KASUS INFEKSI ALAMI: DIAGNOSA STREPTOCOCCUS AGALACTIAE DARI JARINGAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) MENGGUNAKAN POLYMERASE CHAIN REACTION

https://doi.org/10.22146/jfs.3058

Lila Gardenia(1*), Isti Koesharyani(2), Yani Aryati(3)

(1) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya
(2) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya
(3) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Streptococcus agalactiae merupakan salah satu bakteri penyebab streptococcosis pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Pada pertengahan tahun 2010, telah terjadi kasus kematian dengan tingkat mortalitas tinggi pada budidaya ikan nila di tambak bersalinitas rendah di Karawang-Jawa Barat. Diagnosa agen penyebab penyakit tersebut dilakukan dengan teknik Polymerase Chain Reaction dengan menggunakan pasangan primer spesifik Sdi252 dan Sdi61. Umumnya, identifikasi pathogen (bakteri) dengan teknik PCR dilakukan dengan menggunakan koloni bakteri sebagai bahan ekstraksi. Namun pada penelitian ini dilakukan isolasi DNA langsung dari jaringan ikan yang menunjukkan gejala terinfeksi bakteri tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat informasi berupa jenis organ target S.agalactiae yang dapat digunakan dalam proses ekstraksi DNA bakteri. Sampel ikan sebanyak 3 ekor diambil jaringannya (otak, hati, limfa, dan ginjal) untuk diekstraksi dengan metoda pemanasan. Pita positif pada 192 bp diperoleh dari otak (2/3), hati (2/3), limfa (3/3) dan ginjal (2/2). Sebagai kontrol digunakan isolat bakteri dari masing-masing otak ikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-4 organ dapat digunakan sebagai sumber DNA untuk identifikasi bakteri S.agalactiae, namun limfa yang menunjukkan hasil yang paling konsisten pada ke-3 ikan sampel.

Keywords


diagnosa, PCR, primer spesifik, Streptococcus agalactiae

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfs.3058

Article Metrics

Abstract views : 11764 | views : 11422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada (print ISSN 0853-6384; online ISSN 2502-5066) is published by Department of Fisheries, Universitas Gadjah Mada in collaboration with Semnaskan UGM (Seminar Nasional Tahunan Hasil Perikanan dan Kelautan) and ISMFR (International Symposium on Marine and Fisheries Research).

 

View My Stats