Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) dan Pengaruhnya Pada Angsana (Pterocarpus indicus), Tanjung (Mimusops elengi), dan Asam Jawa (Tamarindus indica) di Jalan Lingkar Alun–Alun Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/veg.42694

Suryana Riski Siregar(1*), Siti Nurul Rofiqo Irwan(2), Eka Tarwaca Susila Putra(3)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Department of Agronomy, Agriculture Faculty, Universitas Gadjah Mada
(3) Department of Agronomy, Agriculture Faculty, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Timbal (Pb) merupakan salah satu logam berat yang digunakan dalam bahan bakar kendaraan bermotor dan menjadi polutan. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui kandungan logam berat timbal (Pb) pada daun tanaman Angsana (Pterocarpus indicus), Tanjung (Mimusops elengi), dan Asam Jawa (Tamarindus indica) serta mengetahui pengaruhnya terhadap kandungan klorofil, kerapatan dan lebar bukaan stomata. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, dimana daun tanaman sampel dipilih berdasarkan diameter batang batang tanaman. Data di uji ANOVA (analysis of varians) dan korelasi menggunakan R studio dan Microsoft excel. Kandungan timbal (Pb) pada tanaman tanjung (Mimusops elengi) 4,39 mg/kg, tanaman asam jawa (Tamarindus indica) 3,08 mg/kg), dan tanaman angsana (Pterocarpus indicus) 2,5 mg/kg. Kandungan timbal  (Pb) pada tanaman asam jawa tidak berbedanya tanaman tanjung dan angsana, namun kandungan timbal (Pb) pada tanaman angsana berbeda nyata dengan tanaman tanjung. Kandungan timbal (Pb) tidak berbeda nyata antar diameter batang tanaman. Pengaruh kandungan timbal (Pb) pada klorofil, lebar bukaan stomata, kerapatan stomata, dan biomassa pada tiga jenis tanaman menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Pengaruh kandungan yang signifikan yaitu terhadap lebar bukaan stomata tanaman asam jawa.

 


Keywords


Angsana, Asam jawa, Klorofil, Tanjung, Timbal (Pb), Angsana, Cape, Chlorophyll, Lead (Pb), Tamarind

Full Text:

PDF


References

Agustiana, E. “Kandungan Timbal (Pb) dan Pengaruhnya Dalam Jaringan Daun Angsana (Sterocarpus Indicus) Di Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Sains da Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, 2008. BLH. 2016. Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah SLHD DIY. Badan Lingkungan Hidup DIY. Yogyakarta. BPS. 2017. Kepadatan Penduduk menurut Kabupaten/Kota di D. I. Yogyakarta. https://yogyakarta.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3 diakses tangal Maret 2018. Dewi. R. P. 2018. Peran pohon di pekarangan kota dan desa dalam pengendalian iklim mikro. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. Gusnita, Dessy. 2012. Pencemaran logam berat timbal (Pb) di udara dan upaya penghapusan bensin bertimbal. Berita Dirgantara. 13 (3): 95-101. Hidayah, S. Roifatul. 2010. Analisis katakteristik stomata, kadar klorofil kandungan logam berat pada daun pohon pelindung jalan kawasan lumpur Porong Sidoarjo. Skripsi. FMIPA. Universitas Islam Negeri Malang. Malang. Inayah, Siti N. 2010. Studi kandungan Pb dan kadar debu pada daun Angsana (Pterocarpus indicus) dan Rumput Mini (Axonopus. sp) di pusat Kota Tangerang. Skripsi. FMIPA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta. Manik, Sely T. W. Prihanta, E. Purwanti. 2015. Analisis kandungan Pb pada daun Tamarindus indica dan Samanea saman di Kec.Garum-Blitar. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. Solo. Rangkuti, Marlinda N. S. Kandungan logam berat timbal dalam daun dan kulit kayu tanaman kayu Manis (Cinnamomum burmani Bl) pada sisi kiri Jalan Tol Jagorawi. Biosmart. 6 (2): 143 – 146. Sharma, Pallavi, Rama S. Dubey. 2005. Lead Toxicity in Plants. Plant Physiol. 17 (1): 35 – 52. Sukriadi. 2018. Akumulasi logam berat timbal (pb) dan pengaruhnya pada daun trembesi (Samanea saman (jacq.) merr) di Jalan Andi pangeran Pettarani Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi. Uin Alauddin Makassar. Makassar. Yudha, G. Prima, Z. A. Noli, M. Idris. 2013. Pertumbuhan Daun Angsana (Pterocarpus indicus Willd) dan Akumulasi Logam Timbal (Pb). Jurnal Biologi Universitas Andalas. 2(2): 83 – 89.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.42694

Article Metrics

Abstract views : 10849 | views : 5808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats