Teknologi Pengolahan dan Pengemasan Produk Olahan Buah Naga Guna Peningkatan Jiwa Kewirausahaan Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Ciracas

https://doi.org/10.22146/jpkm.51960

Liszulfah Roza(1*), Nyai Suminten(2)

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan, memotivasi, dan mendorong jiwa kewirausahaan anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa anggota PKK tersebut belum pernah mendapatkan pelatihan tentang alternatif pengolahan buah naga, padahal buah naga kaya akan kandungan gizi dan beredar di pasaran dengan harga yang relatif murah. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pendampingan terhadap anggota PKK Kecamatan Ciracas dalam mengolah dan mengemas produk olahan buah naga sehingga memiliki nilai jual dan layak untuk dijual secara komersil. Selain itu, pelatihan ini juga dapat memacu serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan buah naga sebagai bahan baku produk home industri. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, sosialisasi, dan pelatihan. Pelatihan dimulai dengan memberikan informasi cara pengawetan buah naga melalui metode penggulaan, alternatif produk olahan buah naga, kategori produk yang sesuai dengan standar, informasi dan sosialisasi tentang pengemasan dan pelabelan yang tepat. Produk yang dihasilkan pada saat pelatihan ini berupa permen, sari buah, selai, keripik, sirup (biasa dan special grade), dan minuman instan buah naga. Evaluasi kegiatan dilakukan pada aspek input, proses, produk, dan kepuasan peserta. Kegiatan penelitian dalam pengabdian ini memberikan pengetahuan tentang potensi, manfaat, dan peluang usaha dari pengolahan buah naga karena sudah mampu memproduksi alternatif olahan buah naga secara mandiri.


Keywords


Buah naga; Olahan; Produk; Kewirausahaan; Pelatihan

Full Text:

PDF


References

AFRC Institute of Fruit Research. (1989). Home Preservation of Fruit and Vegetables. HMSO Publications Centre. London.

Anggraini, D. I., Supriyono, A., &Wahyu, S. L. (2013). Mineral dalam Buah Naga (Hylocereus Undatus (Haw.) Britt. & Rose) Sebagai Penurun Asam Urat. Jurnal Ilmiah Kehutanan, 5(1), 26-30.

Ariffin, Abdul Azis; Bakar, Jamilah; Tan, Chin Ping; Rahman, Russly Abdul; Karim, Roselina & Loi, Chia Chun. (2008). Essential fatty acids of pitaya (dragon fruit) seed oil. Food Chemistry, 114(2),561–564.

Buckle, K.A., R.A. Edward., G.H. Fleet, M. Wootton. (1987). Ilmu Pangan. Penerjemah Hari Purnomo dan Adiono. UI-Press. Jakarta.

Cruess, W.V. (1958). Commercial Fruit and Vegetable Products. Mc.Graw-Hill Co. New York.

Cahyono, B. (2009). Sukses Bertanam Buah Naga. Jakarta: Pustaka Mina.

Desrosier, N.W. (1988). Teknologi Pengawetan Pangan. Terj. Muchji Muljoharjo. Jakarta: UI Press.

Dewan Standarisasi Nasional.(1995). Standar Nasional Indonesia: Selai Buah. SNI 01-3746-1995.

Dewan Standarisasi Nasional. (1998). SNI 01-3544-1994: Sirup. Departemen Perindustrian. Jakarta.

Goel, R.K. (1975). Technology of Food Products: Small Business Publications. New Delhi.

Satuhu, S. (1994). Penanganan dan Pengolahan Buah. PT Penebar Swadaya. Jakarta.

Stintzing, F.C., Scheibe, A. And Carle, R. (2002). Betacyanin in Ftuit from Red Purple Pitaya (Hylocereus Polyrhizus) (Weber) Brintton and Rose. Food Chemistry, 77,101-106.

Wahyuni, R. (2011). Pemanfaatan Kulit Buah Naga Super Merah (Hylocereus costaricensis) sebagaiPewarna Alami Pada Pembuatan Jelly. Jurnal Teknologi Pangan, 2 (1): 1-5.

Wu, L.C., Hsu, H.W., Chen, Y.C., Chiu, C.C., Lin, Y.I. & Ho, J.A. (2006). Antioxidant and Antiproliferative Activities of Red Pitaya. Food Chem Istry, 95,319-327.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpkm.51960

Article Metrics

Abstract views : 5119 | views : 4671

Refbacks





Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

ISSN (print) 2460-9447ISSN (online) 2541-5883