HUBUNGAN PENGETAHUAN, PERSEPSI KUALITAS, DAN NIAT APOTEKER UNTUK MEREKOMENDASIKAN FITOFARMAKA
Kestri Harjanti(1*), Triana Hertiani(2), Sumarni Sumarni(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Apoteker yang mempunyai pengetahuan yang baik dan persepsi yang positif terhadap kualitas fitofarmaka diharapkan akan merekomendasikan produk fitofarmaka kekonsumen di apotek. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan
persepsi apoteker terhadap kualitas fitofarmaka, serta pengaruhnya terhadap niat merekomendasikan produk fitofarmaka. Penelitian
merupakan penelitian korelasional dengan instrumen berupa kuesioner. Responden adalah apoteker yang bekerja di apotek yang menjual fitofarmaka di Yogyakarta. Kuesioner terdiri dari 4 bagian yaitu karakteristik responden, pengetahuan fitofarmaka, persepsi
kualitas fitofarmaka, dan niat merekomendasikan produk fitofarmaka. Persepsi kualitas dan niat merekomendasikan diukur dengan
skala Likert. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi linier
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan apoteker di apotek kota Yogyakarta secara rata-rata adalah cukup (nilai mean 6,67). Persepsi apoteker tentang kualitas fitofarmaka adalah baik (positif) berturut-turut dari nilai dimensi tertinggi adalah keamanan, efikasi, ketersediaan, akseptabilitas, merek, dan harga. Pengetahuan apoteker tentang fitofarmaka memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas fitofarmaka. Pengetahuan dan persepsi apoteker tentang kualitas fitofarmaka masing–masing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat merekomendasikan produk fitofarmaka.
Kata kunci: fitofarmaka, pengetahuan, persepsi kualitas
Full Text:
PDFReferences
Alkharfy, K.M., 2010, Community Pharmacists Knowledge, Attitudes and Practices Towards Herbal Remedies in Riyadh, Saudi Arabia, Eastern Meditarian Health Journal, 16(9): 988-993.
Alsamdan, A.R., 1996, The Effect of Price on a Product’s Perceived Quality: The Case of Shopping Goods, Business Administration Dissertations, 78: 140-147.
Depkes RI, 2009, Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Duraz, A.Y. dan Khan, S.A., 2011, Knowledge, Attitudes and Awareness of Community Pharmacists Toward the Use of Herbal Medicines in Muscat Region, Oman Medical Journal, 26(6): 451- 453.
Lin, L.Y. dan Chen, C..S., 2006, The Influence of the Country-of-Origin Image, Product Knowledge and Product Involvement on Consumer Purchase Decisions: an Empirical Study of Insurance and Catering Services in Taiwan, Journal of Consumer Marketing, 23(5): 248-268.
Lis, C.G., Rodeghier,M. and Gupta, D., 2011, The Relationship between Perceived Service Quality and Patient Willingness to Recommend at a National Oncology Hospital Network, BMC Health Service Research,11 (46) : 1 - 8.
Mendrofa, Y.B., 2012, Effect of Product Knowledge and Brand Image to Purchase Intention with HP Laptop Brand Price Discounts as Variables Moderated in Surabaya, Jurnal Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 1(4): 1 -6.
Ruyter, K. dan Bloemer, J., 1997, Evaluating Health Care Service Quality: The Moderating Role of Knowledge, Journal of Consumer Satisfaction, Dissastisfaction and Complaining Behavior, 10: 43–50.
Sujarweni, V.W., 2012, SPSS Untuk Paramedis, 1st Ed, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.
Sumali, E.A., 2014, Pengaruh Perceived Quality dan Push Strategy terhadap Rekomendasi Minyak Gosok SanHong Cap Pida, Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1): 1–6.
Sweileh, W.M., Arrah, E.M.A., Taha, A.S.A., Sawalha, A.F., Salah, O.A.,Jamous, R.M., et al., 2013, Dispensing Practices, Attitudes and Knowledge of Pharmacists Toward Herbal Products in Palestine, Ibnosina Journal of Medicine and Biomedical Sciences, 5(3): 123-130.
DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.279
Article Metrics
Abstract views : 1750 | views : 2394Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.