STRATEGI PENGEMBANGAN INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT

https://doi.org/10.22146/jmpf.188

Sumarti binti Amrin(1*), Oetari Oetari(2), Satibi Satibi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan bertambah tingginya tuntutan dan harapan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan, maka perlu adanya
peningkatan pelayanan yang berkualitas oleh pihak penyedia jasa pelayanan kesehatan. Ini menunjukkan perlunya strategi rumah
sakit yang mampu beradaptasi atau mengendalikan faktor tersebut yang terus berubah, baik faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Sayang Rakyat Makassar, terhadap
lingkungan internal dan eksternal dengan analisis SWOT serta mengidentifikasi strategis alternatif yang diterapkan. Penelitian
menggunakan rancangan deskriptif kualitatif mengunakan kuesioner. Data kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Instalasi Farmasi diperoleh dengan observasi, dan in depth interview. Dari analisis SWOT diperoleh matriks SWOT berdasarkan External Factor Analysis Summary (EFAS) dan Internal Factor Analysis Summary (IFAS). Hasil penelitian menunjukkan Instalasi Farmasi RSU Sayang Rakyat Makassar berada pada kuadran dua dengan strategi diversifikasi dalam usaha menerapkan strategi pengembangannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang direncanakan adalah melakukan peningkatkan anggaran IFRS, penerapan sistem manajemen satu pintu, pengembangan sumber daya manusia baik kuantitas dan kualitas, fasilitas sebagai pendukung dalam kegiatan pelayanan farmasi, serta perlunya dilakukan studi banding dengan instalasi farmasi rumah sakit lain yang lebih unggul.


Kata kunci: strategi manajemen, pengembangan instalasi farmasi, SWOT


Full Text:

PDF


References

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek, Edisi revisi cetak 14: Penerbit Renika Cipta, Jakarta.

Depkes RI., 2009, Undang-Undang Republik Indonesia No.44 tentang Rumah Sakit, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kotler, P. Dan Keller, K., 2009, Manajemen Pemasaran. Jilid I.Ed.ke – 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Siregar, C.J.P., Amalia, L., 2003, Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan, Penerbit BukuKedokteran ECG, Jakarta.

Som, A. 2008, Innovative Human Resource management and Corporate Perfomance

in the Context of Economic Liberalization in India. The Internasional Journal of Human Resource Management, Vol.19, Hal 1278-1297.

Trisnantoro.L., 2005, Prinsip-prinsip Manajemen Strategi Rumah Sakit, MMPKUGM, Yogyakarta.

Vargo, S.L. Lusch, R.F. 2004, Evolving to a New Dominant Logic for Marketing, Journal of Marketing, Vol. 68. Hal 1-17.

Yusmanita., Pemberdayaan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pemerintah. (25 November 2011),http://www.tempo.co.id/medika/arsip/012003/top-1.htm.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.188

Article Metrics

Abstract views : 9955 | views : 39069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats