Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Keperawatan Klinik dan Komunitas?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guidelines

a. Penulisan Judul, Nama dan Alamat Penulis
  1. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tidak lebih dari 16 kata, dengan font Arial, ukuran font 11, cetak tebal, kapital hanya pada awal kata.
  2. Nama pengarang tidak disertai gelar.
  3. Instansi / afiliasi ditulis dengan jelas, terdiri dari departemen atau program studi sampai universitas.
  4. Untuk corresponding author tuliskan nama corresponding author, alamat lengkap beserta kode pos, nomor telepon, dan email.

b. Penulisan Abstrak

  1. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang baik dan benar.
  2. Abstrak dalam Bahasa Inggris diharapkan telah melalui proses translasi dan editing oleh translator yang berwenang (sworn translator) terlebih dahulu untuk meyakinkan kualitas Bahasa Inggris yang digunakan.
  3. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ditulis tidak lebih dari 250 kata, dan menyertakan 3-5 kata kunci. Font abstrak Arial, dengan ukuran 10 dan spasi 1. Tulisan abstrak terletak di tengah, sementara isi dari abstrak ditulis rata kanan kiri.
c. Isi dan struktur Naskah
  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  2. Naskah ditulis menggunakan Microsoft Word dengan ukuran font Arial 11, ukuran kertas A4, margin (kanan, kiri, atas, bawah) 2,5 cm, satu kolom, spasi 1,5 dan jumlah kata adalah 4000 - 5000 kata (termasuk gambar dan tabel).
  3. Struktur isi naskah adalah 
  • Pendahuluan berisikan latar belakang pentingnya penelitian ini dilakukan. Pendahuluan dilengkapi rumusan masalah dan pada kalimat terakhir pendahuluan dituliskan tujuan dari penelitian tanpa ada heading.
  • Metodeberisikan desain penelitian yang dilakukan untuk menjawab masalah sesuai tujuan penelitian. waktu dan durasi kegiatan penelitian yang dilakukan. Selain itu, metode juga berisikan teknik pengumpulan data termasuk populasi, sample, instrument, validitas dan reliabilitas instrument. Teknik analisis data yang telah didapatkan dituangkan dalam bagian ini.  Ethical approvaltermasuk pemberian informed consent dari komisi etik. Semua elemen di atas dibuat dalam bentuk narasi tanpa subheading. Setiap elemen dapat membentuk satu paragraph atau lebih. 
  • Hasil harus disajikan dengan tepat dan temuan asli harus dinyatakan dengan jelasHasil dari penelitian dapat dituangkan dalam bentuk tabel, grafik atau gambar disertai penjelasan/narasi tanpa mengulang isi tabel.. Untuk ketentuan penulisan tabel, grafik dan gambar dijelaskan pada poin 5. Diskusi, spekulasi dan interpretasi data secara detail tidak dimasukan dalam hasil, tetapi masuk dalam bagian pembahasan.
  • Pembahasanmencakup hasil diskusi utama dan ditambah dengan hasil tambahan yang menarik untuk dibahas. Pembahasan harus menekankan pada hasil temuan terbaru.Diskusi diperkuat dengan referensi penelitian sebelumnya.Tuliskan keterkaitan antara hasil dengan konteks populasi target dan kemungkinan generalisasi ke populasi lain.
  • Kesimpulanmemuat jawaban dari tujuan penelitian disertai saran yang sesuai dengan hasil utama dari penelitian tersebut. 
  • Ucapan Terima Kasihdiberikan kepada pihak yang memberikan bantuan selama penelitian. Jika terdapat conflict of interest harus ditulis dengan jelas. Conflict of interest merupakan adanya hubungan keuangan, komersil, hukum atau professional diantara peneliti dengan perusahaan atau sponsor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Sertakan sumber dana dari penelitian ini (contoh : hibah penelitian dari universitas atau perguruan tinggi).
  • Daftar Pustaka dituliskan dalam format Vancouver style. Angka sitasi berupa superscript, tanpa diberi kurung (Contoh 1). Angka sitasi diakhir kalimat dituliskan setelah tanda titik dan tanpa spasi (Contoh 2). 

Contoh 1:  Warsini2menyebutkan bahwa korban bencana yang tinggal di lingkungan yang rusak dapat menyebabkan perasaan distress.

Contoh 2: di akhir kalimat: Albrecht has created the term solastalgia to describe the set of feelings and state of mind identified in people who live in damaged landscapes.11

d. Gambar, grafik dan tabel berjumlah tidak lebih dari 7 dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Gambar dan grafik dalam naskah, hanya digunakan untuk menerangkan hal-hal yang tidak mudah diterangkan dalam teks. Gambar dan grafik ditampilkan menjadi satu dalam teks, bukan lampiran. Gambar/ gambar yang dapat diterima yaitu foto / gambar dengan resolusi minimal 300 dpi dengan ekstensi JPEG (.jpg). Judul gambar atau grafik diletakkan di bawah gambar atau grafik dengan ukuran font 9 dengan spasi 1 ditulis di tengah (contoh 3).
  2. Tabel dibuat spasi 1, tidak ada garis vertical di dalam tabel. Judul tabel diletakkan di atas tabel dengan ukuran font 9 ditulis di tengah (contoh 4).

Contoh 3: Gambar/grafik

 

e. Naskah yang tidak memenuhi kriteria penulisan JKKK akan dikembalikan ke penulis tanpa melalui penyuntingan oleh mitra bestari.

f. Naskah sudah dalam keadaan siap direview sehingga sudah tidak memiliki track changes.

g. Penulisan Daftar Pustaka

Penulis Bab (Chapter) dalam Buku

Feldman, J.N., Tilling, R.I. Chapter 15: Volcanic Eruptions, Hazards, and Mitigation. Volcano Hazards.  Wilderness Medicine. 6 ed. Philadelphia: Mosby Elsevier; 2011.

Penulis Buku Perseorangan

Nunnaly, J.C., Bernstein, I.H. Psychometric theory New York: McGraw-Hill; 1994.

Editor sebagai penulis

Schofield, M. editor. Sampling in Quantitative Research. 2 ed. French Forest, New South Wales: Pearson education; 2003.

Artikel dalam Jurnal

Albrecht, G. ‘Solastalgia’: A New Concept in Health and Identity. Philosophy Activism Nature. 2005(3):41-55.

World wide web (www)

Department of Health. Lupus Erimatrosus: Guidance for healthcare workers [homepage on the internet].c2003. [updated 2003 Mar 23; cited 2003 Nov 9]. Available from http://www.doh.gov.uk/pdfs

Paper dalam Prosiding conference/seminar

Warsini , S., Kanbara, S., Alim, S. The Health Problems Among Jogjakarta’s Survivors After Java Earthquake.  Paper presented at IWSDN 2010. Proceedings of The First Research Conference of World Society of Disaster Nursing; 2010 Jan 9-10; Kobe, Japan.

Poster dalam conference

Chasman, J., Kaplan, R.F. The effects of occupation on preserved cognitive functioning in dementia. Poster session presented at: Excellence in clinical practice, 4th Annual Conference of the American Academy of Clinical Neuropsychology; 2006 Jun 15–17; Philadelphia, PA.

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 250000.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.