PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WISATA KULINER KOTA SEMARANG DALAM PROGRAM ‘‘AYO WISATA KE SEMARANG”

https://doi.org/10.22146/jnp.59454

Riska Dwi Noviyanti(1*), T. Arie Setiawan(2), Martin Setyawan(3)

(1) Fakultas Teknologi Informasi - Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract


Kuliner merupakan salah satu jenis wisata yang banyak diminati oleh wisatawan, sehingga dibutuhkan media promosi untuk memperkenalkan kuliner yang menjadi ciri khas kota. Pemerintah Kota Semarang membentuk program Ayo Wisata ke Semarang demi mewujudkan pesona wisata dengan membahas jenis wisata di Kota Semarang termasuk wisata kuliner. Media promosi yang sudah ada di Kota Semarang berupa berita melalui video yang dikemas dengan durasi yang panjang dan dirasa kurang efektif. Melalui fakta tersebut, sehingga diperlukan sebuah media untuk mendukung promosi dan memberikan rekomendasi kuliner Kota Semarang berupa video promosi yang lebih memperkenalkan wisata kuliner Kota Semarang dengan menggunakan metode kualitatif dan strategi linier untuk mempromosikan wisata kuliner di Kota Semarang. Hasil video promosi telah dipublikasikan di akun resmi pemerintah Kota Semarang seperti youtube, instagram, dan facebook.


Keywords


Wisata, Kuliner, Ayo Wisata ke Semarang, Video, Promosi

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.59454

Article Metrics

Abstract views : 3018 | views : 2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Nasional Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, 

Bulaksumur Blok D-8, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281

Telp. (0274) 564138 Faks. (0274) 564138

Email: pusparjnp@ugm.ac.id