HUBUNGAN PENGETAHUAN, PERSEPSI KUALITAS, DAN NIAT APOTEKER UNTUK MEREKOMENDASIKAN FITOFARMAKA

https://doi.org/10.22146/jmpf.279

Kestri Harjanti(1*), Triana Hertiani(2), Sumarni Sumarni(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Apoteker yang mempunyai pengetahuan yang baik dan persepsi yang positif terhadap kualitas fitofarmaka diharapkan akan merekomendasikan produk fitofarmaka kekonsumen di apotek. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan

persepsi apoteker terhadap kualitas fitofarmaka, serta pengaruhnya terhadap niat merekomendasikan produk fitofarmaka. Penelitian

merupakan penelitian korelasional dengan instrumen berupa kuesioner. Responden adalah apoteker yang bekerja di apotek yang menjual fitofarmaka di Yogyakarta. Kuesioner terdiri dari 4 bagian yaitu karakteristik responden, pengetahuan fitofarmaka, persepsi

kualitas fitofarmaka, dan niat merekomendasikan produk fitofarmaka. Persepsi kualitas dan niat merekomendasikan diukur dengan

skala Likert. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi linier

sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan apoteker di apotek kota Yogyakarta secara rata-rata adalah cukup (nilai mean 6,67). Persepsi apoteker tentang kualitas fitofarmaka adalah baik (positif) berturut-turut dari nilai dimensi tertinggi adalah keamanan, efikasi, ketersediaan, akseptabilitas, merek, dan harga. Pengetahuan apoteker tentang fitofarmaka memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas fitofarmaka. Pengetahuan dan persepsi apoteker tentang kualitas fitofarmaka masing–masing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat merekomendasikan produk fitofarmaka.

 

Kata kunci: fitofarmaka, pengetahuan, persepsi kualitas


Full Text:

PDF


References

Alkharfy, K.M., 2010, Community Pharmacists Knowledge, Attitudes and Practices Towards Herbal    Remedies in Riyadh,  Saudi Arabia, Eastern Meditarian Health Journal, 16(9): 988-993.

Alsamdan, A.R., 1996, The    Effect of Price on a Product’s Perceived Quality: The  Case of Shopping Goods, Business Administration Dissertations, 78: 140-147. 

Depkes RI, 2009, Peraturan     Pemerintah    No. 51     Tahun   2009   tentang Pekerjaan  Kefarmasian. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Duraz, A.Y. dan Khan,  S.A., 2011,   Knowledge,   Attitudes and Awareness of Community Pharmacists Toward the Use of Herbal Medicines in Muscat Region, Oman Medical Journal, 26(6): 451- 453.

Lin, L.Y. dan Chen, C..S., 2006, The   Influence   of   the   Country-of-Origin      Image, Product Knowledge and   Product  Involvement  on   Consumer Purchase Decisions: an Empirical Study of Insurance and Catering Services in Taiwan, Journal of Consumer Marketing, 23(5): 248-268.

Lis, C.G., Rodeghier,M. and    Gupta, D., 2011, The   Relationship   between Perceived Service Quality and Patient Willingness to   Recommend at  a National  Oncology  Hospital Network, BMC Health Service Research,11 (46) : 1 - 8.

Mendrofa, Y.B., 2012, Effect of  Product    Knowledge and   Brand Image to Purchase Intention with HP Laptop   Brand   Price Discounts as Variables Moderated in  Surabaya, Jurnal Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 1(4): 1 -6.

Ruyter, K. dan    Bloemer, J., 1997,    Evaluating     Health Care Service Quality: The Moderating Role of Knowledge, Journal    of Consumer Satisfaction,  Dissastisfaction and Complaining Behavior, 10: 43–50.

Sujarweni, V.W., 2012, SPSS Untuk Paramedis, 1st Ed, Penerbit Gava  Media, Yogyakarta.

Sumali, E.A., 2014, Pengaruh Perceived Quality dan Push Strategy terhadap Rekomendasi Minyak Gosok SanHong Cap Pida, Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1): 1–6.

Sweileh, W.M.,  Arrah, E.M.A., Taha, A.S.A.,   Sawalha,  A.F., Salah, O.A.,Jamous, R.M., et al.,   2013,   Dispensing   Practices,  Attitudes   and Knowledge  of Pharmacists Toward Herbal Products  in     Palestine,  Ibnosina   Journal    of Medicine and    Biomedical Sciences, 5(3):  123-130.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.279

Article Metrics

Abstract views : 260 | views : 362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats