Media Pembelajaran Sejarah Melalui Video Animasi pada Layanan Audio Visual Perpustakaan Umum

  • Vivi Aprillia Susianti Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Persepsi informasi, Media pembelajaran, Sejarah, Video animasi

Abstrak

Pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting yang dapat membentuk watak dan peradaban bangsa yang mermartabat serta membentuk manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Video animasi bertujuan agar pelajar lebih cepat dan mudah memahami informasi yang terkandung pada video animasi tersebut. Metode pembelajaran sangat menarik dan tidak membosankan sehingga memberikan motivasi belajar kepada para pelajar. Media pembelajaran sejarah dimanjakan dengan visualisasi animasi yang sangat menarik dan menyenangkan yang dapat menimbulkan sensasi, perasaan, emosional ketika menontonnya. Video animasi sejarah diputar pada layanan audio visual perpustakaan umum ketika ada kegiataan kunjungan perpustakaan dari sekolah-sekolah. Media pembelajaran sejarah melalui video animasi adalah cara yang efektif untuk memberikan pengetahuan kepada pelajar tentang pentingnya memahami sejarah Indonesia. Video animasi membantu menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Dengan visual yang mendukung, pelajar dapat lebih mudah menangkap pesan penting yang disampaikan. Selain itu, penggunaan video animasi dapat membentuk persepsi yang lebih baik tentang informasi yang dipelajari, sehingga pelajar lebih terlibat dan memahami materi sejarah dengan lebih mendalam.

 

Diterbitkan
2024-11-29
Bagaimana cara mengutip
Susianti, V. A. (2024). Media Pembelajaran Sejarah Melalui Video Animasi pada Layanan Audio Visual Perpustakaan Umum. Media Informasi, 33(2), 181-192. https://doi.org/10.22146/mi.v33i2.15910
Bagian
Articles