Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Nasional Pariwisata?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Editor Jurnal Nasional Pariwisata  menyambut kiriman artikel sesuai dengan pedoman berikut:

Artikel belum diterbitkan atau diterima untuk publikasi, atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain. Selain naskah, pernyataan tertulis harus terpasang yang menjelaskan bahwa artikel tersebut asli dan tidak mengandung unsur plagiarisme.

Jenis artikel yang cocok untuk publikasi adalah sebagai berikut; laporan penelitian (laboratorium, lapangan, arsip), ide-ide konseptual, studi, aplikasi teori.

Tipe lain yang cocok dari artikel adalah bedah buku. Perhatikan persyaratan berikut untuk mengirimkan ulasan buku:

buku sedang ditinjau harus baru diterbitkan (dalam satu tahun terakhir untuk buku-buku di Indonesia dan dua tahun untuk buku dalam bahasa asing lainnya),

ulasan buku harus antara 3-5 halaman panjang, dan

salinan / scan pada sampul buku harus dilampirkan.

Artikel yang ditulis dalam bahasa akademis Indonesia atau Inggris (lebih) menggunakan bersama dengan standar struktur penulisan akademik dan komposisi. Naskah diketik 1,5 spasi dalam ukuran kertas kuarto (A4), antara 15-20 halaman panjang termasuk referensi, gambar, dan meja.

Pasal harus dalam bentuk esai yang meliputi:

title (15-20 kata),

Nama penulis (tanpa gelar akademik) dengan alamat e-mail dan nama lembaga,

abstrak dalam bahasa Inggris dan Indonesia (150-200 kata untuk setiap) yang mencakup masalah penelitian, metode dan hasil,

kata-kata kunci dalam bahasa Inggris dan Indonesia (5-7 kata),

penulis informasi pribadi dan alamat e-mail,

pengenalan (tanpa ayat, 2-3 halaman) yang meliputi latar belakang, tujuan, metode, dan ulasan sastra / konstruksi teoritis (jika diperlukan) penelitian. Bagian pendahuluan berakhir dengan penekanan pada item yang akan dibahas, diskusi,

Kesimpulannya, dan referensi.

format daftar referensi berdasarkan APA gaya (American Psychological Association). daftar referensi akan muncul di akhir artikel dan hanya mencakup literatur sebenarnya dikutip dalam naskah. Referensi disusun menurut abjad dan kronologis. Saat menulis daftar referensi, silakan gunakan konvensi berikut;

Azhar & Matsumura, K. (2010). Studi dari 'Kenry' dalam bahasa Jepang dan 'Hak' di Indonesia. Jurnal Humaniora, Vol. 22, No. 1, 22-30.

Nur, Tajudin. (2008). Verba dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia: Studi Gramatika Konstrastif. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Reid, Anthony. (2011). Menuju Sejarah Sumatra: Antara Indonesia Dan Dunia. Jakarta: Yayasan Obor.

Zacharek, S. (2008). Perempuan alami. The New York Times. Diakses pada 12 Februari 2013, dari http://www.nytimes.com/2008/04/27/books/review/Zachareck

editor menghargai jika penulis kutipan informasi dari artikel sebelumnya diterbitkan dalam Jurnal Nasional Pariwisata

Artikel harus diserahkan dalam file lembut menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk https://jurnal.ugm.ac.id/https://jurnal.ugm.ac.id/tourism_pariwisata

Penulis akan dikirim pemberitahuan penerimaan naskah dan keputusan editorial (apakah artikel diterima atau tidak) melalui e-mail. Naskah yang tidak dipublikasikan tidak akan dikembalikan kepada penulis.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah/Artikelmerupakan karya asli dari penulis, belum pernah dan tidak akan diterbitkan oleh majalah ilmah/jurnal lain.
  2. Topik naskah yang dikirimkan memuat tentang kepariwisataan, destinasi wisata, hasil penelitian bidang kepariwisataan.
  3. Naskah dapat berupa hasil penelitian, artikel hasil pemikiran hasil metaanalisis, teori baru, atau masukan pemecahan masalah penting.
  4. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, berupa ketikan (print out), rekaman dalam format digital, spasi ganda, dengan panjang antara 15-20 halaman format kuarto (termasuk gambar dan tabel), tipe huruf  Time New Roman, font size 12.
  5. Naskah yang pernah dipresentasikan dalam seminar, mohon diberi keterangan pada catatan kaki di halaman pertama.
  6. Naskah disertai dengan abstrak dalam Bahasa Inggris dan Intisari Bahasa Indonesia, yang panjangnya masing-masing antara 200-300 kata. Abstrak dilengkapi dengan 3-5 kata kunci.
  7. Sistematika penulisan untuk artikel ilmiah adalah:

    • Judul, nama penulis, alamat tempat penulis bekerja, disajikan lengkap tanpa gelar, disertai alamat afiliasi/ tempat kerja. Nama dan Alamat pengarang utama untuk korespondensi ditunjukkan dengan e-mail.
    • Abstrak (Bahasa Inggris) dan Intisari (Bahasa Indonesia)
    • Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian)
    • Metodologi.
    • Hasil dan Pembahasan
    • Kesimpulan
    • Daftar Pustaka
  8. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran, atau tinjauan pustaka (review) adalah:

    • Judul, alamat tempat bekerja (disertai e-mail); Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan publikasi, hasil pemikiran); Analisis dan Pembahasan; Kesimpulan; dan Daftar Pustaka.
    • Tabel, gambar dan foto harus diberi judul, berspasi tunggal dalam format tegak, nomor dan sumber yang jelas, foto dicetak hitam putih.
  9. Daftar Pustaka, disusun menurut alfabetik dengan ketentuan:

    • Buku: nama pengarang, tahun terbit, judul, edisi, nama penerbit dan kota penerbit.
    • Artikel dalam buku: nama pengarang, tahun, judul karangan, judul buku, editor, nama dan kota tempat penerbit.
    • Karangan dalam majalah atau jurnal; nama pengarang, tahun, judul karangan, nama majalah/jurnal, nomor penerbitan, halaman pertama dan terakhir.
    • Karangan dalam seminar: nama pengarang, tahun, judul karangan, nama seminar, penyelenggara, waktu,tempat seminar.
  10. Redaksi mempunyai hak untuk mengubah dan memperbaiki ejaan, tata tulis dan tata bahasa naskah yang dimuat.
    Penulis akan mendapatkan  2 eksemplar separasi naskah cetak (reprint) setelah naskahnya dimuat.
 

Copyright Notice

Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Jurnal Nasional Pariwisata ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Nasional Pariwisata berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.