Archives





2013

Vol 5, No 3 (2013): Jurnal Nasional Pariwisata

Salam Pariwisata!

Jurnal Nasional Pariwisata, terbitan berkala ilmiah bidang kepariwisataan, kembali hadir di tangan pembaca. Jurnal ini dimaksudkan sebagai sarana komunikasi penyebaran informasi hasil penelitian, pemikiran dan pengembangan kepariwisataan yang aktual, sehingga para peneliti dan publik diharapkan dapat memperkaya informasi ilmiah yang berkaitan dengan isu kepariwisataan. 

Ratih Melastiwi Purwaningsih menulis artikel berjudul: Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Prambanan yang membahas pengaruh kualitas pelayanan pemandu wisata terhadap kepuasan wisatawan di Candi Prambanan. Purwanto berjudul Strategi Pemasaran Atraksi Wisata Teater Calonarang Tetekan di Puri Agung Kerambitan, Tabanan, Bali, mencoba memaparkan cara dan strategi pemasaran atraksi wisata berbentuk teater yang merupakan alternative bagi wisatawan di Pulau Dewata tersebut. Sementara itu pada artikel ketiga Rr. Erna Sadiarti Budiningtyas mengupas respon masyarakat lokal terhadap pengembangan atraksi budaya, lewat judul Showroom Batik di Kampoeng Batik Lawean Respon Masyarakat terhadap Pengembangan Pariwisata di Kawasan Cagar Budaya. Masalah bauran promosi untuk atraksi wisata warisan disajikan oleh Bernadetta Dwi Charylia lewat artikel berjudul Bauran Promosi di Taman Wisata Ratu Boko Yogyakarta. Isu kemitraan di dalam pengelolaan destinasi juga tampaknya mendapat perhatian dari para penulis. Kali ini isu tersebut dibahas oleh Ami Suswandi Putra melalui artikel berjudul Pola Kemitraan Pariwisata dalam Manajemen Atraksi Desa Wisata Pampang Kota Samarinda. Artikel penutup edisi ini berisi analisis dampak sosial dan budaya yang timbul oleh intensitas interaksi wisatawan dengan komunitas sebuah kawasan penting di Yogyakarta. Lewat artikel berjudul Dampak Sosial Budaya Interaksi Wisatawan dengan Masyarakat Lokal di Kawasan Sosrowijayan, paparan tersebut disajikan ditulis Sri Safitri Oktaviyanti. Mudah-mudahan informasi yang disajikan dalam edisi kali ini semakin menambah wawasan pembaca.

Selamat membaca....

Redaksi

 

 

Cover Page

Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Nasional Pariwisata

Jurnal Nasional Pariwisata, Edisi Nomor 02 Agustus 2013 menyajikan 7 (tujuh) artikel hasil penelitian dengan judul yang berbeda. Artikel dengan judul “Effects of Tourism Service Quality and Hotel Quality on Tourist Satisfaction in Danang City Vietnam” ditulis oleh Tran Thi Trung membahas tentang kualitas layanan pariwisata dan kualitas layanan hotel, kedua aspek ini dianggap penting dan berhubungan dalam mempegaruhi kunjungan wisatawan. Tulisan Nikasius Jonet Sinangjoyo berjudul “Green Hotel sebagai Daya Saing Sebuah Destinasi” menggambarkan penerapan program green hotel di industry perhotelan di Yogyakarta. Dyah Ayu Paramitha Tunggadewi menjelaskan efek unsur-unsur daya tarik wisata religi terhadap kunjungan wisatawan. Melalui artikel berjudul “Pengaruh Komponen Masjid Agung Jawa Tengah terhadap Kedatangan Wisatawan”, penulis menekankan pentingnya pengelolaan elemen bangunan masjid sebagai penarik wisatawan.

Artikel yang ditulis oleh Ahmad Namawi berjudul “Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Pantai Depok di Desa Kretek Parangtritis”, membahas isu tentang perbedaan tingkat partisipasi masyarakat di dalam pengelolaan sumberdaya pariwisata bahari. Tulisan Said Keliwar berjudul “Pola Pengelolaan Ekowisata Berbasis Komunitas di Taman Nasional Gunung Halimun Salak” menerangkan pola umum pengelolaan ekowisata berbasis komunitas yang belum mendekati sempurna. Tentang kaitan antara motif dan persepsi tentang destinasi dengan potensi kunjungan-balik, tampaknya menarik pula dibahas secara khusus. Hal tersebut dipaparkan oleh Dilla Pratiyudha Sayangbatti melalui tulisan bertajuk “Motivasi dan Persepsi Wisatawan tentang Daya Tarik Destinasi terhadap Minat Kunjungan Kembali di Kota Wisata Batu”. Artikel terakhir dan cukup menarik yang ditulis oleh Anang Toufik Kusmawan berjudul “Dampak Perubahan Iklim terhadap Kegiatan Wisata Bahari di Gili Trawangan”. Perubahan iklim mudah terlacak di pulau-pulau kecil dan menciptakan efek tertentu terhadap kegiatan kepariwisataan.


1 - 9 of 9 Items