Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading

Nurmia Evasanti, Amitya Kumara

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh bermain musik ansambel terhadap perilaku asertif dalam belajar sight reading pada siswa lembaga pendidikan musik.
Subjek penelitian adalah siswa di lembaga pendidikan musik berada pada grade 1 dan II, memiliki kemampuan membaca not balok yang rendah dan berusia 11-15 tahun. Penelitian
dilakukan secara kuasi eksperimen dengan jumlah 16 orang untuk kelompok eksperimen dan 16 orang untuk kelompok kontrol. Bermain musik ansambel dilakukan sebanyak lima
kali pertemuan dengan waktu setiap pertemuan 60-75 menit. Desain penelitian menggunakan untreated control group design with pretest and posttest. Perilaku asertif dalam
belajar sight reading diukur dengan menggunakan skala perilaku asertif dalam belajar sight reading. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain musik ansambel dapat meningkatkan perilaku asertif dalam belajar sight
reading pada siswa lembaga pendidikan musik, dengan t=3,083 dan p=0,004 (p<0,05).

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.22146/gamajop.7346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi