Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Vegetalika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Umum

  1. Naskah yang dapat diterima akan memenuhi kriteria umum berikut: manuskrip melaporkan kontribusi yang berharga bagi ilmu tanaman, metodologi dijelaskan dengan baik dan dijelaskan dengan detail yang memadai. Hasil dan pembahasan didukung dengan cakupan data yang memadai, naskah yang ringkas, ditulis dengan baik, dan mudah dipahami. Kesimpulan meringkas hasil dan menunjukkan temuan spesifik.
  1. Naskah dapat berupa hasil penelitian (research article), catatan hasil penelitian (short communication), artikel ulas balik (review/ mini review ), gagasan pengembangan keilmuan dan ulasan ( feature ).
  2. Untuk penerbitan di Jurnal Vegetalika, naskah wajib didaftarkan (submit) secara online di https://jurnal.ugm.ac.id/jbp  dengan membuat akun/register terlebih dahulu. User id dan password harao=p disimpan dan dijaga tetap ada, agar tidak lupa.

 

Format Manuskrip

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, maksimal 15 halaman, mengikuti tata cara penulisan naskah di Articles Template dalam Online Journal System (OJS) Vegetalika. Naskah diunggah dalam format .doc

 

Penulis

Seluruh nama penulis (penulis 1,2,3, dst) wajib tertulis lengkap tanpa singkatan pada naskah dan wajib pula memasukkan data kelengkapan penulis data pada OJS, minimal meliputi nama lengkap dan penulis. Penulis bertanggung jawab terhadap keaslian tulisan dan tidak terdapat unsur plagiarisme.

 

Judul

Judul menjelaskan isi dari naskah secara singkat, jelas dan informatif yang terdiri kurang dari 20 kata. Pada judul sebaiknya menghidari singkatan dan rumus. Penulisan judul wajib mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

 

Intisari

Intisari tertera setelah judul dan nama pengarang di halaman pertama manuskrip. Intisari terdiri dari dua Bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Indonesia. Intisari harus terintegrasi dan independen yang terdiri dari pendahuluan dan tujuan, metode, hasil, kesimpulan dan saran. Referensi dan singkatan yang tidak standar atau tidak umum harus dihindari. Abstrak berisi tidak lebih dari 250 kata.

Kata Kunci

Kata kunci harus menghindari istilah umum dan jamak serta banyak konsep. Jangan gunakan kata atau istilah dalam judul sebagai kata kunci. Kata kunci terdiri dari dua Bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Indonesia. Kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan. Kata kunci terdiri dari 5 kata, frase wajib tersusun dalam urutan abjad, dan dipisahkan oleh Semicolon (Titik koma)

Pendahuluan

Pendahuluan tidak lebih dari 800 kata, berisi latar belakang penelitian, permasalahan penelitian, tujuan, hipotesis dan solusi dari permasalahan tersebut. Hal tersebut harus didukung oleh kajian literatur sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari naskah dan pernyataan kebaruan ilmiah. Dalam format naskah ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu untuk menunjukkan kebaruan ilmiah naskah tersebut.

 

Bahan dan Metode

Bahan dan metode penelitian ditulis secara rinci dan jelas, berisi waktu dan tempat penelitian, bahan dan alat yang digunakan, penjabaran mengenai metode penelitian, variabel penelitian serta teknik analisis data. Alat dan bahan yang dituliskan di sini hanya berupa alat dan bahan utama saja dan harus dilengkapi dengan merk dan kemurniannya. Rangkaian alat utama sebaiknya disajikan dengan gambar dan dilengkapi dengan keterangan gambar yang jelas. Keterangan gambar diletakkan menjadi bagian dari judul gambar (diketik) bukan menjadi bagian dari gambar.

 

Hasil dan Pembahasan

  1. Hasil dan Pembahasan wajib mengikuti penulisan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
  2. Hasil dan pembahasan berisi pembahasan terkait hasil-hasil temuan pada saat penelitian dan di bahas secara ilmiah disertai dengan referensi dari penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian. Jika hasil dan pembahasan ditulis dalam bahasa inggris, maka harus menggunakan bentuk kalimat past tense dan cetak miring.
  3. Hasil-hasil penelitian harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan.
  1. Gambar dan foto yang dicantumkan harus dalam kualitas baik, minimal denan resolusi 300 dpi. Ukuran gambar dan foto maksimal adalah setengah kuarto. Gambar (grafik, foto) dan tabel diberi judul dan nomor urut sesuai dengan letaknya.
  2. Rumus persamaan ilmu pasti, simbol dan lambang semiotik, diketik dengan baik dan jelas menggunakan fitur “Equation” di bagian Insert, pada Microsoft Word.

 

Kesimpulan

Kesimpulan harus mencakup ringkasan dan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh yang di tulis secara singkat, jelas dan padat. Kesimpulan ditulis dalam paragraf utuh atau poin per poin.

 

Ucapan Terimakasih

Ucapan Terimakasih ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur. Ucapan terima kasih dapat juga disampaikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian. Jika tidak ada pihak terkait, maka Ucapan terima kasih tidak wajib dicantumkan. Ucapan terima kasih tidak boleh ditujukan kepada salah satu penulis jurnal.

