Aplikasi Tawk.to Sebagai Pendukung Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi COVID-19

  • I Made Indra Wirayuda Magister Manajemen Informasi dan Perpustakaan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Keywords: layanan perpustakaan, tawk.to, live chat

Abstract

Kehadiran pandemi COVID-19 menuntut perpustakaan untuk berinovasi. Perpustakaan harus tetap menjadi sumber informasi bagi masyarakat khususnya para peneliti, dosen, dan pelajar. Perpustakaan telah mengalami banyak perubahan dari sisi pelayanannya. Mulai dari layanan secara manual yang belum terotomasi, hingga menjadi layanan digital. Perpustakaan yang sudah terotomasi dapat mengoptimalkan pelayanannya dengan mengimplementasikan teknologi berupa aplikasi komunikasi secara virtual. Hal tersebut dilakukan demi mendukung program pemerintah dalam membatasi kegiatan masyarakat untuk mengurangi bepergian ke luar rumah. Tawk.to merupakan salah satu aplikasi live chat online gratis yang dapat dipasang pada situs web perpustakaan. Manfaat dari penggunaan Tawk.to pada perpustakaan adalah sebagai alat komunikasi antara pemustaka dan pustakawan dalam menangani segala kendala yang dijumpai pemustaka selama memanfaatkan layanan digital. Tawk.to juga memiliki fitur analitis yang memudahkan perpustakaan dalam pengambilan keputusan. Aplikasi Tawk.to dapat diimplementasikan pada situs web perpustakaan sebagai salah satu solusi dalam mengoptimalkan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19, dengan segala manfaat dan kekurangannya.

Published
2022-06-30
How to Cite
Wirayuda, I. M. I. (2022). Aplikasi Tawk.to Sebagai Pendukung Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi COVID-19. Media Informasi, 31(1), 9-20. https://doi.org/10.22146/mi.v31i1.4334