Media Online dan Biodigilib sebagai Solusi Peningkatan Layanan Perpustakaan

  • Aris Setiawan Perpustakaan Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada
Kata Kunci: Kontak fisik, Media sosial, Perpustakaan digital

Abstrak

Keterbatasan kontak fisik yang pada awalnya disebabkan oleh adanya pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 menjadikan Perpustakaan untuk sementara menutup layanannya. Perpustakaan sebagai sebuah institusi yang mempunyai tugas mengelola koleksi secara profesional dengan menggunakan sistem yang baku untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian dan rekreasi para pemustaka harus melakukan perubahan-perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media online dan perpustakaan digital untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Metode yang digunakan adalah  studi literatur dan observasi aplikasi youtube dan biodigilib. Media online merupakan produk teknologi yang dapat dijadikan sarana informasi dan juga alat komunikasi untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan. Kemudahan penggunaan media sosial (Youtube) dapat diterapkan dan digunakan di perpustakaan, baik untuk mempromosikan koleksi dan informasi yang dipunyai oleh perpustakaan ataupun sebagai media komunikasi antara perpustakaan dan pemustaka. Aplikasi perpustakaan digital Biodigilib merupakan hasil dari teknologi, aplikasi ini tidak bisa menggantikan 100% perpustakaan konvensional. Perpustakaan digital bisa dijadikan hybrid layanan perpustakaan sebagai pendamping. Kedua hasil teknologi tersebut, yaitu media online (Youtube) dan aplikasi biodigilib dapat dijadikan sebagai salah satu solusi di perpustakaan apabila terjadi keterbatasan kontak fisik.

Diterbitkan
2024-12-05
Bagaimana cara mengutip
Setiawan, A. (2024). Media Online dan Biodigilib sebagai Solusi Peningkatan Layanan Perpustakaan . Media Informasi, 33(2), 219-232. https://doi.org/10.22146/mi.v33i2.16993
Bagian
Articles