Layanan Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat Dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada di era new normal

  • Sukirno
Keywords: Kata kunci: new normal; layanan perpustakaan; Covid-19; Perpustakaan FKKMK UGM

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi wabah yang melanda tiga perempat dunia. Kebijakan pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 dengan menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menetapkan bekerja dari rumah (WFH) bagi pegawai. Pelayanan publik dilakukan dari rumah secara daring dan kontak langsung dengan pelanggan ditiadakan. Dampak kebijakan ini membawa kontraksi pada sektor ekonomi, yaitu pertumbuhan ekonomi minus. Pemutusan hubungan kerja dilakukan oleh beberapa industri sebagai dampak dari kontraksi ekonomi. Pemerintah mengambil kebijakan dengan menerapkan new normal. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 menjadi dasar dan acun bagi instansi untuk melaksankan new normal. Perpustakaan FK-KMK UGM dengan adanya kebijakan new normal memberikan dan membuka layanan secara langsung pada pemustaka. Layanan ini dilakukan dengan menerapkan protokal kesehatan. Layanan new normal diharapkan pemustaka dan staf perpustakaan selama di perpustakaan untuk melaksanakan protokol kesehatan, yaitu cuci tangan sebelum masuk perpustakaan, cek suhu tubuh, memakai masker, menerapkan physical distancing dan senantiasa untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Harapannya Perpustakaan FK-KMK UGM bisa memberikan layanan dengan baik dan dapat mencegah penularan pandemi Covid-19. 

Published
2020-12-01
How to Cite
Sukirno. (2020). Layanan Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat Dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada di era new normal . Media Informasi, 29(2), 230-242. https://doi.org/10.22146/mi.v29i2.4099