Pelatihan Daring PLANS untuk Meningkatkan Kematangan Karier pada Siswa SMA Kelas XI

Sephia Fitri Ardhana, Difa Ardiyanti
(Submitted 20 November 2023)
(Published 31 May 2024)

Abstract


Salah satu fenomena menarik yang terus diteliti pada siswa SMA adalah kurangnya kematangan karier, yang berakibat pada siswa merasa tertekan dengan tuntutan akademis dibidang yang kurang sesuai dengan dirinya sehingga memunculkan perasaan salah memilih jurusan dan berakhir dengan drop out. Oleh karena itu, siswa diberikan pelatihan daring PLANS untuk meningkatkan kematangan kariernya. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen kuasi untreated control group design with dependent pretest and posttestsamples dengan metode kuantitatif menggunakan dua alat ukur kematangan karier, yaitu skala sikap (r=0,859) dan tes kompetensi (r=0,615). Subjek penelitian berjumlah 18 siswa dengan skor kematangan karier sedang dan rendah. Teknik analisis yang digunakan adalah non-parametrik tes, yaitu uji Wilcoxon. Bedasarkan hasil analisis didapatkan nilai signifikansi skala sikap 0,008 (p<0,05) dan nilai signifikansi tes kompetensi 0,007 (p<0,05) menunjukkan adanya perubahan nilai skala sikap dan tes kompetensi yang signifikan dari skor pretest ke posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulannya adalah pelatihan daring PLANS dapat meningkatkan kematangan karier pada siswa SMA kelas XI.


Keywords


psikologi; penelitian kuantitatif; psikologi pendidikan; pelatihan PLANS

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.90851

References


Almaida, D. S., & Febriyanti, D. A. (2019). Hubungan antara konsel diri dengan kematangan karir pada siswa kelas XI SMK yayasan pharmasi Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 87–92. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23579

Ariana, R. D. (2019). Hubungan efikasi diri karir dengan kematangan karir pada siswa kelas XII SMKN 2 Jepara. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(1), 7–21. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i1.2240

Atli, A. (2016). The effect of trait-factor theory based career counseling sessions on the levels of career maturity and indecision of high school student. Universal Journal of Educational Research, 4(8), 1837-1847. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040813

Crites, J. (1973). Career Maturity. NCME Measurement in Education, 4, 1-8.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan kematangan karir siswa SMP melalui pelatihan perencanaan karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Hidayat, M., & Alsa, A. (2018). The effect of “plans” training towards career maturity of senior high school students. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 7(2), 160-178. https://doi.org/10.12928/jehcp.v7i2.9681

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling kelompok menggunakan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk meningkatkan kematangan karir. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1003

Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132-147. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Kummerow, J. M. (1991). New Direction in Career Planning. CPP Book.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 253–281. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.859

Prastiwi, A. R. (2015). Upaya peningkatan kematangan karir melalui metode career portfolio pada siswa kelas X MIA 1 di SMAN 1 Boyolali. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 9-13. http://eprints.uny.ac.id/24635/

Safitri, D. (2019). Kontribusi self-efficacy karir terhadap eksplorasi karir peserta didik. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1-79. http://repository.upi.edu/id/eprint/48573

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier. Pustaka Pelajar.

Saifuddin, Ruhaena, Pratisti. (2017). Meningkatkan kematangan karier peserta didik SMA dengan pelatihan reach your dreams dan konseling karier. Jurnal Psikologi, 44(1), 39-49. http://doi.org/10.22146/jpsi.17378

Super, D. E. (1957). The Psychology of Careers; an introduction to vocational development. Harper & Row.

Susantoputri, Maria Kristina, & William Gunawan. (2014). Hubungan antara efikasi diri karier dengan kematangan karier pada remaja di daerah kota Tangerang. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 59–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.