Editorial Policies

Focus and Scope

JKKK adalah jurnal yang mempublikasikan hasil hasil penelitian dalam bidang keperawatan dan kesehatan yang berasal dari klinik dan komunitas.

Sub tema meliputi

  1. Keperawatan medikal bedah
  2. Keperawatan gawat darurat
  3. Keperawatan dasar
  4. Pendidikan dalam keperawatan
  5. Manajemen keperawatan
  6. Keperawatan maternitas
  7. Keperawatan anak
  8. Keperawatan jiwa
  9. Keperawatan komunitas
  10. Kesehatan

Tipe artikel yang dipublikasikan adalah artikel penelitian dapat berupa hasil penelitian, studi protocol, review dan hasil uji psikometrik.

 

Naskah yang dimuat telah melalui proses review oleh para pakar keperawatan dan kesehatan dari institusi pendidikan tinggi keperawatan dan kesehatan dan institusi pelayanan kesehatan di Indonesia.

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Editorial

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Daftar Isi

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Panduan Penulisan

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan dan Proses Mitra Bebestari

ü Proses review akan dilakukan paling lambat selama 2 minggu.

ü Apabila mitra bebestari yang ditunjuk tidak dapat menelaah naskah dalam waktu yang ditentukan atau menolak melakukan telaah naskah, diharapkan segera memberi tahu redaksi dan menunjuk/memberikan nama mitra bestari potensial lainnya berdasarkan pertimbangan keilmuan

ü Naskah yang sudah direview dikirimkan kembali kepada dewan redaksi untuk kemudian diteruskan kembali kepada penulis. Jika hasil keputusan reviewer adalah revisi minor atau mayor maka penulis akan memperbaiki penulisan dan mengirimkan kepada redaksi paling lambat 2 minggu. Namun jika rekomendasi reviewer adalah menolak naskah (reject), maka penulis berhak untuk mengajukan keberatan dan meminta peninjauan kembali oleh mitra bebestari atau dewan redaksi. Dewan redaksi akan memilih mitra bebestari yang lain atau langsung mengambil keputusan melihat rekomendasi yang telah diusulkan.

ü Mitra bebestari tidak berhak merubah naskah; editor berhak merubah naskah apabila dipandang perlu misalnya mempersingkat isi naskah atau menghilangkan tabel atau gambar yang tidak perlu.

ü Nama semua reviewer yang semula anonym saat proses penelaahan naskah pada halaman akhir tiap edisi akan didaftar dan diumumkan melalui ucapan terima kasih (acknowledgement) dari dewan redaksi.

 

Tugas Mitra Bestari

ü Melakukan telaah terkait isi naskah khususnya topik penelitian dan metodologi penelitian

ü Melakukan koreksi minor maupun mayor terkait naskah yang ditelaah

ü Memberi saran yang jelas bagi penulis dan editor

ü Memberikan rekomendasi apakah naskah diterima tanpa revisi, revisi minor atau mayor atau menolak naskah dengan alasan yang jelas

ü Mengisi lembar evaluasi naskah dengan lengkap

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.