Efektivitas Pengasuhan Positif untuk Menurunkan Stres Pengasuhan Ibu Bekerja dengan Anak Usia Prasekolah

Meinita Fitriana Sari, Budi Andayani
(Submitted 3 September 2021)
(Published 30 October 2021)

Abstract


Ibu bekerja dengan anak usia prasekolah cenderung memiliki waktu interaksi serta kelekatan yang kurang dengan anak-anak mereka. Oleh karena itu, anak cenderung meniru atau melakukan tindakan atau kata-kata yang tidak sesuai dengan harapan orang tua.  Interaksi antara lingkungan orang tua dan anak yang kurang baik dapat menyebabkan orang tua mengalami masa stres, atau biasa disebut stres pengasuhan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengukur efektivitas program pengasuhan positif untuk menurunkan tingkat stres pengasuhan dengan meningkatkan efikasi pengasuhan pada ibu bekerja dengan anak usia prasekolah.Hipotesis dalam penelitian ini adalah pelatihan efikasi pengasuhan dapat menurunkan tingkat stres pengasuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan untreated control group pretest posttest design dengan peserta sejumlah sepuluhorang. Analisis data menggunakan analisis statistik non parametric Mann Whitney U Test untuk mengukur perbedaan skor stres pengasuhan dan efikasi pengasuhan sebelum dan sesudah intervensi dilakukan. Hasil penelitian membuktikan bahwa program pelatihan pengasuhan positif efektif dalam menurunkan stres pengasuhan pada ibu bekerja (posttest-pretest Z = -2,803 dan p = 0,005 (p<0,05)). Hasil kualitatif menunjukkan adanya perubahan dalam praktik pengasuhan pada ibu bekerja meliputi keterlibatan, pemantauan, serta pembiasaan perilaku positif.

Keywords


ibu bekerja; pelatihan pengasuhan positif; stres pengasuhan

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.68877

References


Bloomfield, L. & Kendall, S. (2012). Parenting self efficacy, parenting stress and child behavior before and after a parenting programme. Primary Health Care Research & Development, 13(4), 364-372. https://doi.org/10.1017/S14634236120000060.

Davies, D. (2011). Child development, A Practioner’s guide. The Guilford Press.

Deater-Deckard, K. (2004). Parenting stress. Yale University.

Jones, T. L., & Prinz, R. J. (2005). Potential roles of parental self efficacy in parent and child  adjustment: A review. Clinical Psychology Review, (25), 341-363. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2004.12.004

Leung, C., Sanders, M.R., Leung, S., Mak, R., & Laun, J. (2003). An outcome evaluation of the implementation of triple p-positive parenting program ini Hongkong. Family Process, 42(4), 531-544.

Marlat, G. A., & Donovan, D. M. (Eds.). (2005). Relapse prevention, maintenance strategies in the treatment of addictive behaviors (Edisi kedua). The Guilford Press.

Maryanti, & N. C. W. (2017). Hubungan antara stres pengasuhan dan penerimaan orang tua terhadap kualitas hidup pada ibu dengan anak gangguan spektrum autisme (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Permata, A. I. (2017). Pelatihan pengasuhan “aktif” untuk meningkatkan kualitas pengasuhan pada ibu yang memiliki anak usia dini (Tesis tidak dipublikasikan).  Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Pouretemad, H. R., Khooshabi, K., Roshanbin, M., & Jadidi, M. (2009) The effectiveness of group positive parenting program on parental stress of mothers of children with attention deficit/hyperactivity disorder. Archives of Iranian Medicine, 12(1), 60-68.

Pristanti, R. F. A. (2016). Validasi modul pengasuhan positif untuk meningkatkan efikasi diri ibu tunggal dalam pengasuhan anak. (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Sanders, M.R. (1999). Triple p-positive parenting program: towards an empirically validated multilevel parenting and family support strategy for the prevention of behavior and emotional problems in children. Clinical Child and Family Psychology Review, 2(2), 71-90.

Sanders, M. R. (2008). Triple p-positive parenting program as a public mental health approach to strengthening parenting. Journal of Family Psychology, 22(3), 507-517. https://doi.org/10.1037/0893-3200.22.3.506

Sulaiman, M. R. (2017, July). Dinamika ibu pekerja di Jakarta. Artikel detik health. Diunduh dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3553252/dinamika-ibu-pekerja-di-dki-jakarta

Sumargi, A. K., & Morawska, A. (2015b). A randomized controlled trial of the Triple P-positive parenting program seminar series with Indonesian parents. Child Psychiatry and Human Development, 46(5), 749-761. https://doi.org/10.1007/s10578-014-0517-8

Willinger, U., Diendorfer-Radner, G., Willnauer, R., Jorgl, G., & Hager, V. (2005). Parenting stress and parental bonding. Behavioral Medicine, 31(2), 63-69. https://doi.org/10.3200/BMED.31.2.6

Winter, L., Morawska, A., Sanders, M. (2012). The knowledge of effective parenting scale (KEPS): a tool for public health approaches to universal parenting programs. The Journal of Primary Prevention, 33 (2-3), 85-97. https://doi.org/10.1007/s10935-012-0268-x


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.