Intervensi Cerita Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Remaja dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA): Laporan Kasus

Iffah Nurul Izzah, Tino Leonardi
(Submitted 30 August 2024)
(Published 21 March 2025)

Abstract


Salah satu masalah utama pada individu dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) adalah kesulitan dalam interaksi sosial dan komunikasi. Keterampilan sosial adalah kemampuan yang diperlukan untuk melakukan interaksi secara efektif dalam berbagai situasi. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan intervensi cerita sosial (social story) sebagai salah satu metode untuk meningkatkan keterampilan sosial pada individu dengan GSA. Partisipan merupakan remaja laki-laki berusia 14 tahun dengan diagnosis GSA taraf ringan. Asesmen dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumen, dan tes psikologi. Intervensi dilaksanakan selama empat sesi dan menunjukkan adanya perubahan perilaku baik dalam aspek komunikasi maupun bersikap empati pada remaja dengan GSA. Hasil dari intervensi memerlukan evaluasi berkelanjutan dan dukungan dari lingkungan sekitar untuk memastikan efektivitas intervensi dalam jangka panjang.

Keywords


Cerita Sosial; Keterampilan Sosial; Remaja Autis

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.99543

References


ABA, D. C. (2023, November 9). Teenage years with autism: Challenges and milestones. Double Care ABA. https://doublecareaba.com/teenage-years-with-autism-challenges-and-milestones/

American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev). American Psychiatric Association Publishing. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425787

Fadda, R., Congiu, S., Doneddu, G., Carta, M., Piras, F., Gabbatore, I., & Bosco, F. M. (2024). New insights into theory of mind in adolescents with autism spectrum disorder. Frontiers in Psychology, 15, 1461980. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1461980

Fauziah, H., & Mulia, D. (2022). Metode social story untuk mengurangi perilaku maladaptif anak autis. Jurnal Educatio, 8(4), 1444–1452. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3816

Fletcher-Watson, S., McConnell, F., Manola, E., & McConachie, H. (2014). Interventions based on the Theory of Mind cognitive model for autism spectrum disorder (ASD). Cochrane Database of Systematic Reviews, 2020(2). https://doi.org/10.1002/14651858.CD008785.pub2

Goldman, A. I. (2012). Theory of Mind. Dalam Oxford Handbook of Philosophy and Cognitive Science.

Graetz, J. E., Mastropieri, M. A., & Scruggs, T. E. (2009). Decreasing inappropriate behaviors for adolescents with autism spectrum disorders using modified social stories. Education and Training in Developmental Disabili, 44(1), 91–104. http://www.jstor.org/stable/24233466

Gray, C. (2015). The new social story book: Revised & expanded (15th ed.). Future Horizons.

Hallahan, D. P., Kauffman, & Pullen. (2014). Exceptional learners (12th ed., Pearson new international ed). Pearson.

Oktavia, A., Syamsuddin, Muh. M., & Atmojo, I. R. W. (2014). Efek terapi perilaku dengan metode applied behavior analysis terhadap kemandirian anak autis. Kumara Cendekia, 2(4), 1–8. https://doi.org/10.20961/kc.v2i4.34346

Orzel, F. (2024, Agustus 27). Exploring Theory of Mind in Autism: Concepts & Implications. https://www.connectncareaba.com/blog/theory-of-mind-autism

Permatasari, N. (2021). Penerapan social story dengan teknik prompting dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis. Prosiding Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS XII), 15–31.

Ridha, A. A. (2017). Social story sebagai metode untuk meningkatkan perilaku positif siswa dengan autisme. Conference: Proceedings, Temu Ilmiah Nasional Psikologi, 54–63.

Rizkiana, A., Latipun, & Fasikhah, S. S. (2019). Social interaction awareness parenting guide: Panduan orang tua untuk melatih keterampilan sosial pada anak autism spectrum disorder (1 ed.). Psychology Forum: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rozela, S. S. H. C., Yasin, M. H. M., & Tahar, M. M. (2016). Penggunaan “social story” terhadap tingkah laku mengganggu murid autisma. Conference: Seminar Modifikasi Tingkah Laku Murid Pendidikan Khas (Bermasalah Pembelajaran) Peringkat Negeri Johor, 1.

Saad, M. A. E. (2016). The effectiveness of social stories among children and adolescents with autism spectrum disorders: Meta-analysis. Educational Sciences, 5(2), 51–50.

Sampurno, C. P., & Wahyudi, H. (2017). Studi deskriptif mengenai resiliensi ibu yang memiliki anak autis di rumah autis Bandung. Prosiding Psikologi, 3(2), 310–315. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6733

Santrock, J. W. (2012). Life span development: Perkembangan masa hidup (13 ed.). Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2024). Life span development (19th edition). McGrawHill.

Swandari, D. N., & Mumpuniarti, M. (2019). Pembelajaran keterampilan sosial bagi remaja autis. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6066

Volkmar, F. R., Rogers, S. J., Paul, R., & Pelphrey, K. A. (2013). Handbook of autism and pervasive developmental disorders (Fourth, Vol. 2). John Wiley & Sons, Inc.

Wheeler, J. J., Mayton, M. R., & Carter, S. L. (2015). Methods for teaching students with autism spectrum disorders: Evidence-based practices. Pearson.

Yovita, M., & Tjakrawiralaksana, M. A. (2021). Penerapan intervensi social story dan roleplay untuk meningkatkan kompetensi sosial pada remaja dengan autism sepctrum disorder. Jurnal Psikologi Insight, 5(1), 1–18. https://doi.org/doi: 10.17509/insight.v5i1

Zyoudi, M. A., Murhairi, O. A., & Sartaiwi, A. (2016). The effectiveness of using a social story intervention to improve social interaction skills of students with autism. JAASEP WINTER, 17–30. https://www.jstor.org/stable/26420426


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.