PENGINTEGRASIAN KELOMPOK TANI DI DALAM PENINGKATAN KWANTITAS DAN KWALITAS KENAGGOTAAN BUUD/KUD

https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16872

Soedarsono Hadisapoetro(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan
Sudah sejak semula difikirkan, agar pembinaan BUUD/KUD dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap rehabilitasi, tahap konsolidasi dan tahap pengembangan.
Di dalam tahap rehabilitasi maka pembinaan diarahkan agar BUUD/KUD mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi secara nyata, yang dirasakan bermanfaat oleh masyarakat.
Jika eksistensi BUUD/KUD telah diakui oleh masyarakat maka seharusnya pembinaan diarahkan untuk menjadikan BUUD/KUD suatu organisasi clan rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. ( Tahap Konsolidasi)
Terdorong oleh keinginan Pemerintah untuk memanfaatkan koperasi sebagai alat untuk memperatakan basil basil pembangunan maka justru tahap konsolidasi ini diabaikan, dan pembinaan diloncatkan dari tahap rehabilitasi terus ke dalam tahap pengembangan, di mama tugas-tugas tanpa dikonsuttasikan terlebih dahulu organisasinya, togas-tugas BUUD/ KUD di dalam rnembantu melaksanakan program-program pembangunan selalu ditambah dan diperberat.
Itulah sebabnya BUUD/KUD kerapkali dianggap sebagai aparatur Pemerintah dan bekerja untuk kepentingan Pemerintah, sedangkan partisipasi masyarakat dan pengawasan masyarakat masih sangat terbatas yang selanjutnya menimbulkan kekecewaan - kekecewaan dan mendorong terjadinya penyelewengan-penyelewengan.
Berhubung dengan itu maka tahap konsolidasi perlu ditangani secara lebih serius berdasarkan konsepsi yang Iebih mantap.
Dalam hubungan ini, maka peningkatan kwantitas dan kwalitas keanggotaan BUUD/KUD merupakan sale] satu langkah yang sangat panting

Keywords


pengintegrasian kelompok tani, keanggotaan BUUD/KUD

Full Text:

PDF


References

Referensi



DOI: https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16872

Article Metrics

Abstract views : 463 | views : 357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Agro Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AGRO EKONOMI ISSN 0215-8787 (print) , ISSN 2541-1616 (online)  indexed by :

sinta worldcat  

 

Web
Analytics View My Stats