POKO-POKOK SEGI ADMINISTRASI DAN PENGELOLAAN SUATU ORGANISASI PENGAIRANQ

https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16884

Mudjijo Prodjosuharjo(1*)

(1) Staf Departemen Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan
Organisasi adalah suatu kelompok kerja-sama yang dibentuk oleh sekelompok orang yang mempunyai satu tujuan, satu kondisi dan satu kepentingan serta dipimpin di antara mereka sendiri. Dari pengertian di atas menunjuldran kepada kita, bahwa organisasi itu harus timbul dari kepentingan-kepentingan perorangan, yang kemudian atas dasar kepentingan ini orang menyusun kelompok-kelompok dari bawah ke atas (botto up); dimaksudkan adalah bahwa organisasi dibentuk oleh orang dengan satu tujuan dan satu kepentingan ini, biasanya pirnpinan yang mengemudikan organisasi ini ditangani oleh beberapa orang dari kelompok orang-orang ini, yang diangkat sebagai pengurus kelompok yang bergerak dari kepentingan perorangan menjadi kepentingan bersama dalam kelompok.
Pengairan di sini dimaksudkan adalah suatu sistem pengadaan, penyaluran dan pembagian air untuk kepentingan pertanian, atau usaha tani oleh petani-petani (kOperasi pengairan).
Jadi kalau begitu koperasilorganisasi pengairan ini adalah bentuk organisasi petani pengusaha tani yang mempunyai satu kepentingan dan satu tujuan terhadap air pengairan ini, agar air dapat dimanfaatkan bersama, diatur bersama, dipelihara bersarna atau dilola bersama untuk satu kepentingan bersama yaitu berusaha tani.
Oleh karena organisasi ini hams dilola pula sesuai dengan kepentingrin bersama sejak menyusun suatu rencana pembuatan, perna.nfaatan, pemeliharaan, pembeayaan dan pengawasannya

Keywords


pokok-pokok segi administrasi, pengelolaan suatu organisasi pengairan

Full Text:

PDF


References

Anonim, Pengairan Pedesaan Dharmatirta, Proyek Tata Guna Air Tingkat Usaha Tani Kabupaten Sragen 1974/1975., -

Soedarsono Hadisaptietro Prof. Ir. dkk., Laporan Survey Eyaluasi dan Pembinaan Petak Tersier Percontohan Di Daerah Jaringan IriSri Widodo, Subak (Dengan kasus Subak Leput), 1978



DOI: https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16884

Article Metrics

Abstract views : 989 | views : 965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Agro Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AGRO EKONOMI ISSN 0215-8787 (print) , ISSN 2541-1616 (online)  indexed by :

sinta worldcat 

 

View My Stats