Program KEMAS untuk Menurunkan Kecemasan pada Dewasa Awal di Masa Pandemi Covid-19

Syifa Nabila, Maya Khairani, Kartika Sari, Syarifah Faradina
(Submitted 28 September 2021)
(Published 30 October 2021)

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Program Kemas bagi dewasa awal di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen dengan desain satu kelompok prates-pascates. Penelitian dilakukan secara daring yang melibatkan 36 subjek yang diperoleh dengan teknik insidental. Data penelitian dikumpulkan melalui subskala kecemasan DASS-21 kemudian dianalisis menggunakan metode non parametrik, yaitu Wilcoxon signed-rank test dengan hasil koefisien (z) = -4,584, dan nilai signifikan (p) = 0,00 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Program KEMAS bagi dewasa awal di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan kategori kecemasan pada subjek saat sebelum dan sesudah perlakuan, yaitu 80,6% subjek mengalami penurunan skor kecemasan; 13,9% berada pada skor kecemasan yang sama; 5,5% subjek mengalami peningkatan skor kecemasan.

Keywords


dewasa awal; pengelolaan kecemasan; program kemas

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.69432

References


Ahmed, M. Z., Ahmed, O., Aibao, Z., Hanbin, S., Siyu, L., & Ahmad, A. (2020). Epidemic of COVID-19 in China and associated psychological problems. Asian Journal of Psychiatry, 51, 102092. https://doi.10.1016/j.jap.2020.102092.

Amalia, I., Suzanna, E., & Adyani, L. (2021). Peran religiusitas bagi masyarakat Aceh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Diversita, 7(1), 79-84.

Amin, M. S. (2018). Perbedaan struktur otak dan perilaku belajar antara pria dan wanita; eksplanasi dalam sudut pandang neurosains dan filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38-43.

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2001). Al-Islam Jilid 1. PT. Pustaka Rizki Putra.

Astuti, T., Desvianti, R. A., & Bangsawan, M. (2019). Pengaruh psikoedukasi terhadap kecemasan ibu pre-operasi kanker payudara. Jurnal Kesehatan, 10(1), 121-126.

Bäuml, J., & Pitschel-Walz, G. (2003). Psychoedukation bei schizophrenen erkrankungen.

Bäuml, J., Froböse, T., Kraemer, S., Rentrop, M., & Pitschel-Walz, G. (2006). Psychoeducation: A basic psychotherapeutic intervention for patients with schizophrenia and their families. Shizophrenia Bulletin, 32(S1-S9).

Black, A. (2010). Halfway between somewhere and nothing: An exploration of the quarter-life crisis and life satisfaction among graduate students (Tesis tidak dipublikasikan). University of Arkanas.

Budiarti, K. D. (2011). Hubungan akupresur dengan tingkat nyeri dan lama persalinan pada ibu primipara di Garut (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Czeisler, M. É., Lane, R. I., Petrosky, E., Wiley, J. F., Christensen, A., Njai, R., ... & Rajaratnam, S. M. (2020). Mental health, substance use, and suicidal ideation during the COVID-19 pandemic—United States, June 24–30, 2020. Morbidity and Mortality Weekly Report, 69(32), 1049.

Dannon, P., Lancu, I., & Grunhaus, L. (2002). Psychoeducation in panic disorder patients: Effect of self-information booklet in a randomized, masked-rater study. Depression and Anxiety, 16(2), 71-76.

Dariyo, A. (2003). Psikologi perkembangan dewasa muda. PT Gramedia.

Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2004). The psychology of gratitude. Oxford University Press, Inc..

Hadiansyah, T. (2018). Efektivitas intervensi psikoedukasi terhadap tingkat kecemasan keluarga dalam merawat klien skizofrenia. Jurnal Skolastik Keperawatan, 4(2), 49-61.  https://doi.org/10.35974/jsk.v4i2.715

Houghton, S., & Saxon, D. (2007). An evaluation of large group CBT psycho-education for anxiety disorders delivered in routine practice. Patient Education and Counseling, 68(1), 107-110.

Jarnawi. (2020). Mengelola cemas di tengah pandemik corona. Jurnal At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 60-73.

