Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang
Destha Titi Raharjana(1*), Heddy Shri Ahimsa Putra(2), Adwidya Yoga(3)
(1) Pusat Studi Pariwisata, Universitas Gadjah Mada
(2) Pusat Studi Pariwisata, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang sangat fokus terhadap pengembangan sektor wisata melalui konsep desa wsiata. Beberapa desa wisata tersebut telah cukup dikenal baik secara nasional maupun internasional. Namun demikian, masih terdapat desa-desa wisata lainnya yang belum banyak dikunjungi wistawan yang disebabkan oleh kurangnya promosi yang dilakukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola desa wisata setempat. Keterbatasan kompetensi SDM menjadi salah satu penyebab minimnya usaha promosi yang dilakukan. Di sisi lain, perkembangan teknologi menuju era digital seharusnya semakin memudahkan upaya pemasaran atau promosi wisata karena kemudahan akses dan jangkauan yang luas melalui media online digital (e-marketing). Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh SDM desa wisata di Kabupaten Malang dalam upaya promosi atau pemasaran khususnya dengan menggunakan e-marketing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskripstif kualitatif untuk memaparkan keadaan SDM dan promosi di desa-desa wisata Kabupaten Malang secara faktual. Data dianalisis secara langsung dengan langkah reduction, data serving, dan verification. Penelitian ini menyimpulkan bahwa SDM desa wisata Kabupaten Malang memiliki kendala dalam melalukan kegiatan promosi atau pemasaran secara e-marketing. Berlandaskan kesimpulan tersebut, penelitian ini berimplikasi praktis bagi Disparbud Kabupaten Malang khususnya, sebagai salah satu acuan penyusunan langkah-langkah penguatan SDM dalam e-marketing agar upaya promosi melalui media online digital dapat dimaksimalkan. Dengan demikian, diharapkan kunjungan wisata akan meningkat sebagai dampak dari meningkatnya kompetensi SDM dalam melakukan upaya promosi atau pemasaran online.
Abstract
Malang Regency is one of the districts in Indonesia which is very focused on developing the tourism sector through the concept of a wsiata village. Some of these tourist villages are well known both nationally and internationally. However, there are still other tourist villages that have not been visited by many tourists due to the lack of promotion carried out by the local tourism village management human resources. Limited competency of Human Resources (HR) is one of the causes of the lack of promotional efforts undertaken. On the other hand, technological developments towards the digital era should make tourism marketing or promotion efforts easier because of the ease of access and wide reach through digital online media (e-marketing). Based on these conditions, this study aims to identify the obstacles faced by human resources in tourism villages in Malang Regency in promotion or marketing efforts, especially by using e-marketing. This research was conducted with a qualitative descriptive approach to explain the condition of human resources and promotion in tourist villages in Malang Regency factually. Data were analyzed directly with reduction, data serving, and verification steps. This study concludes that the human resources of the tourist village of Malang Regency have obstacles in carrying out promotional or marketing activities by e-marketing. Based on these conclusions, this research has practical implications for Disparbud Malang Regency in particular, as a reference for preparing steps to strengthen human resources in e-marketing so that promotional efforts through digital online media can be maximized. Thus, it is hoped that tourist visits will increase as a result of the increased competence of human resources in conducting online promotion or marketing efforts.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfianita, R. H. (2016). Manajemen Pemasaran Secara Online Desa Wisata Di Yogyakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi Desa Wisata Gabugan / Dewiga) (Thesis S2). UIN Sunan Kalijaga http://digilib.uin- suka.ac.id/24751/
Andrianti, N., & Lailam, T. (2019). Pengembangan Desa Wisata melalui Penguatan Strategi Komunikasi Pariwisata. Prosiding Seminar Pengabdian kepada Masyarakat II (SENADIMAS II). Unisri, 12 Oktober 2019.http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/snd ms/article/view/3249
Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Indtravel). Jurnal Sosioteknologi, 15(3), 378–389.https://doi.org/10.5614/sostek.2016.15.3.6
Bakti, I. (2018). Pelatihan Komunikasi Pariwisata Berbasis Media Sosial (Instangram) Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1003–1006.
