Perspektif Masyarakat Terhadap Kebijakan Kenaikan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional

https://doi.org/10.22146/jkki.86607

Shelvy Haria Roza(1*), Ayulia Fardila Sari(2), Syafrawati Syafrawati(3)

(1) Universitas Andalas
(2) Universitas Andalas
(3) Universitas Andalas
(*) Corresponding Author

Abstract


Adanya perubahan kebijakan pemerintah mengenai kenaikan iuran jaminan kesehatan nasional dalam beberapa kali mengakibatkan terjadinya perspektif positif dan negatif dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perspektif masyarakat terhadap kenaikan iuran JKN bagi peserta mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Lokasi penelitian di fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kota Padang, yaitu Puskesmas, Klinik, Praktek Bidan, Populasi adalah peserta mandiri JKN di Kota Padang dengan jumlah sampel 100 orang yang dipilih secara simple random sampling. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner.Variabel independen meliputi penghasilan, kelas JKN, dan pengetahuan sedangkan variabel dependen adalah perspektif kenaikan iuran. Analisis data secara univariat, dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian adalah sebagian besar responden menyatakan  perspektif negatif dengan kenaikan besaran iuran JKN, dimana perspektif negatif terbesar pada responden kelompok dewasa dan berpendidikan tinggi. serta responden yang berada pada kelas III. Adanya kebijakan iuran JKN ini menimbulkan perspektif negatif dari masyarakat pada JKN. Ada hubungan yang bermakna antara penghasilan, pekerjaan terhadap perspektif kenaikan iuran JKN. Perlunya kajian ulang dalam mengidentifikasi pendapatan keluarga terhadap kelas pembayaran JKN.


Keywords


Perspektif, Policy, Premi, JKN, Insurance

Full Text:

PDF


References

BPJS Kesehatan. 2020. Kepesertaan JKN- KIS. 2020 BPJS Kesehatan. 2018. Hasil Pertemuan dan Tindak Lanjut Review Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta2018. BPJS Kesehatan. 2017. Hasil Kepersertaan JKN-KIS. Jakarta:2017 Braveman P, & Gruskin, S. 2018. Definiting equity in health. Journal of epidemiology and Community Health. 2003; 57 (4): 254-8. Dartanto, T., Halimatussadiah, A., Rezki, J. F., Nurhasana, R., Siregar, C. H., Bintara, H., . . . Soeharno, R. (2020). Why Do Informal Sector Workers Not Pay the Premium Regularly? Evidence from the National Health Insurance System in Indonesia. Applied Health Economics and Health Policy, 18(1), 81-96. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s40258-019-00518-y. doi:https://doi.org/10.1007/s40258-019-00518-y Dewan Jaminan Sosial Nasional. (2012). Peta Jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional 2014- 2019. Jakarta: Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Donabedian, A. (2003). An Introduction to Quality Assurance in Health Care. Oxford: Oxford University Press. Gidey, M. T., Gebretekle, G. B., Hogan, M.-E., & Fenta, T. G. (2019). Willingness to pay for social health insurance and its determinants among public servants in Mekelle City, Northern Ethiopia: a mixed methods study. Cost Effectiveness and Resource Allocation, 17(1), 2. Retrieved from https://resource-allocation.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12962-019- 0171-x. doi:https://doi.org/10.1186/s12962-019-0171-x Hasibuan, R.2019. Gambaran Respon Peserta JKN Mengenai Kenaikan PremiPada Dua Puskesmas Kota Medan Tahun 2019. Contagion :Scientific Periodical of Public Health and Coastal Health1(2)(2020) ISSN :http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/contagion Mnally LP. 2013. Determinants of health insurance participation among informal sector workers in rural Tanzania [Doctoral dissertation]: Sokoine University of Agriculture; 2013. Nurhasana, R., B. Hidayat, Pujiyanto, & T. Dartanto. (2019). Does JKN Member’s Satisfaction on Healthcare Services Correlate with Sustainability of Premium Payment? Evidence from the Behavior of Self-Enrolled Member in Greater JakartaArea. Paper presented at the The 3rd International Meeting of Public Health and The 1st Young Scholar Symposium on Public Health. https://knepublishing.com/index.php/KnE-Life/article/download/3733/7734 Retnaningsih, Hartini, 2021. Operational Improvement On Data Validation And Verification Of Health Insurance Assistance Beneficiaries In Indonesia: An Overview Of Accountability/Governance Perspective. Psychology and Education Journal 58 (1), 2236-2247 Roza, Shelvy Haria. 2020. Capaian Sasaran Keadilan Sosial dalam Layanan Jantung di Kota Padang. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. Seksi SDMK dan Jamkes. 2019. Laporan Tahunan JKN Tahun 2018. Padang; 2019 Soerianata, S, Parlindungan M, Isfanuddin N, Doni F, Sodiqur R, Nahar T, dkk. 2018. Pedoman Cathlab. Jakarta : Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Wijayanti, L., Nur, Z., Laraswati, D., & Pimada, L. (2020). Dampak Kebijakan Kenaikan Iuran BPJS terhadap Pengguna BPJS. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 58-68. Retrieved from http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/isoquant/article/view/318/313. doi:https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.318 Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.86607

Article Metrics

Abstract views : 1432 | views : 599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
 Web
Analytics View My Stats