Sistem Penghindar Tabrakan Frontal Berbasis Logika Fuzzy

  • Noor Cholis Basjaruddin Politeknik Negeri Bandung
  • Kuspriyanto Institut Teknologi Bandung
  • Didin Saefudin Politeknik Negeri Bandung
  • Ganda Putra Politeknik Negeri Bandung
Kata Kunci: head-on collision avoidance system, tabrakan frontal, logika fuzzy

Abstrak

Sekitar 10% dari tabrakan yang mengakibatkan kematian disebabkan oleh tabrakan frontal. Head-on Collision Avoidance System (HCAS) adalah perangkat yang dapat mencegah tabrakan frontal dengan cara mengerem atau menghindar. Dua sensor ultrasonik digunakan untuk memantau kendaraan di depan dan di samping kanan. Kedua jarak yang terpantau sensor menjadi masukan bagi sistem pengambilan keputusan berbasis logika fuzzy. Keluaran sistem pengambilan keputusan ini adalah kendaraan maju, berhenti, atau menghindar. Hasil simulasi dengan menggunakan mobil remote control membuktikan bahwa sistem pengambil keputusan yang dirancang dengan logika fuzzy dapat bekerja dengan tingkat keberhasilan di atas 90%.

Referensi

NHTSA, ”A Compilation of Motor Vehicle CrasTraffic Safety Facts 2012: Data from the Fatality Analysis Reporting System and the General Estimates System,” Washington, DC, 2012.

P. Salmon, M. Regan, dan I. Johnston, ”Human Error and Road Transport: Phase Two – A framework for an error tolerant road transport system,” Victoria, 2006.

NHTSA, ”National Motor Vehicle Crash Causation Survey,” Washington, DC, 2008.

D. Yulianto dan H. Yuliansyah, ”Rancang Bangun Aplikasi Traffic Counter RFID,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), vol. 4, nr 1, pp. 32-38, 2015.

R. Somya dan F. J. Kambey, ”Pembuatan Sistem Informasi Transportasi Umum di Kota Surakarta dengan Framework Sencha Touch,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), vol. 4, nr 4, 2015.

N. C. Basjaruddin, Kuspriyanto, D. Saefudin, dan I. K. Nugraha, ”Developing Adaptive Cruise Control Based on Fuzzy Logic Using Hardware Simulation,” International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), 2014.

N. C. Basjaruddin, Kuspriyanto, D. Saefudin, E. Rakhman, dan A. M. Ramadlan, ”Overtaking Assistant System Based on Fuzzy Logic,” Telkomnika, vol. 13, nr 1, March 2015.

A. Colombo dan D. D. Vecchio, ”Efficient algorithms for collision avoidance at intersections,” i Proceedings of the 15th ACM international conference on Hybrid Systems: Computation and Control , New York, 2012.

M. Hafner, D. Cunningham, L. Caminiti, dan D. Del Vecchio, ”Cooperative Collision Avoidance at Intersections: Algorithms and Experiments,” IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, vol. 14, nr 3, pp. 1162 - 1175, August 2013.

S.Ramesh, R. Ranjan, R. Mukherjee, dan S. Chaudhuri, ”Vehicle Collision Avoidance System Using Wireless Sensor Networks,” International Journal of Soft Computing and Engineering (IJSCE), vol. 2, nr 5, November 2012.

A. Amditis, A. Polychronopoulos, G. K. Ioannis Karaseitanidis, dan E. Bekiaris, ”Multiple - Sensor - Collision avoidance system for automotive applications using an IMM approach for obstacle tracking,” i Proceedings of the Fifth International Conference on Information Fusion, Annapolis, MD, USA, 2002.

J. Jansson dan F. Gustafsson, ”A framework and automotive application of collision avoidance decision making,” Automatica, vol. 44, p. 2347–2351, 2008.

M. Valdés-Vela, R.Toledo-Moreo, F.Terroso-Sa´enz, dan M.A.Zamora-Izquierdo, ”An application of a fuzzy classifier extracted from data for collision avoidance support in road vehicles,” Engineering Applications of Artificial Intelligence, vol. 26, nr 1, p. 173–183, January 2013.

G. Putra, ”Hardware Simulation of Head-on Collision Avoidance System based on Fuzzy Logic,” Bandung, 2013.

L. Msc.Marvin dan A. Alves, September 2014. [Online]. Available: https://github.com/zerokol/eFLL.

Bagaimana cara mengutip
Noor Cholis Basjaruddin, Kuspriyanto, Didin Saefudin, & Ganda Putra. (1). Sistem Penghindar Tabrakan Frontal Berbasis Logika Fuzzy. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 5(3), 228-232. Diambil dari https://jurnal.ugm.ac.id/v3/JNTETI/article/view/2940
Bagian
Artikel