Pengaruh Mobile Application for Mother’s Adaptation (MAMA) terhadap Pengetahuan dan Stres Ibu Hamil

https://doi.org/10.22146/jkkk.73654

Sarah Nikki Najah(1), Wiwin Lismidiati(2*), Widyawati Widyawati(3)

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Background: Pregnancy stress can occur if mother fails to adapt to changes during pregnancy. Stress can occur in individuals with low levels of knowledge due to lack of information acquisition, hence health education creates opportunities to increase knowledge. Mobile Application for Mother’s Adaptation (MAMA) is expected to deliver health education to avoid stress of pregnancy among mothers.
Objective: To determine the effect of health education through the use of MAMA application toward knowledge and stress during pregnancy.
Method: The study used a quasi-pretest-posttest nonequivalent control group experimental design. The study was conducted on 78 pregnant women at the Puskesmas Sleman and Ngaglik I. Inclusion criteria included pregnant mother in third trimester, had android phone, and agreed to be respondent. Knowledge questionnaire and pregnancy stress scale were distributed among respondents. Data was analysed using Independent t-test, Unpaired t-test, Wilcoxon, and Mann Whitney test.
Result: For knowledge mesurement, comparison test scores for pretest and posttest in the intervention group were 0,000 (p<0,5) and in the control group were 0,056 (p>0,05). For stress measurement, comparison test scores for pretest and posttest in the intervention group were 0,039 (p<0,05) and in the control group were 0.033 (p<0,05). The comparison test results of the knowledge scores between the intervention and control groups showed a significant difference (p=0,029). The comparison test results of the stress scores between two groups showed no significant difference (p=0,791).
Conclusion: MAMA application, as health education mean, affects knowledge score improvement. While, for stress score, the use of MAMA application has not contributed toward stress reduction of pregnant woman.

 

ABSTRAK

Latar belakang: Stres kehamilan dapat terjadi apabila ibu gagal beradaptasi terhadap perubahan selama kehamilan. Stres dapat terjadi pada individu dengan tingkat pengetahuan rendah karena kurangnya memperoleh informasi. Pendidikan kesehatan menciptakan peluang untuk meningkatkan pengetahuan. Aplikasi Mobile Application for Mother’s Adaptation (MAMA) diharapkan dapat menjadi media pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, sehingga ibu terhindar dari stres kehamilan.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui penggunaan aplikasi MAMA terhadap pengetahuan dan stres kehamilan.
Metode: Penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan pre-test post-test nonequivalent control group. Penelitian dilakukan pada 78 ibu hamil di Puskesmas Sleman dan Ngaglik I. Kriteria inklusi: ibu hamil trimester 3, memiliki handphone android, bersedia menjadi responden. Instrumen menggunakan kuesioner pengetahuan dan skala stres kehamilan. Analisis data menggunakan uji statistik Independent T-Test, Unpaired T-Test, Wilcoxon, dan Mann Whitney Test.
Hasil: Untuk pengukuran pengetahuan, nilai uji beda untuk pre-test dan post-test pada kelompok intervensi adalah 0,000 (p<0,5) dan pada kelompok kontrol adalah 0,056 (p>0,05). Untuk pengukuran stres, nilai uji beda pre-test dan post-test pada kelompok intervensi 0,039 (p<0,05) dan pada kelompok kontrol 0,033 (p<0,05). Hasil uji beda skor pengetahuan antara kelompok intervensi dan kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan (p=0,029). Hasil uji beda skor stres kedua kelompok menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan (p=0,791).
Simpulan: Penerapan MAMA sebagai sarana pendidikan kesehatan, berpengaruh terhadap peningkatan skor pengetahuan. Sedangkan untuk skor stres, penggunaan aplikasi MAMA belum memberikan kontribusi terhadap penurunan stres ibu hamil.


Keywords


kehamilan; mobile application; pendidikan kesehatan; pengetahuan; stres

Full Text:

PDF


References

  1. Cristina A, Ferreira L, Akerman P. Stress and Anxiety in Pregnant Women from a Screening Program for Maternal-Fetal Risks. Journal of Gynecology & Obstectrics. 2017; I(3): 1–4. Retrieved from http://www.scientificoajournals.org/pdf/jgo.1013.pdf
  2. Schoch-ruppen J, Ehlert U, Uggowitzer F, Weymerskirch N, Marca-ghaemmaghami P La. Women’s Word Use in Pregnancy : Associations with Maternal Characteristics, Prenatal Stress, and Neonatal Birth Outcome. Frontiers in Pstchology. 2018; 9: 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01234
  3. Lobel M, Schetter CD. Pregnancy and Prenatal Stress. Encyclopedia Mental Health. 2014; 3: 1–47.
  4. Sari WS. PuRelax (Pregnancy Auto-induced Relaxation) untuk Menurunkan Tingkat Stres Kehamilan pada Ibu Hamil Primipara Trimester III. Universitas Gadjah Mada. 2010.
  5. Bahrami N, Simbar M, Bahrami S. The Effect of Prenatal Education on Mother’s Quality of Life during First Year Postpartum among Iranian Women : A Randomized Controlled Trial. International Journal of Fertility And Sterility. 2013; 7(3): 169–174. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24520482.
  6. Hinonaung JSH. Pengaruh Pemberian Paket Kiat Sehat terhadap Pengetahuan dan Kecemasan pada Ibu Hamil di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Universitas Gadjah Mada. 2016
  7. Hidayati LN. Pengaruh Demonstrasi Massage Payudara terhadap Praktik Massage Payudara pada Ibu Postpartum di Puskesmas Padamara. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 2016.
  8. Sari VK. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Kecemasan Primigravida Trimester III di Puskesmas Wilayah Kota Bukit T Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2017.
  9. Dennis-Tiwary TA, Denefrio S, Gelber S. Salutary Effects of An Attention Bias Modification Mobile Application on Biobehavioral Measures of Stress and Anxiety during Pregnancy. Biological Psychology. 2017; 127: 148–156. https://doi.org/10.1016/j.biopsycho.2017.05.003.
  10. Bush NE, Skopp N, Smolenski D, Crumpton R, Fairall J. Behavioral Screening Measures Delivered with A Smartphone App: Psychometric Properties and User Preference. Journal of Nervous and Mental Disease. 2013 ­;201(11): 991–995. https://doi.org/10.1097/NMD.0000000000000039.
  11. Darmayanti N. Pengaruh Pemberian Informasi Melalui Diskusi Kelompok terhadap Penurunan Stres pada Wanita Hamil. Universitas Gadjah Mada. 1995.
  12. Wahyudi I. Pengaruh Metode Belajar Aktif dan Kartu Mandiri Ibu hamil terhadap Pengetahuan dan Sikap Antenatal Care (ANC) Ibu Hamil di kabupaten Bojonegoro. Universitas Gadjah Mada. 2013.
  13. Sukesih S. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Tanda Bahaya dalam Kehamilan di Puskesmas Tegal Selatan Kota Tegal. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. 2012.
  14. Damanik F, Restuastuti T, Noviardi. Tingkatan Pengetahuan Ibu Primigravida tentang Tanda Bahaya Kehamilan Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di Wilayah Kerja Puskesmas Rejosari. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2015; 2(2). retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFDOK/article/view/7206.
  15. Notoadmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.
  16. Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Manajemen Diabetes pada Kader Kesehatan. Jurnal Keperawatan Indonesia. 2012; 15(2): 123-188. http://dx.doi.org/10.7454/jki.v15i2.37.
  17. Cahyaningrum ED. Keterpaparan Informasi dengan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Penanganan Demam pada Anak. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad. 2018; XI(92): 37-44. Retrieved from https://jka.stikesalirsyadclp.ac.id/index.php/jka/article/view/111.
  18. Anisyah IN. Hubungan Sumber Informasi dengan Tingkat Pengetahuan tentang Menopause pada Ibu Usia 40-55 Tahun di Dusun Dabag Kelurahan Condong Catur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman DIY. Universitas 'Aisyiyah. 2012.
  19. Amaliah N. Pemakaian Aplikasi Mobile “Balita Sehat” Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Balita. Jurnal Buletin Penelitian Kesehatan. 2018; 46(3): 155–168. https://doi.org/10.22435/bpk.v46i3.880.
  20. Yulianto H P P. Pengaruh Penggunaan ANCY-CARE terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Anemia pada Ibu Hamil di Kota Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. 2019.
  21. Sundari N. Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Edu- 2013; 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.
  22. Ratiyun R. Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Aplikasi Android Sesi Bugar terhadap Pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa SMP di Kota Bengkulu. Yogyakarta. Repository UGM. 2018.
  23. Armini NKA, Dwi ER, Praba D. Musik Klasik Menurunkan Tingkat Stres dan Tekanan Darah Ibu Primigravida Trimester Ketiga. Jurnal Ners. 2008; 3(1): 72–76. http://dx.doi.org/10.20473/jn.v3i1.4984.
  24. Firth J, Torous J, Nicholas J, Carney R, Rosenbaum S. Can Smarthphone Mental Health Interventions Reduce Sympthoms of Anxiety? A Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Journal of Effective Disorder. 2017: 15-22. 218. https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.04.046.
  25. Hwang WJ, Jo HH. Evaluation of The Effectiveness of Mobile App-Based Stress-Mangemant Program: Randomized Controlled Trial. International Journal Enviromental Research and Public Health. 2019; 16(21): 1-13. https://doi.org/10.3390/ijerph16214270.
  26. Coelhoso CC, Tobo PR, Lacerda SS, Lima AH, Barrichello CR, Amaro EJ, Kozas EH. A New Mental Health Mobile App for Well-Being and Stress Reduction in Working Women: Randomized Controlled Trial. J Med Internet. 2019; 21(11). https://dx.doi.org/10.2196%2F14269
  27. Nursalam, Efendi F. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika: 2008.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.73654

Article Metrics

Abstract views : 711 | views : 552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sarah Nikki Najah, Wiwin Lismidiati, Widyawati



Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) 
collaborates with DPW PPNI DIY

Lisensi Creative Commons  

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) (p-ISSN: 2614-445, e-ISSN: 2614-498) indexed by: