Pengaruh Pendidikan Kesehatan Audiovisual terhadap Tingkat Aktivitas Fisik pada Populasi Berisiko Sindrom Metabolik di Wilayah Kerja Puskesmas Turi

https://doi.org/10.22146/jkkk.44262

Sri Rahayu(1*), Sri Mulyani(2), Melyza Perdana(3)

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Keperawatan Jiwa dan Komunitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Keperawatan Medikal Bedah, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Background: Changes in unhealthy lifestyle and behavior, such as changes in patterns of food consumption and lack of physical activity, may increase the risk of metabolic syndrome. In order to reduce metabolic syndrome risk , promotional efforts such as health education with audiovisual media, may promote a higher level of physical activity.
Objective: To determine the effect of health education with audiovisual media toward physical activity level among the metabolic syndrome risk-population in the working area of Turi Community Health Center (Puskesmas), Sleman.
Method: This research was a quasi-experiment with a nonequivalent pre-test and post-test design control group. Participants in this research were 80 people who lived in Turi, which 38 people allocated in the intervention group and 42 people in the control group. An intervention used in this study was audiovisual media while the control group received booklet. This questionnaire used in this study was a questionnaire of physical activity GPAQ. T-test was used to determine the effect of audiovisual to physical activity before and after health education which was measured two weeks after the intervention.
Result: Health education with audiovisual media affected the level of physical activity in the treatment group (p= 0,001) and the provision of booklets did not affect the physical activity of the control group (p= 0,326). There were differences in physical activity after the intervention between the groups that were given health education using audiovisuals compared to the provision of booklets (p= 0,001).
Conclusion: There is an effect of audiovisual health education toward the level of physical activity on the metabolic syndrome risk-population.

 

ABSTRAK

Latar Belakang: Perubahan gaya hidup dan perilaku tidak sehat, seperti perubahan pola makan dan berkurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kejadian sindrom metabolik. Upaya promotif seperti pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas fisik dalam rangka mengurangi risiko kejadian sindrom metabolik.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual terhadap tingkat aktivitas fisik pada populasi risiko sindrom metabolik di wilayah kerja Puskesmas Turi Sleman.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan teknik non-equivalent pretest posttest design control group. Responden penelitian ini adalah masyarakat wilayah Turi yang berjumlah 80 orang yaitu 38 orang pada kelompok perlakuan dengan intervensi pendidikan kesehatan melalui media audiovisual dan 42 orang di kelompok kontrol dengan intervensi pendidikan melalui media booklet. Penelitian ini menggunakan kuesioner aktivitas fisik GPAQ. Analisis data menggunakan paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh audiovisual terhadap aktivitas fisik sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan yang diberi jarak selama dua minggu.
Hasil: Pendidikan kesehatan dengan media audiovisual berpengaruh (p=0,001) terhadap aktivitas fisik pada kelompok perlakuan dan pemberian booklet tidak berpengaruh pada aktivitas fisik kelompok kontrol (p=0,326). Terdapat perbedaan aktivitas fisik setelah dilakukan tindakan antara kelompok yang diberikan pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual dibandingkan pemberian booklet (p=0,001)
Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual terhadap tingkat aktivitas fisik pada populasi berisiko sindrom metabolik.


Keywords


aktivitas fisik; audiovisual; populasi berisiko; sindrom metabolik

Full Text:

