Editorial Policies

Focus and Scope

Vegetalika adalah Jurnal Ilmiah terbit setahun dalam 4 nomor, Februari, Mei, Agustus, dan November. Vegetalika fokus publikasinya di bidang di bidang budidaya pertanian.

Skup disiplin ilmu untuk artikelnya meliputi:

1. ilmu Agronomi mencakup Manajemen dan Produksi Tanaman

2.Hortikultura

3.Ekologi Tanaman

4.Fisiologi Tanaman

5.Genetika dan Pemuliaan

6.Teknologi Benih

7.Bioteknologi Tanaman

8. Biostatistika.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

ETIKA PUBLIKASI VEGETALIKA

 

  1. 1.    Penulis (Authors)

Penulis (Authors) adalah orang yang berpartisipasi dalam penelitian, bertanggung jawab terhadap semua bagian naskah publikasi. Kepenulisan dalam suatu kelompok,, semua penulis harus memberikan kontribusi substansial untuk hal-hal berikut: (i) konsep dan desain penelitian, perolehan data, analisis dan interpretasi data; (ii) penyusunan naskah dan revisinya; dan (iii) persetujuan akhir dari versi yang akan diserahkan. Semua penulis telah membaca dan menyetujui versi terakhir dari naskah, dan menyetujui pengiriman naskah ke jurnal ini. Semua penulis harus bertanggung jawab atas kualitas, akurasi, dan etika penelitian.

 

  1. 2.    Plagiat (Plagiarism)

 

Plagiarisme adalah praktik mengambil karya atau ide orang lain dan menjadikannya sebagai milik sendiri. Naskah yang diserahkan harus menjadi karya asli dari penulis dan tim penulis. Naskah wajib bebas dari plagiat naskah penulis sebelum (self-plagiarism) dan dari naskah penulis lain. Pengutipan referensi dengan olah kata baru dan tidak copy paste dari narasi yang dicitir.  Jika sangat penting narasi disalin sama (copy paste), maka ditulis dengan huruf (font) khusus, diantaranya huruf cetak miring (Italic), lebih kecil dan spasi lebih rapat.

 

  1. 3.    Publikasi duplikat (redundan)

 

Publikasi duplikat adalah publikasi tumpang tindih secara substansial dengan naskah yang sudah pernah diterbitkan, tanpa referensi jelas terhadap publikasi tersebut. Setiap naskah yang memiliki atau mendekati hipotesis serupa, seperti karakteristik sampel, metodologi, hasil, dan kesimpulan termasuk  naskah duplikat dan dilarang, walaupun  jika dalam bahasa berbeda. Naskah hanya akan dipertimbangkan hanya jika bukan naskah duplikat. Secara substansila isi naskah tidak tumpang tindih dengan artikel yang sudah pernah dipublikasikan. Pengirisan data dari "penelitian tunggal atau penelitian payungl" hanya diperkenankan jika ada  perbedaan substansi isi naskah.

 

  1. 4.    Fabrikasi data

 

Fabrikasi, manipulasi atau pemalsuan data merupakan pelanggaran etika dan dilarang.

 

  1. 5.    Manipulasi kutipan

 

Kutipan/citiran yang dapat digunakan dalam  naskah hanya  kutipan/sitiran yang relevan dari referensi terpilih,. Kutipan yang tidak relevan, hanya untuk meningkatkan h-index atau kutipan yang tidak perlu dan hanya untuk menambah referensi,  tidak diperbolehkan.

 

  1. 6.    Hak atas kekayaan intelektual

 

Penulis harus patuh pada hukum dan / atau etika dalam memperlakukan objek penelitian serta memperhatikan legalitas sumber materi dan hak kekayaan intelektual.

 

  1. 7.    Konflik kepentingan dan sumber pendanaan

Naskah publikasi harus bebas dari konflik kepentingan apapun. Penulis dapat menuliskan pemberi sumber dana pada bagian ucapan terima kasih.