Penerapan Vedika di RSUD dr. H. Jusuf SK Tahun 2022

https://doi.org/10.22146/jkki.88792

Rizki Agustino(1*), Andreasta Meliala(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan optimalisasi proses verifikasi klaim, BPJS Kesehatan membentuk sistem verifikasi klaim digital yang disingkat VEDIKA. Sejak diimplementasikannya sistem Vedika pada tahun 2018, terdapat peningkatan jumlah klaim yang dipending setelah implementasi Vedika di RSUD dr. H. Jusuf SK. Sampai saat ini masih belum ada evaluasi mengenai implementasi Vedika yang telah berjalan lebih dari 5 tahun, baik dari pihak RSUD dr. H. Jusuf SK maupun dari pihak BPJS Kesehatan Cabang Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Studi Kasus. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam. Data sekunder berupa telaah dokumen pendukung. Dalam pelaksanaan Vedika di RSUD dr. H Jusuf SK Kota Tarakan tahun 2022 terdapat permasalahan klaim yang menyebabkan klaim tidak dibayarkan. Faktor penyebab permasalahan klaim yang paling sering ditemukan adalah faktor verifikator, aplikasi Vedika dan kelengkapan dokumen klaim yang diajukan. Temuan ini dapat menjadi masukan untuk BPJS Kesehatan agar bisa menyeragamkan cara verifikasi yang dilakukan oleh masing-masing verifikator agar hasil verifikasi tidak jauh berbeda. BPJS Kesehatan juga dituntut untuk memperbaiki aplikasi agar permasalahan dalam penerapan Vedika bisa berkurang. Temuan ini juga menjadi masukan bagi RS untuk menyusun dan mengembangkan rekam medis elektronik untuk meminimalisir permasalahan klaim yang disebabkan oleh rekam medis. Dalam penerapan Vedika di RSUD dr. H Jusuf SK Kota Tarakan tahun 2022, ditemukan bahwa masih terdapat klaim-klaim yang ditunda pembayarannya yang disebabkan oleh adanya kasus readmisi, ketidaksesuaian kode diagnosa dan prosedur serta kasus yang masuk dalam penjaminan pihak lain. Selain itu Verifikator BPJS Kesehatan memiliki persepsi yang berbeda-beda terkait proses verifikasi klaim, sehingga hasil verifikasi akan berbeda pada masing-masing verifikator.

Full Text:

PDF


References

  1. Hidayat F. Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan. Deepublish; 2020 Mar 1.
  2. Stephanie M. Analisis Kesiapan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Mencapai Keberhasilan Implementasi Sistem Verifikasi Digital Klaim (VEDIKA) Pada Pelayanan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di RS. ST. Carolus (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada); 2019.
  3. Wahyuni Y, Suharyo S. Analisis Implementasi Verifikasi Digital Klaim (Vedika) Dengan Kejadian Tertundanya Klaim Bpjs Kesehatan Pada Bulan Januari, Februari Dan Maret 2019 Di Rs Panti Rahayu Purwodadi. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2020 Jun 18;18(2).
  4. Santiasih WA, Simanjorang A, Satria B. Analisis penyebab pending klaim BPJS Kesehatan rawat inap di RSUD Dr. RM Djoelham Binjai. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 2022 Mar 11;7(2):1381-94.
  5. Susan FO, Arso SP, Wigati PA. Analisis Administrasi Klaim Jaminan Kesehatan Nasional Rawat Jalan RSUD Kota Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2016 Nov 1;4(4):32-42.
  6. Alvianitasari EF, Jati SP, Fatmasari EY. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Verifikasi di Kantor (Vedika) BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum William Booth Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip). 2018 Jul 26;6(4):10-7.
  7. Irmawati I, Kristijono A, Susanto E, Belia Y. Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-Syarat Pengajuan Klaim Di RSUD RA Kartini Jepara. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan. 2018 Mar 9;1(1):45-51.
  8. Tambunan S, Putra DH, Indawati L, Fannya P. Tinjauan faktor penyebab klaim BPJS Kesehatan rawat inap tertunda di RSUD Tarakan. COMSERVA. 2022 Feb 28;1(10):816-23.
  9. Sulaimana A, Meliala A, Hendrartini J. Pengembalian Berkas Klaim Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management). 2017;22(1).
  10. Putri NK. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim Bpjs Kesehatan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Tahun 2019 (Doctoral dissertation, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya); 2019.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.88792

Article Metrics

Abstract views : 576 | views : 526

Refbacks



Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
 Web
Analytics View My Stats