 

Daftar Pustaka/Referensi

  1. Daftar pustaka Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir saat naskah ditulis.
  2. Setiap naskah paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan dan penulisannya diurutkan sesuai abjad.
  3. Rujukan atau sitasi ditulis di dalam uraian/teks. Disarankan untuk menggunakan aplikasi pengelolaan daftar pustaka misalnya Mendeley, Zotero, dan Endnote.
  4. Daftar pustaka diurutkan sesuai abjad dari A sampai Z. dan menggunakan sistem Harvard (nama, tahun disusun secara abjad). Semua rujukan yang diacu dalam teks naskah harus didaftarkan di Daftar Pustaka, demikian juga sebaliknya.

Contoh:

Referensi untuk buku:

Barnito, N., 2009. Budidaya Tanaman Jagung. Suka Abadi. Yogyakata.

Fiantis, D., 2006. Laju Pelapukan Kimia Debu Vulkanis G. Talang dan Pengaruhnya Terhadap Proses Pembentukan Mineral Liat Non-Kristalin. Universitas Andalas, Padang.

Harniati, U. 2002. Keunggulan dan kelemahan sistem alley cropping serta peluang dan kendala adopsinya di lahan kering das bagian hulu. <http://216.239.33.100/search?q:rudyct .tripod.com/sem1_023/umi_haryti.html +lahan+kering&hl>. Diakses pada 18 Agustus 2016.

Ma, Jian Feng and Naoki Yamaji. 2006. Silicon uptake and accumulation in higher plants. TRENDS in Plant Science Vol 11.

Makarim, A.K. E. Suhartatik dan A. Kartohardjono. 2007. Silikon: hara penting pada sistem produksi padi. Iptek Tanaman Pangan. Vol 2:195-204.

Munir, M., 1996. Tanah –Tanah Utama Indonesia. Pustaka Jaya, Jakarta.

Ningsih, Sri. 2012. Kajian laju infiltrasi tanah dan imbuhan air tanah lokal sub das gendol pasca erupsi merapi 2010. Jurnal Bumi Indonesia. 1:218-226.

Shoji, S. & Takahashi, T., 2002. Environmental and Agricultural Significance of Volcanic Ash Soils. Jpn. J. Soil Sci. Plant Nutr. 73:113-135.

Suriadikarta, D.A., Abbas, A., Sutono, Erfandi, D., Santoso, E., Kasno, A., 2010. Identifikasi Sifat Kimia Abu Volkan, Tanah dan Air di Lokasi Dampak Letusan Gunung Merapi. Bogor : Balai Penelitian Tanah.

Takahashi, E. 1995. Uptake model and physiological functions of silica. In: T. Matsuo, K.

Kumazawa, R. Ishii, K. Ishihara, and H. Hirata (Eds.). Science of  Rice Plant, Physiology. Food and Agriculture Research Center, Tokyo. 2:420-433.

Khusus untuk mahasiswa Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada:

  1. Naskah dapat diterbitkan di Jurnal Vegetalika, Departemen Budidaya Pertanian, dengan persetujuan oleh dosen pembimbing di surat pernyataan.
  2. Penulisan naskah publikasi sudah dapat dimulai saat penulisan draft pertama atau kedua. Selanjutnya perbaikan skripsi/tesis/disertasi diikuti dengan perbaikan naskah publikasi yang telah disubmit, dengan konsultasi pembimbing.
  3. Naskah merupakan hasil penelitian atau bagian penelitian skripsi/tesis/disertasi.  
  4. Naskah publikasi dapat menjadi bahan seminar hasil penelitian atau syarat yudisium.
  5. Naskah wajib dikoreksi dan disetujui oleh dosen pembimbing, sebagai penulis 2 dan 3.
  6. Mahasiswa diharapkan mempunyai tanggung jawab menyelesaikan proses review, sebagai bagian dari proses penerbitan. 
  7. Revisi hasil review dikembalikan ke redaksi melalui email, paling lambat dua minggu dan mengirim  tembusan (cc) email ke penulis 2 dan 3 (dosen pembimbing 1 dan 2).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Penulis mengajukan kiriman naskah yang belum diterbitkan sebelumnya, dan juga sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar untuk Editor). Hal tersebut untuk pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel akan dilimpahkan pada Jurnal Vegetalika, Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Sebelum diterbitkan penulis korespondensi wajib menyerahkan surat keaslian  Formulir dapat diunduh disini.

  2. Penulis harus mengikuti Articles template dan pedoman yang diberlakukan Vegetalika. Format dapat diunduh disini.
  3. File naskah yang dikirim diserahkan dalam format file dokumen Microsoft Word, RTF, Open Office, atau Word Perfect.
  4. Jika pada Daftar Pustaka terdapat URL, maka link untuk referensi tersebut telah harus tersedia.
  5. Naskah diketik satu sisi kertas putih ukuran A4, kolom tunggal, spasi dan font mengikuti ketentuan dan menggunakan huruf miring untuk bahasa selain Bahasa Indonesia, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL). Seluruh ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  6. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal.

     

  7. Jika mengirimkan ke bagian peer-review jurnal, instruksi dalam Memastikan Blind Review telah diikuti.
  8. Penulis harus membaca Author Guideline dan Submission Preparation Checklist pengajuan naskah dengan cermat dan mematuhi persyaratan Vegetalika.

 

Copyright Notice

Form surat pernyataan keaslian bisa diunduh disini (klik untuk mengunduh)

 

Privacy Statement

Adapaun nama lengkap dan alamat email yang telah terdaftar di situs jurnal ini, hanya akan digunakan untuk tujuan penerbitan jurnal saja dan tidak akan digunakan dalam tujuan lainnya.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 200000.00 (IDR)

Bank Transfer: Virtual Account BNI no. 9888 8120 1416 0792

Account Name: FPN UGM Jurnal Vegetalika

If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.