Kazmi, S. S. H., Hasan, D. K., Talib, S., & Saxena, S. (2020). COVID-19 and lockdwon: a study on the impact on mental health. Available at SSRN 3577515.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Diakses melalui https://covid19.go.id

Lovibond, S. H., & Lovibond, P. F. (1995). Manual for the Depression Anxiety Stress Scales (Edisi kedua). Psychology Foundation. Diakses melalui https://www2.psy.unsw.edu.au

McMillin, J. F. (2017).  The paradox of choice in emerging adulthood: Anxiety and ambivalence (Tesis tidak dipublikasikan). Bowling Green State University.

Moghanibashi-Mansourieh, A. (2020). Assessing the anxiety level of Iranian general population during COVID-19 outbreak. Asian Journal of Psychiatry, 51, 102076.

Nurrochman. (2020, Maret). Corona, hoaxs, dan kecemasan publik. Jalandamai.org. Diakses melalui https://jalandamai.org/corona-hoaks-dan-kecemasan-publik.html

Othman, N. (2020). Depression, anxiety, and stress in the time of COVID-19 pandemic in Kurdistan region, Iraq. Kurdistan Journal of Applied Research, 37-44.

Pearson. (2001). Develop the habit of healthy self-talk. Diakses dari https://healthy habits.com/selftalk.asp

Persakmi. (2020, Juni). Mayoritas masyarakat Indonesia alami kecemasan di masa pandemi Covid-19. Diakses melalui https://persakmi.or.id

Resti, I. B. (2014). Teknik relaksasi otot progresif untuk mengurangi stres pada penderita asma. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 1-20.

Salari, N., Hosseinian-Far, A., Jalali, R., Vaisi-Raygani, A., Rasoulpoor, S., Mohammadi, M., ... & Khaledi-Paveh, B. (2020). Prevalence of stress, anxiety, depression among the general population during the COVID-19 pandemic: a systematic review and meta-analysis. Globalization and Health, 16(1), 1-11. https://doi.org/10.1186/s12992-020-00589-w

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2020, Mei). Tips kesehatan jiwa menghadapi situasi dampak pandemi Covid-19. Covid19.go.id. Diakses melalui https://covid19.go.id/p/berita/tips-kesehatan-jiwa-menghadapi-situasi-dampak-pandemi-Covid-19.

Srivastava, P., & Panday, R. (2017). Psychoeducation an effective tool as treatment modality in mental health. The International Journal of Indian Psychology, 4(82), 123-130.

Stanton, R., To, Q, G., Khalesi, S., Williams, S. L., Alley, S. J., & et al. (2020). Depression, anxiety and stress during Covid-19: Associations with changes in physical activity, sleep, tobacco, and alcohol use in australian adults. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 4065. https://doi.org/10.3390/ijerph17114065

Suriastini, W., Sikoki, B., & Listiono. (2020, Juli). Gangguan Kesehatan mental meningkat tajam di masa pandemi Covid-19?. Surveymeter.org. Diakses melalui https://surveymeter.org/id/node/576

Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol, 6, 305-314.

Syahrial. (2020). Dampak Covid-19 terhadap tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21-29.

Tanner, J. L., Arnett, J. J., & Leis, J. A. (2009). Emerging adulthood: Learning and development during the first stage of adulthood. Dalam M. C. Smith & N. DeFrates-Densch (Eds.), Handbook of research on adult learning and development (hal. 34–67). Routledge/Taylor & Francis Group.

Walean, C. J. S., Pali, C., Sinolungan, J. S. V. (2021). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Biomedik, 13(2), 132-143. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.3176

Widosari, M. (2010). Perbedaan derajat kecemasan dan depresi mahasiswa kedokteran preklinik dan ko-asisten di FK UNS Surakarta (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Sebelas Maret.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (Covid-19) outbreak. WHO. Diakses melalui https://www.who.int

Zhou, S. J., Zhang, L. G., Wang, L. L., Guo, Z. C., Wang, J. Q., Chen, J. C., ... & Chen, J. X. (2020). Prevalence and socio-demographic correlates of psychological health problems in Chinese adolescents during the outbreak of COVID-19. European Child & Adolescent Psychiatry, 29(6), 749-758.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.