ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERSEDIAAN OBAT DI ERA JKN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

https://doi.org/10.22146/jmpf.348

Pulung Prabowo(1*), Satibi Satibi(2), Gunawan Pamudji(3)

(1) Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi, Solo
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi, Solo
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketersediaan obat sangat penting berhubungan erat dengan mutu pelayanan. Ketrersediaan obat merupakan pilar utama dalam menciptakan kepuasan pasien, dokter, tenaga kefarmasian. Ketersediaan obat yang baik membuat anggaran belanja semakin efisien dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peran dokter, tenaga kefarmasian dan pasien berpengaruh terhadap ketersediaan obat di RSUD dr.Soedono Madiun. Penelitian ini dilakukan di RSUD dr.Soedono Madiun. Metode pengambilan sampel dokter dan tenaga kefarmasian yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Sedangkan, sampel pasien diambil menggunakan tabel rumus issac dan michael. Variabel bebas penelitian yaitu dokter, tenaga kefarmasian dan pasien. Variabel tergantungnya adalah ketersediaan obat.  Data diperoleh dengan menyebarkan secara langsung kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan regresi linear dengan program komputer spss versi 22. Hasil uji R2 dan F secara berurutan diperoleh faktor dokter sebesar 0,706 dan 69,562, faktor tenaga kefarmasian sebesar 0710 dan 114,962, faktor pasien sebesar 0,945 dan 5660,020. Hasil uji bersama-sama faktor dokter, tenaga kefarmasian dan pasien sebesar 0,971 dan 293,447. Penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor dokter, faktor tenaga kefarmasian dan faktor pasien berpengaruh secara signifikan terhadap ketersediaan obat. Faktor dokter, tenaga kefarmasian dan pasien berpengaruh secara bersama-sama terhadap ketersediaan obat di era JKN pada RSUD dr.Soedono Madiun

Keywords


ketersediaan obat; dokter; tenaga kefarmasian; availability of drugs; doctor; pharmacy; JKN



References

Askur. 2012 . Analisis pengaruh kompetensi, iklim kerja, disiplin kerja dan beban kerja terhadap kinerja staf di IFRSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

Azwar Azrul., 1996, Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fitriani, S., Darmansyah., Abadi, M.Y., 2014, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Dokter Dalam Menuliskan Resep Sesuai Formularium Di Rsup Dr. Wahidin Sudirohusodo. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanudin, Makasar.

Oktaviani. A., Baroroh. F., 2015, Studi Pengelolaan Obat Sebelum Dan Sesudah JKN Di
Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta. Pharmaciana, Vol. 5 No.1, 2015.

Priyatno, 2010, Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Cetakan ke-1. Mediakom. Yogyakart.

Somantri. A. P., Sutrisna. EM., 2013, Evaluasi pengelolaan obat di instalasi farmasi “x”, Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Wasir., R., 2011, Evaluasi Pengadaan Dan Ketersediaan Obat Di Rs Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2011, Fakultas Farmasi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.348

Article Metrics

Abstract views : 12435 | views : 24643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats