Peran Kepemimpinan Otentik terhadap Work Engagement Dosen dengan Efikasi Diri sebagai Mediator

Dyah Ratri I. Hayuningtyas, Avin Fadilla Helmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan otentik daripersepsi dosen kepada pimpinannya terhadap work engagement dengan efikasi diri dalammelaksanakan tridharma perguruan tinggi sebagai mediatornya. Metode pengambilan datayang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan skala yangterdiri atas skala efikasi diri spesifik, kepemimpinan otentik serta skala work engagement.Partisipan adalah dosen Fakultas X Universitas Y dengan masa kerja minimal dua tahun(N=40). Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi. Hasil penelitian mendukungJDR-Model yang menjelaskan bahwa personal resources dalam hal ini efikasi diri berperansebagai prediktor terhadap work engagement. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwapersepsi kepemimpinan otentik tidak berkorelasi dengan work engagement sehingga efikasidiri tidak berfungsi sebagai mediator pada hubungan antara persepsi kepemimpinan otentikdengan work engagement. Walaupun demikian, efikasi diri mampu menjadi prediktor denganberkorelasi secara positif dan memiliki sumbangan efektif sebesar 11,6% terhadap workengagement. Hal ini berarti work engagement pada partisipan penelitian ini tidak dipengaruhioleh kepemimpinan otentik atasannya dan hanya dipengaruhi secara internal. Kebanggaansebagai pengajar menjadi sebuah dorongan internal sehingga work engagement tidakdipengaruhi oleh faktor luar.

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajop.8814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Gadjah Mada Journal of Psychology