PDF


References

  1. International Diabetes Federation (IDF): Worldwide Definition of The Metabolic Syndrome; 2006.
  2. World Health Organization (WHO): Global Recommendations on Physical Activity for Health. Geneva, Switzerland: WHO; 2010.
  3. Wirakmono: Sindrom Metabolik. Jurnal Kedokteran Indonesia. 2006;35(10):10–26.
  4. Mukai N, Doi Y., Ninomiya T., Hata J., Yonemoto K., Iwase M. Impact of Metabolic Syndrome Compared to Impaired Fasting Glucose on The Development of Type 2 Diabetes in a General Japanese Population: The Hisayama Study. Care Diabetes Journals. 2009;32(12):2288-2293.
  5. Kaur, J. A Comprehensive Review on Metabolic Syndrome. Cardiology Research and Practice. 2014; 1–21. http://doi.org/10.1155/2014/943162
  6. Segula, D. Complications of Obesity in Adults: A Short Review of The Literature. Malawi Medical Journal. 2014;26(1):20-24.
  7. Sihombing, M., Tjandrarini D.H. Faktor Risiko Sindrom Metabolik pada Orang Dewasa di Kota Bogor. Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research). 2015;38:21–30.
  8. Dandona, P., Aljada A., Chaudhuri A., Mohanty P., Garg R . Metabolic Syndrome: A Comprehensive Perspective Based on Interactions Between Obesity, Diabetes, and Inflammation. Circulation. 2005; 111:1448-1545.
  9. PERKENI. Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. 2011.
  10. Bankoski, A., Harris T.B., McClain J.J., Brychta R.J., Caserotti P., Chen K.Y., Berrigan D., Troiano R.P., Koster A. Sedentary Activity Associated with Metabolic Syndrome Independent of Physical Activity. Diabetes Care. 2011;34:497–503.
  11. Hastert, A., Theresa., Gong, Jian., Campos, Hannia., Baylin, Ana. Physical Activity Patterns and Metabolic Syndrome in Costa Rica. Preventive Medicine: Elsevier. 2015;70:39-45.
  12. World Health Organization (WHO). Global Status Report on Non-communicable Diseases. Geneva, Swizerland: WHO; 2013.
  13. Yoga, A. Hubungan antara Empat Pilar Pengelolaan Diabetes Mellitus dengan Keberhasilan Pengelolaan Diabetes Mellitus Tipe 2. Skripsi. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro; 2011.
  14. World Health Organization (WHO). Physical Inactivity: A Global Public Health Problem. Geneva, Switzerland: WHO; 2015.
  15. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Riset Kesehatan Dasar 2007. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta: Kemenkes RI; 2013.
  16. Riskesdas. Riset Kesehatan Dasar D.I. Yogyakarta. D.I. Yogyakarta: Dinkes DIY; 2013.
  17. Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.
  18. Pratama, R.K.O. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku tentang Kebiasaan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SDN 1 Mandong [Skripsi]. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.
  19. Sari, I.P.T.P. Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 2013; 9(2):141-147.
  20. Astuti, Eka Kurnia. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Kelas III-IV di SD Negeri Wanurojo Kemiri Purworejo [Skripsi]. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah; 2014.
  21. Yusyaf, SR. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Pendidikan Individual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga tentang Demam Berdarah Dengue. Skripsi. Riau: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau; 2013.
  22. Haryoko, Sapto. Efektivitas Pemanfaatan Media Audiovisual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi. 2009.
  23. Wirawan, Susilo., Abdi, Lalu Khairul., Sulendri, Ni Ketut Sri. Penyuluhan dengan Media Audiovisual dan Konvensional terhadap Ibu Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Kemas. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2014.
  24. Rahmawati, Ira. Sudargo, Toto. Paramastri, Ira. Pengaruh Pendidikan dengan Media Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Ibu Balita Gizi Kurang dan Buruk di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2007;4(2): 69-77.
  25. Dewi, Sri. Efektifitas Pendidikan Kesehatan tentang Nutrisi dan Perawatan Luka dengan Video terhadap Luka Sesar [Tesis]. Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia; 2012.
  26. Farrell, E. H., Whistance, R. N., Phillips, K., Morgan, B., Savage, K., Lewis, V., … Edwards, A. Systematic Review and Meta-Analysis of Audiovisual Information Aids for Informed Consent for Invasive Healthcare Procedures in Clinical Practice. Patient Education and Counseling. 2014;94(1): 20–32.
  27. Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.
  28. Aryzki, S., Alfian, R. Pengaruh Brief Counseling terhadap Aktivitas Fisik pada Pasien Hipertensi di RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin. Jurnal Sains Farmasi dan Klinis. 2016;3(1): 84-90.
  29. Utami, Handayani. Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Media Audiovisual Compact Disk (CD) Penelitian Tindakan Kelas VIIF SMPN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011 [Skripsi]. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret; 2010.
  30. Sedo, Cori Valentina. Pengaruh Penyuluhan tentang Obesitas Menggunakan Media Audiovisual dan Diary Edukatif terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perubahan Berat Badan (IMT) Remaja Obes di Kota Yogyakarta [Skripsi]. D.I. Yogyakarta: Program Studi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2010.
  31. Piziak, Veronica. The Development of Bilingual Interactive Video to Improve Physical Activity and Healthful Eating in a Head Start Population. International Journal of Environment Research and Public Health. 2014;11:13065-13073.
  32. Wojcicki, Thomas R., Fanning, Jason., Awick, E.A., Olson, E.A., Motl, R.W., McAuley, E. Maintaenance Effects of a DVD-Delivered Exercise Intervention on Physical Function in Older Adults. Journals of Gerontology:Medical Sciences. 2014;70(6):785-789.
  33. Abdullah, I.R. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Balita Gizi Kurang dan Buruk di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah [Tesis]. D.I. Yogyakarta: Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada, tidak diterbitkan; 2007.
  34. Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Cetakan ke 15. Jakarta: Rajawali Pers; 2011.
  35. Paul. Dales cone of learning figures debunked, update 2010. 2010 [diakses pada 7 Mei 2017]. Diakses dari:http://www.brainfriendlytrainer.com/theory/dale%E2%80%99s-cone-of-learning-figures-debunked.
  36. Barani, G., Mazandarani O., Rezaie S.H.S. The Effect of Application of Picture Into Picture Audiovisual Aids on Vocabulary Learning of Young Iranian ELF Learners. Procedia Social and Behavioral Sciences. 2010;2: 5362-5369.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.44262

Article Metrics

Abstract views : 1552 | views : 1609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sri Rahayu, Sri Mulyani, Melyza Perdana



Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) 
collaborates with DPW PPNI DIY

Lisensi Creative Commons  

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://ebphtb.acehtimurkab.go.id/css/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/

https://elicer.com.br/wp-content/kt/

http://koe.polywatch.com.my/

https://rx8.mywow2.com/wp-includes/css/

http://mundotvonline.medianewsonline.com/wp-includes/css/