Studi Fenomenologis Kebahagiaan Guru di Papua



- Irianto(1*), - Subandi(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam nilai-nilai kebahagiaan serta mengeksplorasi karakter positif yang diwujudkan dalam proses belajar-mengajar di pedalaman Papua. Kebahagiaan merupakan suatu konsep yangmenggambarkan kondisi individu ketika mengarahkan perasaannya pada hal yang positif dan memanfaatkan karakter positif yang dimiliki untuk memaknai peristiwa-peristiwa yang dijalaninya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan kualitatif fenomenologi digunakan dalam penelitian ini. Partisipan sebanyak tiga orang, dan proses pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gurumengarahkan perasaannya ke hal-hal yang positif berdasarkan pengalaman selama mengabdi, yaitu; ketika siswa-siswa di pedalaman dapat mengikuti pelajaran yang diberikandan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat menunjukkan identitas guru secara langsung di pedalaman, adanya kesatuan kerja diantara para guru, dan mendapatkandukungan dari masyarakat setempat maupun keluarga mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam nilai-nilai kebahagiaan serta mengeksplorasi karakter positif yang diwujudkan dalam prosesbelajar-mengajar di pedalaman Papua. Kebahagiaan merupakan suatu konsep yangmenggambarkan kondisi individu ketika mengarahkan perasaannya pada hal yang positifdan memanfaatkan karakter positif yang dimiliki untuk memaknai peristiwa-peristiwa yangdijalaninya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan kualitatif fenomenologi digunakandalam penelitian ini. Partisipan sebanyak tiga orang, dan proses pengumpulan data melaluimetode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gurumengarahkan perasaannya ke hal-hal yang positif berdasarkan pengalaman selamamengabdi, yaitu; ketika siswa-siswa di pedalaman dapat mengikuti pelajaran yang diberikandan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat menunjukkan identitas gurusecara langsung di pedalaman, adanya kesatuan kerja diantara para guru, dan mendapatkandukungan dari masyarakat setempat maupun keluarga mereka.

Full Text:

PDF




Article Metrics

Abstract views : 800 | views : 2560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Gadjah Mada Journal of Psychology



Gadjah Mada Journal of Psychology Terindeks di :

Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur, Yogyakarta. 55781
email:jurnalpsikologi@ugm.ac.id | http://jurnal.ugm.ac.id/gamajop