Kepuasan Pasien Imobilisasi dalam Pemenuhan Personal Hygiene Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan

https://doi.org/10.22146/jkesvo.30335

Pomarida Simbolon(1*), Magda Siringo-ringo(2)

(1) STIKes Santa Elisabeth Medan
(2) STIKes Santa Elisabeth Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Personal hygiene merupakan perawatan diri manusia dalam memelihara kesehatannya untuk meningkatkan kenyamanan, kesehatan dan keamanan demi kesejahteraan fisik dan psikis terutama pada pasien imobilisasi. Setiap tindakan keperawatan, yang diberikan perawat harus memperhatikan kepuasan pasien karena merupakan salah satu indikator bagi pasien untuk mengetahui kualitas pelayanan melalui tingkat kepuasan.
Tujuan: Untuk mengetahui kepuasan pasien imobilisasi dalam pemenuhan personal hygiene yang dilakukan oleh perawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.
Metode: Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan metode penilaian menggunakan dimensi kepuasan. Populasi dalam penelitian berjumlah 120 orang dengan jumlah sampel penelitian 30 orang dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien pada dimensi tangible (kenyataan) 63,3%, emphaty (empati) 46,7%, reliability (keandalan) 50,0%, responsivenness (daya tanggap) 53,3%, sedangkan dimensi assurance (jaminan) berada pada kategori puas yaitu 43,3%.
Kesimpulan: Pasien sangat puas terhadap pelayanan personal hygiene, terlihat dari perhitungan setiap dimensi. Diharapkan kepada perawat agar memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terutama kesan pertama masuk pasien terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan sehingga hasil kepuasan lebih meningkat lagi.


Keywords


Kepuasan pasien; Imobilisasi; Personal Hygiene

Full Text:

PDF


References

Arikunto Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rhineka cipta.

Azhari. 2012. Hubungan Pelaksanaan Personal Hygiene Oleh Perawat Dan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Di Lantai 5 Bedah Rumah Sakit Pusat Angakatan Darat Gatot Soebroto Jakarta Pusat. Diakses tanggal 10 Desember 2016

Heni, Dkk (2011) Pengaruh Intervensi Personal Higiene Terhadap Kepuasan Pasien Immobilisasi. Diakses tanggal 10 Desember 2016

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.

Parinduri. 2009. Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Dalam Pemenuhan Pelaksanaan Personal Hygiene Oleh Perawat Di Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan. Diakses pada tanggal 22 November 2016

Pohan Imbalo. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Rachmania (2015) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta 2015. Diakses tanggal 10 Maret 2017

Sandyarman I, Hubungan Personal Hygiene Oleh Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Di Rumah Sakit Jember Klinik. Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember 2014. Diakses tanggal 11 Januari 2017

Suardana Ketut. 2007. Hubungan tingkat pemenuhan kebersihan diri dengan tingkatkepuasanpasienimobilisasi.Diakses tanggal 02 April 2017

Susanti Novi. 2013. Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Motivasi Perawat Dalam PemenuhanKebutuhan Kebersihan DiriPasienDi Ruang Rawat Inap RSUDR.H.KoesnadiBondowoso. Diakses tanggal 10 Maret 2017



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30335

Article Metrics

Abstract views : 2067 | views : 5536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats