiyah dan Syatibi. Kedua kata tersebut terhubung dengan kata mayor, Indonesian dan Islam. Penelitian tentang studi Islam melibatkan atau berhubungan dengan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia selain NU.
Copyright (c) 2025 adi adi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.