Membangun Promosi Pariwisata melalui Regram Studi Akun Instagram @Indtravel

https://doi.org/10.22146/kawistara.59146

Nimas Ayu Pranita Kusuma(1*), Heddy Shri Ahimsa-Putra(2), John Suprihanto(3)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Antropologi Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada
(3) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Regram adalah istilah yang digunakan pada media sosial Instagram untuk mendefinisikan unggah ulang konten. Strategi regram menjadi fenomena baru dalam promosi pariwisata. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menggunakan strategi tersebut pada konten promosi destinasi pariwisata tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena promosi pariwisata melalui konten regram. Penelitian ini menggunakan Analisis wacana untuk mendapatkan gambaran fenomena regram sebagai promosi pariwisata dan menggali dinamika komunikasi promosi pada akun Instagram @indtravel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membangun konten promosi sangat dipengaruhi oleh citra yang ingin ditampilkan. Akun @indtravel fokus pada destinasi branding dan customer sehingga konten regram ditujukan untuk menginspirasi audiens untuk berkunjung ke destinasi. 


Keywords


Regram; Promosi Pariwisata; Instagram; Indtravel.

Full Text:

PDF


References

Ankerson, M. S. (2015). ‘Social Media and the “Read-Only” Web: Reconfiguring Social Logics and Historical Boundaries’, Social Media and Society. SAGE Publications Ltd, 1(2). doi: 10.1177/2056305115621935.

Arora, A. et al. (2019). ‘Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram’, Journal of Retailing and Consumer Services, 49, pp. 86–101. doi: 10.1016/j.jretconser.2019.03.012.

Daugherty, T., Eastin, M. S. and Bright, L. (2008). ‘Exploring Consumer Motivations for Creating User-Generated Content’, Journal of Interactive Advertising. Informa UK Limited, 8(2), pp. 16–25. doi: 10.1080/15252019.2008.10722139.

Eriyanto.(2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Evans, D., McKee, J. and Bratton, S. (2010). Social media marketing: the next generation of business engagement. 1st ed. Indianapolis, Ind: Wiley Pub (Serious skills).

Fatanti, M. N. and Suyadnya, I. W. (2015). ‘Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand?’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, pp. 1089 – 1095. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.11.145.

Hanan, H. and Putit, N. (2013). ‘Express marketing of tourism destinations using Instagram in social media networking’, in Sumarjan, N. et al. (eds) Hospitality and Tourism: Synergizing Creativity and Innovation in Research. Leiden: CRC Press, pp. 471–478. doi: 10.1201/b16064-93.

https://www.instagram.com/malaysia.truly.asia diakses pada 22 Desember 2019

https://www.instagram.com/visit_singapore diakses pada 22 Desember 2019

https://www.instagram.com/tourismthailand diakses pada 22 Desember 2019

https://www.kemenparekraf.go.id/index.php/post/siaran-pers-prospek-cerah-target-pariwisata-2015-ditetapkan-sebesar-10-juta-wisman diakses tanggal 2 Juni 2020.

Hootsuite and We Are Social. (2019). Digital 2019 Global Digital Overview.

Kotler, P., Armstrong, G. and Opresnik, M. O. (2018). Principles of marketing. 17e, globa edn. New York: Pearson.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2016). Marketing management. 15th, global edn. Pearson (Always learning).

Lund, N. F., Cohen, S. A. and Scarles, C. (2018). ‘The power of social media storytelling in destination branding’, Journal of Destination Marketing and Management, 8, pp. 271–280. doi: 10.1016/j.jdmm.2017.05.003.

Magill, D. (2017). The influence of social media on the overseas travel choices of Generation Y. Cardiff Metropolitan University.

Shuqair, S. and Cragg, P. (2017). ‘THE IMMEDIATE IMPACT OF INSTAGRAM POSTS ON CHANGING THE VIEWERS’ PERCEPTIONS TOWARDS TRAVEL DESTINATIONS’, Asia Pacific Journal of Advanced Business and Social Studies. Asia Pacific Institute of Advanced Research (APIAR), 3(2). doi: 10.25275/apjabssv3i2bus1.

Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E. and Mawardi, M. K. (2016). ‘Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi serta Dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2), pp. 1–10.

Thelander, Å. and Cassinger, C. (2017). ‘Brand new images? Implications of instagram photography for place branding’, Media and Communication. Cogitatio Press, 5(4), pp. 6–14. doi: 10.17645/mac.v5i4.1053.



DOI: https://doi.org/10.22146/kawistara.59146

Article Metrics

Abstract views : 2366 | views : 2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nimas Ayu Pranita Kusuma, Heddy Shri Ahimsa-Putra, John Suprihanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kawistara is published by the Graduate School, Universitas Gadjah Mada.