Sosialisasi Edukasi Reproduksi Wanita Berbasis Sains Teknologi Islam melalui e-Modul di Desa Sentul

  • Ospa Pea Yuanita Meishanti Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ino Angga Putra Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mochammad Syafiuddin Shobirin Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Arina Widianti Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Farhani Annas Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: E-module, education, female reproductive system, science technology and Islam, e-modul, edukasi, sains teknologi dan Islam, sistem reproduksi wanita

Abstract

The people of Sentul village, especially women and teenagers, still do not really understand the problems related to women including the solutions, so the service team conducts counseling about the female reproductive system based on Islamic technology to provide knowledge, understanding, concern for and the importance of maintaining the reproductive system in women, also providing education about the development of the reproductive system in women based on Islamic science technology. The implementation method is preparation, namely making products, implementing education in the form of socialization and practice of using e-modules, evaluating implementation by providing an implementation framework and product results in the form of e-modules and analysis of sustainable programs that develop community service implementation programs in Tembelang District. The results of the program evaluation show that the education provided can increase knowledge about the importance of female reproduction, technological developments and Islam. The output product produced by the community service team is an e-module for the female reproductive system based on Islamic science and technology which can be accessed anywhere.

===

Ibu-ibu dan remaja Desa Sentul, Kecamatan Tambelang belum memahami problematika yang terkait dengan kewanitaan dan solusinya sehingga tim pengabdian kepada masyarakat melakukan edukasi tentang sistem reproduksi wanita berbasis sains teknologi Islam untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kepedulian dan pentingnya menjaga sistem reproduksi pada wanita, serta memberikan edukasi perkembangan sistem reproduksi kepada wanita. Tahapan pelaksanaan melalui metode persiapan, pelaksanaan, dan hasil, yakni (1) tahap persiapan: penyusunan produk; (2) pelaksanaan berupa sosialisasi edukasi praktik penggunaan; (3) tahap hasil berupa evaluasi pelaksanaan dengan memberikan angket pelaksanaan maupun hasil produk berupa e-modul dan analisis berkelanjutan program yang merupakan pengembangan program pelaksanaan pengabdian di Desa Sentul, Kecamatan Tembelang. Hasil evaluasi program menunjukkan bahwa dengan adanya edukasi yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan akan pentingnya reproduksi wanita, perkembangan teknologi, dan segi keagamaan. Luaran produk yang dihasilkan tim pengabdian masyarakat ini berupa e-modul sistem sistem reproduksi wanita berbasis sains teknologi Islam yang dapat diakses di mana saja.

References

Alimah, Shofiyatul. 2021. Analisis Kitab Risalatul Mahid Karya Masruhan Ihsan dan Relevansinya dengan Materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah.” Diploma, IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15852/

Alihar, Fadjri. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Contextual Teaching Learning Pada Pokok Bahasan Aljabar Untuk Siswa MTs. 66, 37–39. Retrieved from https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Ardiansyah, R. Corebima, A.D. & Rohman, Fatchur. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Mata Kuliah Genetik di Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek., di unduh dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8009/111.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Caisar, Ayuningtiyas. 2021. Modul Sistem Reproduksi Manusia Dan Hewan. Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/14890/.

Ismarwati, & Ernawati, Dwi. (2016). Ibm Posyandu Remaja. Rakernas Aipkema 2016 “Temu Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,” 198–204.

Kurniati, T., Rahmat, I., & Lusmilasari, L. (2005). Hubungan antara persepsi ibu tentang pendi- dikan seks pada anak usia 0-15 tahun dengan sikap ibu dalam menerapkan pendidikan seks. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, Vol 1, Nomor 1.

Kurniawan, Martha Mulyani. 2021. Dilema Sains dan Agama. Alucio Dei 4, no. 1 : 1–1. https://doi.org/10.55962/aluciodei.v4i1.14.

Malinda, Nelly Tania, Maria Nala Damajanti, dan Cindy Muljosumarto. 2018. Perancangan Buku Interaktif Tentang Menstruasi Pertama Untuk Anak Perempuan Usia 9-12 Tahun. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa, Vol. 2 No. 3

Meishanti, O. P. Y. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science Technologi Engineering And Mathematic) Materi Sistem Pernapasan. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 7(1). https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i1.1964 https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1964

Meishanti, O. P. Y., & Chasanah, B. W. (2022). Pengembangan E-Modul Screencast Berbasis Stem Pada Materi Reproduksi Di Pondok Pesantren As-Saidyah 1. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 97–105. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2780 , https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/2780

Meishanti, O.P.Y., & Maknun, M. J. (2022). STEM-Based E-Module (Science Technology Engineering and Mathematics) on Class XI Respiratory System Materials. Journal Of Biology Education. Volume 5 No. 02. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10787

Oktavia, Budhi, Zainul, Rahadian, Guspatni, & Putra, Ananda. (2018). Pengenalan dan pengembangan e-Modul bagi guru-guru anggota MGMP kimia dan biologi Kota Padang Panjang. INA-Rxiv, 1–9.

Prasetiyo, N. A., & Pertiwi, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27. diunduh dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi

Ratnasari, R.F dan Alias, M. 2016. Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa, Vol. 2 No. 2

RIMA, M. (2022). Kajian Materi Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Sains dan Hukum Islam. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/18916/

Yemira. (2018). Laporan Akhir Program Pengabdian Masyarakat KKN-PPM Pemberdayaan Masyarakat Desa Temoran Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. 1–26.

Yusuf, Helmi HI. 2020. Pentingnya pendidikan seks bagi anak. Al-wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, Vol : 13 No 1

Published
2023-10-26
How to Cite
Meishanti, O. P. Y., Putra, I. A., Shobirin, M. S., Widianti, A., & Annas, F. (2023). Sosialisasi Edukasi Reproduksi Wanita Berbasis Sains Teknologi Islam melalui e-Modul di Desa Sentul. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 140-152. https://doi.org/10.22146/bakti.6776
Section
Articles