Damanik, J., Rindrasih, E., Cemporaningsih, E., Marpaung, F., Raharjana, D. T., Brahmantya, H., & Wijaya. (2018). Membangun Pariwisata dari Bawah. Yogyakarta: UGM PRESS.
Henneberry, R. (2020). The Ultimate Guide to Digital Marketing. DigitalMarketer. https://www.digitalmarketer.com/digital-marketing/
Hutapea, P., & Thoha, N. (2008). Kompetensi Plus: Teori. Desain, Kasus Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis Utama.
Idrus, S. (2018). Perspektif Sumber Daya Manusia Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0.
Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (1st Edition). Kogan Page.
Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. Simon and Schuster.
Kotler, P., & Levy, S. J. (1969). Broadening the Concept of Marketing. Journal of Marketing, 33(1), 10–15. JSTOR. https://doi.org/10.2307/1248740
Liputan6.com. (2019). BP Batam Tingkatkan Skill SDM melalui Pelatihan Copywriting. liputan6.com. https://www.liputan6.com/news/read/40 78361/bp-batam-tingkatkan-skill-sdm- melalui-pelatihan-copywriting
Muchtar. (2013). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. GP Press Group.
Mukti, R. A. K. (2018). Aktivitas Promosi Desa Wisata dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan.
Nawawi, H., & Martini, M. (1996). Penelitian Terapan. Gadjah Mada University Press.
Nugraha, A.R., Perbawasari, S., Zubair, F., & Novianti, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Berbasis Potensi Wisata dan Kearifan Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1),123–132. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3546
Pitanatri, P. D., & Pitana, I. (2016). Digital Marketing in Tourism: The More Global, The More Personal. In A. S. Wiranatha, P. E. N. Kencana, I. K. G. Bendesa, I. N. D. Putra, & I. G. A. O. Suryawardani (Eds.), International Tourism Conference Promoting Cultural & Heritage Tourism. Udayana University.
Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20.
Satya, V.E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10(9). https://bikinpabrik.id/wp- content/uploads/2019/01/Info-Singkat- X-9-I-P3DI-Mei-2018-249.pdf
Setianingsih, W., & Syahrina, A. (2019, 2 Desember). Pelatihan Pemasaran Digital dengan Menggunakan Tools Facebook Ads Ala Dosen FRI. https://sie.telkomuniversity.ac.id/pelatih an-pemasaran-digital-dengan- menggunakan-tools-facebook-ads-ala- dosen-fri/
Stokes, R. (2013). eMarketing: The Essential Guide to Marketing in a Digital World (Fifth Edition). Quirk eMarketing (Pty) Ltd. https://open.umn.edu/opentextbooks/text books/14
Suhada, S. (2018). Disparbud Kabupaten Bandung Latih Milenial Penggemar Medsos jadi Digital Marketing Pariwisata. EL JOHN News. https://eljohnnews.com/disparbud- kabupaten-bandung-latih-milenial- penggemar-medsos-jadi-digital- marketing-pariwisata/
Sumbersalak, D. (2019, 2 Desember). Polije beri Pelatihan Komunikasi Efektif Bahasa Inggris untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan di Pokdarwis Damarwulan. Desa Sumbersalak. https://sumbersalak.desa.id/2019/12/poli je-beri-pelatihan-komunikasi-efektif- bahasa-inggris-untuk-tingkatkan- kunjungan-wisatawan-di-pokdarwis- damarwulan/
Tjiptono, F. (2012). Service Management. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649
WartaWisata.ID. (2020, 2 Juli). Kemenparekraf Gelar Pelatihan Penulisan Iklan Bagi 250 Pelaku Ekraf. Wartawisata.ID. https://wartawisata.id/2020/07/03/kemen parekraf-gelar-pelatihan-penulisan- iklan-bagi-250-pelaku-ekraf/
Winarno. (2010). Pengembangan Soft Skill dan Hard Skill Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 147–156.
Wiro. (2018). Pengaruh Promosi Di Instagram Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Di Pariwisata Puncak Mas Bandar Lampung (Thesis S2). Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. http://repo.darmajaya.ac.id/402/3
DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.60403
Article Metrics
Abstract views : 14190 | views : 12563Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Nasional Pariwisata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
| PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur Blok D-8, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281 Telp. (0274) 564138 Faks. (0274) 564138 Email: pusparjnp@ugm.ac.id |